Kumpulan Soal Sejarah Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sejarah PDF

Kumpulan Soal dan Pembahasan Lengkap Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sejarah PDF

Kumpulan Soal Sejarah Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sejarah PDF Pembahasan dan Kunci Jawaban Mata Kuliah Sejarah

Kumpulan Soal Sejarah Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sejarah PDF

๐Ÿ‘‰Soal Sejarah Materi Pengantar Ilmu Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Coba anda jelaskan pengertian sejarah menurut anda !

2. Apakah setiap masa lampau bisa disebut sejarah ? Jelaskan !

3. Jelaskan pengertian sejarah secara positif dan negatif !

4. Sebutkan dan jelaskan manfaat dari mempelajari sejarah !

JAWABAN TES FORMATIF

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Sejarah adalah sebuah suatu kajian tentang aktivitas manusia pada masa lampau, baik dalam bidang politik, militer, sosial, agama, ilmu pengetahuan, dan hasil kreativitas seni

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 2
Tidak semua peristiwa masa lampau dapat dikatakan sejarah karena Untuk menjelaskan sebuah peristiwa sejarah, sejarawan diperkenankan melakukan interpretasi, bahkan intrepretasi menjadi bagian dari metodelogi penulisan sejarah. Sejarawan Indonesia, Sartono Kartodirdjo dalam bukunya “Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metode Sejarah” membagi pengertian sejarah pada; pengertian subjektif dan objektif. Sejarah dalam arti subjektif merupakan konstruk, yaitu bangunan yang disusun penulis sebagai uraian atau cerita.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Pengertian sejarah dalam arti negatif bahwa sejarah itu bukanlah mitos, sejarah itu bukan filsafat, sejarah itu bukan ilmu alam, sejarah itu bukan sastra. Sedangkan sejaarah dalam arti positif adalah Sebagai ilmu, sejarah terikat pada prosedur penelitian ilmiah. Sejarah juga terikat pada penalaran yang berstandar pada fakta. Kebenaran sejarah terletak dalam kesedian sejarawan untuk meneliti sumber sejarah secara tuntas sehingga diharapkan ia akan mengungkap secara objektif. Sejarah ialah tentang ilmu manusia, ilmu tentang waktu. Dan ilmu tentang sesuatu yang tertentu, satu- satunya dan terperinci.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Tujuan mempelajari sejarah bukan untuk masa lalu, melainkan untuk masa datang melalui masa kini. Dengan mengerti sebab, kita memahami akibat. Dengan mengerti masalalu, kita mampu mengendalikan masa yang akan datang.

Download Soal dan Jawaban

๐Ÿ‘‰Soal Sejarah Materi Ilmu Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Coba jelaskan perbedaan pengetahuan dan ilmu ?

2. Apa prasyarat menjadikan pengetahuan sebagai ilmu ?

3. Coba anda jelaskan sejarah sebagai kisah ?

4. Coba andajelaskan sejarah sebagai seni ?

JAWABAN TES FORMATIF

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seesorang mengunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Sedangkan Ilmu sejarah menjadi senjata pamungkas sejarawan dalam mengungkap keaslian sejarah. Penguasaan yang baik akan tema-tema yang terkandung dalam ilmu sejarah menjadi pembeda antara sejarawan profesional dan sejarawan yang dibentuk oleh kondisi.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 2
Pertama, sejarah itu bersifat empiris, Kedua, mempunyai objek, Ketiga, mempunyai teori, Keempat, mempunyai generalisasi, Kelima, mempunyai metode.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Sejarah sebagai kisah merupakan rekontruksi dari suatu peristiwa yang dituliskan maupun diceritakan oleh seseorang. Kisah sejarah merupakan cerita tentang peristiwa masalalu yang sudah ditelusuri dan diverifikasi keberadaannya. Hikayat, babad, tambo, dan sebagainya merupakan cerita yang tersebar dimasyarakat yang belum banya ditelusuri sehingga keberadaannya belum dapat diakui sebagai sumber yang otorotatif. Sejarah sebagai sebuah kisah dapat berbentuk lisan dan tulisan.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Sejarah sebagai seni maksudnya adalah sejarah memerlukan intuisi, sejarah memerlukan imajinasi, sejarah memerlukan gaya bahasa, dan sejarah memerlukan emosi.

Download Soal dan Jawaban

๐Ÿ‘‰Soal Sejarah Materi Metodelogi Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Jelaskan mengapa peneliti harus melakukan klarifikasi sumber ?

2. Jelaskan bagaimanakah proses interpretasi pada suatu penelitian sejarah ?

3. Bagaimana menghindarkan diri dari interpretasi yang bersifat subjektif ?

4. Mengapa generalisasi perlu dilakukan dalam rangkaian metode penelitian sejarah ?

JAWABAN TES FORMATIF

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Klarifikasi sumber biasanya mengacu pada kemampuan sumber untuk mengungkap kebenaran suatu peristiwa sejarah. Kemampuan sumber meliputi kompetensi, kedekatan atau kehadiran sumber dalam sejarah. Selain itu, kepentingan dan subjektivitas sumber serta ketersedian sumber untuk mengungkapkan kebenaran. Konsistensi sumber terhadap sumber terhadap isi atau konten.Kritik ekstern dilakukan untuk mengetahui sejauh mana keabsahan dan autensitas sumber. Kritik terhadap autensitas sumber tersebut misalnya dengan melakukan pengecekan tanggal penerbitan dokumen, pengecekan bahan yang berupa kertas atau tinta apakah cocok dengan masa di mana bahan semacam itu biasa digunakan atau diproduksi. Memastikan suatu sumber apakah termasuk sumber asli atau salinan. Apakah itu penulisan ulang atau hasil fotokopi. Kritik terhadap keaslian sumber sejarah di antaranya dapat dilakukan berdasarkan usia dan jenis tulisan, huruf dan lain-lain.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 2
Setelah fakta-fakta disusun, kemudian dilakukan interpretasi. Interpretasi sangat esensial dan krusial dalam metodelogi sejarah. Fakta –fakta sejarah yang berhasil dikumpulkan belum banyak bercerita. Fakta- fakta tersebut harus disusun dan disusun dan digabungkan satu sama lain sehingga membentuk cerita peristiwa sejarah. Sebelum sampai pada tahap historiografi, terlebih dahulu fakta sejarah tersebut digabung-gabungkan berdasarkann pada subjek kajian. Dalam kaitan itu, tema pokok kajian merupakan kaidah yang dijadikan sebagai criteria dalam menggabungkan data sejarah. Data yang tidak penting atauyang tidak berkaitan dengan tema studi tema studi dipisahkan agar tidak mengganggu peneliti dalam merekonstruksi peristiwa sejarah.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Untuk menghindari diri dari interpretasi bersifat subjektif Hal itu dapat dilakukan dengan mengetahui watak-watak peradaban, atau dengan kata lain kondisi umum yang sebenarnya dan menggunakan nalar yang kritis, agar ditemukan kesimpulan atau gambaran sejarah yang ilmiah. Pada tahap interpretasi inilah ilmu sejarah tidak berdiri sendiri. Diperlukan sejumlah konsep dan pendekatan teoritis dari ilmu-ilmu lain, dan analitis.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Generalisasi adalah pekerjaan penyimpulan dari yang khusus kepada yang umum. Generalisasi yang tersedia dapat menjadi dasar penelitian bila sifatnya sederhana, sudah dibuktikan oleh peneliti sebelumnya, dan merupakan accepted history atau sejarah yang sudah diterima umum. Generalisasi itu dapat dipakai sebagai hipotesis dekriptif, yaitu sebagai dugaan sementara. Biasanya, ia hanya berupa generalisasi konseptual. Meskipun demikian, pemakaian generalisasi yang bagaimana pun sederhananya harus dibartasi supaya sejarah tetap empiris.

Download Soal dan Jawaban

๐Ÿ‘‰Soal Sejarah Materi Sumber-Sumber Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Berdasarkan bentuknya, sumber sejarah dibagi menjadi tiga. Coba anda jelaskan ?

2. Jelaskan bagaimana pengklasifikasian sumber sejarah menurut waktu pembuatannya ?

3. Mengapa perpustakaan termasuk ke dalam salah satu contoh sumber sejarah ?

4. Apakah yang dimaksud dengan “sumber kedua” ?

JAWABAN TES FORMATIF

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Pertama, sumber immaterial (abstrak), yakni sesuatu yang masih hidup dalam masyarakat, seperti adat, norma, etika, tradisi, legenda, dan sebagainya. kehadirannya berfungsi untuk menyampaikan pesannya tanpa konsultasi.

Kedua, sumber material (empirik), yakni merupakan objek-objek atau bukti berupa benda purbakala dari kegiatan manusia yang hidup pada masa lalu. Pada tahap ini, sejarah membutuhkan ilmu-ilmu lain dalam memahami sumber-sumber sejarah dan sekaligus untuk mrnginterpretasikannya.

Ketiga, sumber tertulis (empiric), yakni bukti dari setiap kagiatan manusia, yang lebih mengarah pada sumber berupa dokumen (arsip). keterangan menjadi pengarah.


๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 2
Pertama diartikan sebagai jejak yang dibuat pada saat peristiwa terjadi. Jika jejak itu berupa benda, maka ia merupakan peninggalan atau sesuatu yang ada pada saat peristiwa. Tetapi jika ia dalam wujudnya sebagai manusia, maka yang bersangkutan itu adalah saksi mata atau pelaku dalam peristiwa itu. Kedua dalam hal ini ialah sesuatu yang ada atau diadakan setelah kejadian itu. Benda apapun yang dibuat setelah peristiwa itu terjadi termasuk kategori “sumber kedua”.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Karena perpustakaan dijadikan sebagai tempat menyimpan dan bacaan bukubuku
usaha mendapatkan keterangan mengenai subjek sejarah juga

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Sumber kedua adalah sesuatu yang ada atau diadakan setelah kejadian itu.

Download Soal dan Jawaban

๐Ÿ‘‰Soal Sejarah Materi Ilmu Bantu Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Jelaskan mengapa sejarah memerlukan ilmu bantu ?

2. Jelaskan penerapan ilmu bantu dalam sebuah penelitian sejarah ?

3. Apakah fungsi ilmu bantu dalam penelitian sejarah ?

4. Apa peran ilmu numismatik dalam ilmu sejarah ?

JAWABAN TES FORMATIF

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Sejarah adalah peristiwa masa lalu yang melibatkan manusia atau tentang manusia itu sendiri. Jadi, ilmu bantu sejarah adalah ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kehidupan manusia sehari-hari yang dapat digunakan sejarawan dalam pelaksanaan penelitian maupun rekontruksi peristiwa sejarah.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 2
Sejarawan membutuhkan ilmu-ilmu bantu yang menyokong temuannya. Sesuatu yang bisa dilakukan yaitu melakukan tinjauan literatur yang lebih mendalam dan mengunakan kacamata ilmu bantu terkait. Ilmu neutika (kelautan) yang beberapa prinsipnya bisa diterapkan meneliti sungai dan sosiologi pedesaan, umpamanya, dipilih untuk membantu kerja sejarawan mengungkap kehidupan masyarakat sekitar sungai pinggiran Ibu Kota.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Fungsi dan kegunaan ilmu bantu sejarah, antara lain :
  • Sebagai alat bantu untuk mengungkap suatu fakta dari sumber sejarah. Dengan mengunakan ilmu bantu seorang sejarah akan mampu melihatsuatu peristiwa dari sudut pandang yang berbeda-beda. Dengan ilmu bantu, sejarawan akan dapat mengungkap dan menjelaskan sebuah peristiwa dengan lebih dalam dan tajam.
  • Sebagai alat untuk mengurai sekaligus mengkritisi sumber dan fakta-fakta yang sudah di himpun oleh peneliti.
  • Sebagai kontrol agar proses yang dilakukan peneliti sejarah tetap berstandar pada metode-metode ilmiah agar peneliti tidak terjebak terjebak kedalam fiksi dan mitos.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Kajian sejarah yang banyak mengunakan numismatik ialah sejarah ekonomi. Mata uang yang didapat jauh dari daerah asalnya memberikan petunjuk hubungan masa lalu antara daerah di mana mata uang tersebut ditemukan.

Penyebaran mata uang dapat memberikan gambaran yang terkait dengan penjaringan perdagangan. Numismatik juga memberikan bahan berharga bagi sejarah seni. Mata uang adalah hasil dari kerajinan tangan yang dibentuk dan menagndung unsur keindahan.

Dalam suatu mata uang, biasanya tergambar tokoh dan catatan tahun dikeluarkannya, namun kelemahan mata uang biasanya berlaku dalam kurun waktu yang cukup lama dan sebarannya yang cukup luas. Sebuah mata uang sering kali masih berlaku walaupun penguasanya sudah berganti. Bagaimanapun, numismatik mempunyai peran yang cukup besar dalam penelitian sejarah.

Download Soal dan Jawaban

๐Ÿ‘‰Soal Sejarah Materi Subjektivitas dan Objektivitas Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Mengapa didalam kalangan sejarawan sering terjadi perdebatan ?

2. Sebutkan hal yang termasuk ke dalam prasangka kelompok ?

3. Jelaskan apa yang harus hendak dicapai seorang sejarawan dalam menafsirkansesuatu?

4. Apa pentingnya mencapai objektivitas dalam sejarah ?

JAWABAN TES FORMATIF

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Secara umum kita ketahui bahwa tidak jarang terjadi dalam karya sejarawan adanya sejumlah pendapat yang berlainan tentang masalah yang sama, bahkan mengenai zaman yang sama dan dialami bersama oleh penulis sejarah.

Hal ini juga tercermin dari semacam semboyan bahwa setiap generasi dianggap perlu menulis kembali sejarahnya. Sesuatu yang lebih mencolok yang sering terjadi dikalangan sejarawan ialah bahwa tafsiran dari seorang sejarawan tentunya dihantam habis-habisan oleh sejarawan yang lain tanpa kemungkinan jelas untuk mendamaikannya karena agaknya tidak bersamasama dimiliki secara universal.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 2
Anggota dari suatu golongan (kelompok tertentu) seperti bangsa, ras kelas masyarakat, aliran agama/kepercayaan tertentu dan lain-lain

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Setiap sejarawan memang harus memiliki bekal analisis berupa teori- teori tertentu sebelum melakukan penafsiran terhadap suatu peristiwa sejarah. Perlu digaris bawahi bawa teori yang sudah mendapat pengakuan dari kalangan ilmuan dapat dianggap suatu konklusi empiris karena dilakukan melalui proses penelitian dengan mengunakan metodelogi yang baku.

Oleh karena itu kita perlu menyikapi perbedaan penafsiran sejarah (yang didasarkan pada teori tertentu) secara bijak. Caranya adalah kita perlu mengkaji masing-masing teori secara proporsional, tidak berlebih-lebihkan suatu teori tertentu, serta memberikan penyikapan secara ilmiah.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Untuk menghindari kesepihakan atau pandangan deterministik perlu dipergunakan pendekatan multidimensional, yaitu melihat peristiwa dari berbagai segi atau aspeknya. Dengan demikian, dapat diungkapkan pelbagai dimensi suatu peristiwa, ialah segi ekonomis, sosial, politik, dan kultural.

Multidimentionalitas itu inhern pada gejala sejarah yang kompleks. Pendekatan ini juga selaras dengan konsep system. Keterkaitan aspek-aspek itu baru dapat diungkapkan apabila konsep system dipergunakan dalam pengkajiannya.

Download Soal dan Jawaban

๐Ÿ‘‰Soal Sejarah Materi Ekplanasi Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Apa yang dimaksud dengan ekplanasi?

2. Mengapa deskripsi dan eksplanasi kerap disamakan, berikanlah penjelasan?

3. Jelaskan pendapat dari penganut hemeneutika tentang perbuatan manusia?

4. Dalam perkembangannya, hukum model kausalitas dianggap ketinggalan mengapa demikian?

JAWABAN TES FORMATIF

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Eksplanasi adalah membuat terang, jelas, dan dapat dimengerti.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 2
Deskripsi merupakan jawaban atas faktual dalam peristiwa sejarah, meliputi apa (what), dimana (where), kapan (when), dan siapa (who). Jawaban dari pertanyaan tadi merupakan deskripsi faktual tentang sebuah peristiwa. Di sisi lain, ekplanasi merupakan perluasan pertanyaan faktual untuk mengetahui alasan dan jalannya sebuah peristiwa. Mengapa (why) dan bagaimana (how) merupakan pertanyaan analisis-kritis yang juga menuntut jawaban analisiskritis yang bermuara pada penjelasan atau sintesis sejarah. Dalam kaitannya dengan deskripsi, ekplanasi dibangun atas deskripsi faktual karena ekplanasi tanpa deskripsi adalah fantasi.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Penganut hermeneutika berpendapat bahwa perbuatan manusia hanya bisa diterangkan dengan kajian ideografik (kekhususan, partikularistik) dari pada nomotetik (keumuman, generalistik).

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Hukum kausalitas dianggap ketinggalan karena memiliki tendensi deterministik. Alternatif terhadap hukum kausalitas adalah pendekatan fungsional. Penjelasan dalam hukum kausalitas dimulai dengan mencari sejumlah sebab untuk peristiwa yang sama. Sebab-sebab yang banyak tersebut disebut kemajemukan sebab.

Dalam konteks ini, setiap sebab memiliki kedudukan sama penting. Langkah selanjutnya yaitu menganalisis sebab-sebab untuk kemudian mendapatkan penyebab utama atau prima-causa, dari sekian banyak sebab.

Download Soal dan Jawaban

๐Ÿ‘‰Soal Sejarah Materi Sistem Periodisasi Sejarah Indonesia

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Apa yang dimaksud dengan pembabakan waktu dalam sejarah ?

2. Mengapa deretan peristiwa masa lampau yang sedemikian banyaknya itudibagi-bagi dikelompokkan sifat ataupun bentuknya?

3. Jelaskan perbedaan periodesasi era kolonial dengan periodesasi erakemerdekaan awal !

4. Berikanlah contoh dampak positif dan negatif pada sistem periodesasi era reformasi !

JAWABAN TES FORMATIF

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Pembabakan waktu dalam sejarah adalah salah satu proses strukturasi waktu dalam sejarah dengan pembagian atas beberapa babak, zaman atau periode.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 2
.Deretan peristiwa masa lampau yang sedemikian banyaknya itudibagi-bagi dikelompokkan sifat ataupun bentuknya karena ruang lingkup sejarah sangat luas, sehingga para ahli mencoba mengurai-uraikan, membagi dab menggolong-golongkannya.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Periodesasi era kolonial membahas mengenai Indonesia di masa kolonial, dimana Indonesia dikuasi oleh negara lain, mulai dari masuknya VOC hingga masa kekuasaan Jepang, sedangkan erakemerdekaan awalialah masa awal kemerdekaan Indonesia dimana Indonesia berusaha untuk memperoleh kedaulatan dari negara lain.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Dampak positif (1) dapat mengetahui perbedaan era reformasi dengan era-era sebelumnya, (2) dapat mengetahui secara lebih jelas peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa era reformasi, dan dampak negatif (1) pembahasan yang dibahas lebih sedikit karena pembagian periodesasi lebih spesifik

Download Soal dan Jawaban

๐Ÿ‘‰Soal Sejarah Materi Sejarah Penulisan

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Pada perkembangan ilmu sejarah terkenal dengan istilah “paganisme (paham tidak beragama). Coba jelaskan maksudnya ?

2. Coba berikan contoh bahwa pada abad ke 15, 16 dan 17 merupakan zaman perkembangan historiografi sejarah ?

3. Sebutkan ciri-ciri pada zaman 17, 18 dan 19 ?

4. Berikan contoh sumbangan yang dihasilkan pada abad 18 dan 19 !

JAWABAN TES FORMATIF

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Paganisme, yang berarti istilah yang digunakan untuk tradisi kepercayaan yang melibatkan politeistik atau masyarakat pribumi.Istilah ini seringkali muncul dalam sejarah, yang mengacu pada politeisme Greco-Roman dan berbagai politeisme lainnya yang menyebar di Eropa dan Afrika Utara sebelum era kristenisasi.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 2
Tulisan pertama adalah dari Gubernur William Bradford (1590-1657), History of Tlymouth Plantation dan Jhon Winthrop (1588-1649), History of New England. Tulisan keagamaan muncul dalam tulisan Catton Mather(1663-1728), The Ecclesiastical History of England. Buku ini selain berbicara tentang gereja juga bercerita tentang pendidikan seperti Harvard Colleg, dan perang-perang dengan Indian.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Zaman pencerahan telah menghasilkan gagasan kemajuan, sedangkan abad ke 19 menghasilkan filsafat sejarah, munculnya tori- tori besar, timbulnya Nasionalisme, munculnya liberalisme.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Sumbangan besar dari abad ke-18 atau Zaman Pencerahan ialah Gagasan Kemajuan (The Idea of Progress), bahwa peradaban manusia terus menerus bergerak maju. Meskipun diantara para pemikir Zaman Pencerahan ada perbedaan pendapat tentang gerak maju, tetapi semuanya setuju bahwa ada perbaikan kemanusiaan. Tokoh-tokohnya adalah Bernard de Fontenelle (1657-1757), Charles Perrault (1628-1703), Abbe de Saint-Pierre (1658- 1743), Giovanni Battista Vico (1668-1744), Anne Robert Jacques Turgot (1727-1781), Marquis de Condorcet (1743-1794), Johann Gottfried von Hender (1744-1803), Immanuel Kant (1724-1804), William Godwin (1756-1836), Henri de Saint-Simon (1760-1825), dan uguste Comte (1798-1857).

Download Soal dan Jawaban

๐Ÿ‘‰Soal Sejarah Materi Guna Belajar Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Mengapa sejarah itu penting untuk dipelajari ?

2. Apa manfaat imajinatif bagi seorang sejarawan ?

3. Berikanlah contoh guna sejarah sebagai edukatif dan inspiratif !

4. Bagaimana sejarah dapat dijadikan sarana rekreatif dalam mempelajari masa lampau ?

JAWABAN TES FORMATIF

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Gunanya bagi kehidupan kita adalah bergerak menuju ke masa yang akan datang yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan sekarang dan yang akan datang.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 2
Melalui kemampuan imajinasinya, sejarawan mampu menunjukkan pola-pola perkembangan, konteks, dakondisi sosial pariwisata serta akibatnya, yang kesemuanya sukar diketahui dan dipahami oleh mereka yang tidak mengalami sendiri (secara langsung) peristiwa itu.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Fungsi edukatif adalah Fungsi pengajaran sejarah bagi para siswa., antara lain sebagai berikut : Mewujudkan rasa ingin tahu tentang orang lain dan para pahlawan. Membangkitkan kekaguman tentang kehidupan manusia pada masa lampau. Sedangkan fungsi inspiratif adalah tumbuhnya kesadaran nasional pada masa pergerakan nasional Indonesia yang terilhami oleh kejayaan masa lalu pada masa kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Majapahit.

๐Ÿ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Sejarah ikan suatu hiburan atau rekreatif secara psikolgis. Melalui penulisan kisah sejarah yang menarik pembaca dapat merasa terhibur. Gaya penulisan sejarah yang komunikatif membuat pembaca menjadi nyaman dan penasaran untuk membacanya. Dengan demikian membaca buku sejarah menjadi media hiburan dan rekreatif. Pembaca seolah-olah kembali ke masa lalu untuk menyaksikan peristiwa-peristiwa penting tersebut.

Download Soal dan Jawaban