Soal Sejarah Materi Pengantar Ilmu Sejarah

Jawaban Soal Sejarah pengantar Ilmu Sejarah tes formatif bidang studi sejarah lengkap pembahasan

Soal Sejarah Materi Pengantar Ilmu Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Coba anda jelaskan pengertian sejarah menurut anda !

2. Apakah setiap masa lampau bisa disebut sejarah ? Jelaskan !

3. Jelaskan pengertian sejarah secara positif dan negatif !

4. Sebutkan dan jelaskan manfaat dari mempelajari sejarah !

JAWABAN TES FORMATIF

🔑Jawaban Soal Nomor 1
Sejarah adalah sebuah suatu kajian tentang aktivitas manusia pada masa lampau, baik dalam bidang politik, militer, sosial, agama, ilmu pengetahuan, dan hasil kreativitas seni

🔑Jawaban Soal Nomor 2
Tidak semua peristiwa masa lampau dapat dikatakan sejarah karena Untuk menjelaskan sebuah peristiwa sejarah, sejarawan diperkenankan melakukan interpretasi, bahkan intrepretasi menjadi bagian dari metodelogi penulisan sejarah. Sejarawan Indonesia, Sartono Kartodirdjo dalam bukunya “Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metode Sejarah” membagi pengertian sejarah pada; pengertian subjektif dan objektif. Sejarah dalam arti subjektif merupakan konstruk, yaitu bangunan yang disusun penulis sebagai uraian atau cerita.

🔑Jawaban Soal Nomor 3
Pengertian sejarah dalam arti negatif bahwa sejarah itu bukanlah mitos, sejarah itu bukan filsafat, sejarah itu bukan ilmu alam, sejarah itu bukan sastra. Sedangkan sejaarah dalam arti positif adalah Sebagai ilmu, sejarah terikat pada prosedur penelitian ilmiah. Sejarah juga terikat pada penalaran yang berstandar pada fakta. Kebenaran sejarah terletak dalam kesedian sejarawan untuk meneliti sumber sejarah secara tuntas sehingga diharapkan ia akan mengungkap secara objektif. Sejarah ialah tentang ilmu manusia, ilmu tentang waktu. Dan ilmu tentang sesuatu yang tertentu, satu- satunya dan terperinci.

🔑Jawaban Soal Nomor 4
Tujuan mempelajari sejarah bukan untuk masa lalu, melainkan untuk masa datang melalui masa kini. Dengan mengerti sebab, kita memahami akibat. Dengan mengerti masalalu, kita mampu mengendalikan masa yang akan datang.

Download Soal dan Jawaban