Soal Sejarah Materi Ilmu Sejarah

Jawaban Soal Sejarah materi Ilmu Sejarah tes formatif bidang studi sejarah lengkap pembahasan

Soal Sejarah Materi Ilmu Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Coba jelaskan perbedaan pengetahuan dan ilmu ?

2. Apa prasyarat menjadikan pengetahuan sebagai ilmu ?

3. Coba anda jelaskan sejarah sebagai kisah ?

4. Coba andajelaskan sejarah sebagai seni ?

JAWABAN TES FORMATIF

πŸ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seesorang mengunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Sedangkan Ilmu sejarah menjadi senjata pamungkas sejarawan dalam mengungkap keaslian sejarah. Penguasaan yang baik akan tema-tema yang terkandung dalam ilmu sejarah menjadi pembeda antara sejarawan profesional dan sejarawan yang dibentuk oleh kondisi.

πŸ”‘Jawaban Soal Nomor 2
Pertama, sejarah itu bersifat empiris, Kedua, mempunyai objek, Ketiga, mempunyai teori, Keempat, mempunyai generalisasi, Kelima, mempunyai metode.

πŸ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Sejarah sebagai kisah merupakan rekontruksi dari suatu peristiwa yang dituliskan maupun diceritakan oleh seseorang. Kisah sejarah merupakan cerita tentang peristiwa masalalu yang sudah ditelusuri dan diverifikasi keberadaannya. Hikayat, babad, tambo, dan sebagainya merupakan cerita yang tersebar dimasyarakat yang belum banya ditelusuri sehingga keberadaannya belum dapat diakui sebagai sumber yang otorotatif. Sejarah sebagai sebuah kisah dapat berbentuk lisan dan tulisan.

πŸ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Sejarah sebagai seni maksudnya adalah sejarah memerlukan intuisi, sejarah memerlukan imajinasi, sejarah memerlukan gaya bahasa, dan sejarah memerlukan emosi.

Download Soal dan Jawaban