Soal Sejarah Materi Guna Belajar Sejarah

Jawaban Soal Sejarah Materi Guna Belajar Sejarah tes formatif bidang studi sejarah lengkap pembahasan

Soal Sejarah Materi Guna Belajar Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Mengapa sejarah itu penting untuk dipelajari ?

2. Apa manfaat imajinatif bagi seorang sejarawan ?

3. Berikanlah contoh guna sejarah sebagai edukatif dan inspiratif !

4. Bagaimana sejarah dapat dijadikan sarana rekreatif dalam mempelajari masa lampau ?

JAWABAN TES FORMATIF

πŸ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Gunanya bagi kehidupan kita adalah bergerak menuju ke masa yang akan datang yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan sekarang dan yang akan datang.

πŸ”‘Jawaban Soal Nomor 2
Melalui kemampuan imajinasinya, sejarawan mampu menunjukkan pola-pola perkembangan, konteks, dakondisi sosial pariwisata serta akibatnya, yang kesemuanya sukar diketahui dan dipahami oleh mereka yang tidak mengalami sendiri (secara langsung) peristiwa itu.

πŸ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Fungsi edukatif adalah Fungsi pengajaran sejarah bagi para siswa., antara lain sebagai berikut : Mewujudkan rasa ingin tahu tentang orang lain dan para pahlawan. Membangkitkan kekaguman tentang kehidupan manusia pada masa lampau. Sedangkan fungsi inspiratif adalah tumbuhnya kesadaran nasional pada masa pergerakan nasional Indonesia yang terilhami oleh kejayaan masa lalu pada masa kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Majapahit.

πŸ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Sejarah ikan suatu hiburan atau rekreatif secara psikolgis. Melalui penulisan kisah sejarah yang menarik pembaca dapat merasa terhibur. Gaya penulisan sejarah yang komunikatif membuat pembaca menjadi nyaman dan penasaran untuk membacanya. Dengan demikian membaca buku sejarah menjadi media hiburan dan rekreatif. Pembaca seolah-olah kembali ke masa lalu untuk menyaksikan peristiwa-peristiwa penting tersebut.

Download Soal dan Jawaban