Pengertian dan Contoh Pertanyaan Pemantik

contoh kalimat pemantik pertanyaan pemantik sekolah penggerak contoh pertanyaan pemantik dalam modul ajar menjawab pertanyaan pemantik arti pemantik

Pertanyaan pemantik adalah sebuah pertanyaan yang digunakan untuk meningkatkan partisipasi pendengar dan membuat pendengar dapat masuk ke dalam topik yang sedang dibicarakan. Kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik dalam berbagai kegiatan. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas pertanyaan pemantik sangat diperlukan. Salah satunya digunakan untuk memanggil ingatan para siswa terkait dengan materi yang akan dipelajari.

Pembahasan

Pertanyaan pemantik adalah salah satu teknik dalam public speaking. Seorang pembicara biasanya menggunakan pertanyaan pemantik agar para peserta dapat dengan mudah mengikuti topik yang sedang dibicarakan. Pertanyaan pemantik juga dapat menghubungkan topik yang sedang dibicarakan dengan ingatan para pendengar.

Contoh Penggunaan Pertanyaan Pemantik

Salah satu pekerjaan yang sangat sering menggunakan pertanyaan pemantik adalah guru. Guru harus menguasai dan mampu memberikan pertanyaan pemantik yang tepat. Pertanyaan pemantik di dalam proses pengajaran dan pembelajaran biasanya dilakukan pada awal pembelajaran. Hal ini untuk mengingatkan para siswa dengan topik yang akan dipelajari.

Pertanyaan pemantik dapat berupa pertanyaan yang berkaitan dengan topik pembicaraan. Tujuan diberikan pertanyaan pemantik untuk menghubungkan background pengetahuan siswa dengan materi pembelajaran. Berikut ini contoh pertanyaan pemantik dalam pelajaran tentang penerapan sila ketiga Pancasila:
  • Apakah Indonesia mempunyai banyak suku bangsa?
  • Berikan contoh nama suku yang ada di Indonesia?
  • Bagaimana kita harus bersikap ketika bertemu orang yang berlainan suku?

Contoh Pertayaan Pematik Berdasarkan Materi

Pertayaan Pematik Bahasa Indonesia Kelas X

Materi MENGUNGKAP FAKTA ALAM SECARA OBJEKTIF
Pertanyaan Pemantik
1. Seperti apakah laporan hasil observasi yang objektif?
2. Bagaimana menggunakan informasi lain untuk mendukung hasil observasi kita?
3. Mengapa laporan hasil observasi harus objektif?

Materi MENGUNGKAPKAN KRITIK LEWAT SENYUMAN
Pertanyaan Pemantik
1. Bagaimana memilih sumber yang dapat dipercaya dalam menyampaikan kritik?
2. Apa yang dimaksud berpikir kritis?
3. Bagaimana menyampaikan kritik secara santun dan bertanggung jawab?

Materi MENYUSURI NILAI DALAM CERITA LINTAS ZAMAN
Pertanyaan Pemantik
1. Apakah di daerah kalian terdapat kisah lama yang disampaikan secara turun-temurun?
2. Apakah seluruh kisah tersebut masuk akal?
3. Bandingkanlah kisah yang kalian miliki dengan kisah temanmu! Apa saja persamaan dan perbedaan antara kisah tersebut?

Tentang Pematik

PEMANTIK (Pengukuran Mandiri Numerasi & Literasi PSPK) merupakan instrumen berbasis kompetensi dalam mengukur kemampuan literasi dan numerasi dasar. 

Instrumen diadaptasi dari ASER (Reading tools/Mathematicstools) yang dikembangkan oleh organisasi Pratham di India. 

Asesmen PEMANTIK memiliki karakter berbasis masyarakat (communty-led assessment), siapapun bisa menjadi asesor PEMANTIK, mengadministrasikan instrumen untuk mengetahui kemampuan literasi dan numerasi dasar anak, terlepas anak tersebut sekolah atau tidak. 

PEMANTIK mulai diujicobakan pada tahun 2016 kepada sekitar 800 anak di Kota Bandung dan Surabaya dan mengalami revisi pada tahun 2018. 

Penggunaan PEMATIK

AsesmenPEMANTIK bisa diberikan kepada anak mulai dari usia 4 sampai dengan 16 tahun, di mana asesmendilakukan secara one-on-onekepada anak.

Pada praktiknya, biasanya asesmen PEMANTIK berlangsung 5 hingga 15 menit, bergantung pada karakteristik anak.

Selain subtesliterasidan numerasi, PEMANTIK juga memuat sejumlah pertanyaan demografi dan informasi yang dapat memperkaya analisis, misalnya pendidikan orangtuadan kebiasaan belajar di rumah dengan dampingaorang dewasa

Sampai saat ini PEMANTIK sudah digunakan di sejumlah daerah di Indonesia melalui kemitraan dengan sejumlah organisasi, diantaranyadi Kabupaten Langkat; Deli Serdang; dan Mentawai (Food forHungryIndonesia), Lombok (Forum Lingkar Pena), Flores (Taman Bacaan Pelangi), serta Kota Batu dan Probolinggo bersama tim Kolaborasi LiterasiBermakna (KLB) sebagai bagian dari rangkaian Program INOVASI.

#Pencarian Populer
Pertanyaan Pematik adalah
contoh kalimat pemantik
pertanyaan pemantik sekolah penggerak
contoh pertanyaan pemantik dalam modul ajar
menjawab pertanyaan pemantik
arti pemantik dalam pembelajaran
pengertian pemantik