CARI SESUAI KEBUTUHAN

Soal Sejarah Materi Ekplanasi Sejarah

Jawaban Soal Sejarah Materi Ekplanasi Sejarah tes formatif bidang studi sejarah lengkap pembahasan

Soal Sejarah Materi Ekplanasi Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Apa yang dimaksud dengan ekplanasi?

2. Mengapa deskripsi dan eksplanasi kerap disamakan, berikanlah penjelasan?

3. Jelaskan pendapat dari penganut hemeneutika tentang perbuatan manusia?

4. Dalam perkembangannya, hukum model kausalitas dianggap ketinggalan mengapa demikian?

JAWABAN TES FORMATIF

🔑Jawaban Soal Nomor 1
Eksplanasi adalah membuat terang, jelas, dan dapat dimengerti.

🔑Jawaban Soal Nomor 2
Deskripsi merupakan jawaban atas faktual dalam peristiwa sejarah, meliputi apa (what), dimana (where), kapan (when), dan siapa (who). Jawaban dari pertanyaan tadi merupakan deskripsi faktual tentang sebuah peristiwa. Di sisi lain, ekplanasi merupakan perluasan pertanyaan faktual untuk mengetahui alasan dan jalannya sebuah peristiwa. Mengapa (why) dan bagaimana (how) merupakan pertanyaan analisis-kritis yang juga menuntut jawaban analisiskritis yang bermuara pada penjelasan atau sintesis sejarah. Dalam kaitannya dengan deskripsi, ekplanasi dibangun atas deskripsi faktual karena ekplanasi tanpa deskripsi adalah fantasi.

🔑Jawaban Soal Nomor 3
Penganut hermeneutika berpendapat bahwa perbuatan manusia hanya bisa diterangkan dengan kajian ideografik (kekhususan, partikularistik) dari pada nomotetik (keumuman, generalistik).

🔑Jawaban Soal Nomor 4
Hukum kausalitas dianggap ketinggalan karena memiliki tendensi deterministik. Alternatif terhadap hukum kausalitas adalah pendekatan fungsional. Penjelasan dalam hukum kausalitas dimulai dengan mencari sejumlah sebab untuk peristiwa yang sama. Sebab-sebab yang banyak tersebut disebut kemajemukan sebab.

Dalam konteks ini, setiap sebab memiliki kedudukan sama penting. Langkah selanjutnya yaitu menganalisis sebab-sebab untuk kemudian mendapatkan penyebab utama atau prima-causa, dari sekian banyak sebab.

Download Soal dan Jawaban