Soal Sejarah Materi Sistem Periodisasi Sejarah Indonesia

Jawaban Soal Sejarah Materi Sistem Periodisasi Sejarah Indonesia tes formatif bidang studi sejarah lengkap pembahasan

Soal Sejarah Materi Sistem Periodisasi Sejarah Indonesia

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Apa yang dimaksud dengan pembabakan waktu dalam sejarah ?

2. Mengapa deretan peristiwa masa lampau yang sedemikian banyaknya itudibagi-bagi dikelompokkan sifat ataupun bentuknya?

3. Jelaskan perbedaan periodesasi era kolonial dengan periodesasi erakemerdekaan awal !

4. Berikanlah contoh dampak positif dan negatif pada sistem periodesasi era reformasi !

JAWABAN TES FORMATIF

πŸ”‘Jawaban Soal Nomor 1
Pembabakan waktu dalam sejarah adalah salah satu proses strukturasi waktu dalam sejarah dengan pembagian atas beberapa babak, zaman atau periode.

πŸ”‘Jawaban Soal Nomor 2
.Deretan peristiwa masa lampau yang sedemikian banyaknya itudibagi-bagi dikelompokkan sifat ataupun bentuknya karena ruang lingkup sejarah sangat luas, sehingga para ahli mencoba mengurai-uraikan, membagi dab menggolong-golongkannya.

πŸ”‘Jawaban Soal Nomor 3
Periodesasi era kolonial membahas mengenai Indonesia di masa kolonial, dimana Indonesia dikuasi oleh negara lain, mulai dari masuknya VOC hingga masa kekuasaan Jepang, sedangkan erakemerdekaan awalialah masa awal kemerdekaan Indonesia dimana Indonesia berusaha untuk memperoleh kedaulatan dari negara lain.

πŸ”‘Jawaban Soal Nomor 4
Dampak positif (1) dapat mengetahui perbedaan era reformasi dengan era-era sebelumnya, (2) dapat mengetahui secara lebih jelas peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa era reformasi, dan dampak negatif (1) pembahasan yang dibahas lebih sedikit karena pembagian periodesasi lebih spesifik

Download Soal dan Jawaban