Soal Sejarah Materi Ilmu-Ilmu Bantu Sejarah

Jawaban Soal Sejarah pengantar Ilmu Sejarah tes formatif bidang studi sejarah lengkap pembahasan

Soal Sejarah Materi Ilmu Bantu Sejarah

SOAL TES FORMATIF SEJARAH

Kerjakanlah Soal- Soal di bawah ini dengan benar dan cermat !

1. Jelaskan mengapa sejarah memerlukan ilmu bantu ?

2. Jelaskan penerapan ilmu bantu dalam sebuah penelitian sejarah ?

3. Apakah fungsi ilmu bantu dalam penelitian sejarah ?

4. Apa peran ilmu numismatik dalam ilmu sejarah ?

JAWABAN TES FORMATIF

🔑Jawaban Soal Nomor 1
Sejarah adalah peristiwa masa lalu yang melibatkan manusia atau tentang manusia itu sendiri. Jadi, ilmu bantu sejarah adalah ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kehidupan manusia sehari-hari yang dapat digunakan sejarawan dalam pelaksanaan penelitian maupun rekontruksi peristiwa sejarah.

🔑Jawaban Soal Nomor 2
Sejarawan membutuhkan ilmu-ilmu bantu yang menyokong temuannya. Sesuatu yang bisa dilakukan yaitu melakukan tinjauan literatur yang lebih mendalam dan mengunakan kacamata ilmu bantu terkait. Ilmu neutika (kelautan) yang beberapa prinsipnya bisa diterapkan meneliti sungai dan sosiologi pedesaan, umpamanya, dipilih untuk membantu kerja sejarawan mengungkap kehidupan masyarakat sekitar sungai pinggiran Ibu Kota.

🔑Jawaban Soal Nomor 3
Fungsi dan kegunaan ilmu bantu sejarah, antara lain :
  • Sebagai alat bantu untuk mengungkap suatu fakta dari sumber sejarah. Dengan mengunakan ilmu bantu seorang sejarah akan mampu melihatsuatu peristiwa dari sudut pandang yang berbeda-beda. Dengan ilmu bantu, sejarawan akan dapat mengungkap dan menjelaskan sebuah peristiwa dengan lebih dalam dan tajam.
  • Sebagai alat untuk mengurai sekaligus mengkritisi sumber dan fakta-fakta yang sudah di himpun oleh peneliti.
  • Sebagai kontrol agar proses yang dilakukan peneliti sejarah tetap berstandar pada metode-metode ilmiah agar peneliti tidak terjebak terjebak kedalam fiksi dan mitos.

🔑Jawaban Soal Nomor 4
Kajian sejarah yang banyak mengunakan numismatik ialah sejarah ekonomi. Mata uang yang didapat jauh dari daerah asalnya memberikan petunjuk hubungan masa lalu antara daerah di mana mata uang tersebut ditemukan.

Penyebaran mata uang dapat memberikan gambaran yang terkait dengan penjaringan perdagangan. Numismatik juga memberikan bahan berharga bagi sejarah seni. Mata uang adalah hasil dari kerajinan tangan yang dibentuk dan menagndung unsur keindahan.

Dalam suatu mata uang, biasanya tergambar tokoh dan catatan tahun dikeluarkannya, namun kelemahan mata uang biasanya berlaku dalam kurun waktu yang cukup lama dan sebarannya yang cukup luas. Sebuah mata uang sering kali masih berlaku walaupun penguasanya sudah berganti. Bagaimanapun, numismatik mempunyai peran yang cukup besar dalam penelitian sejarah.

Download Soal dan Jawaban