Cara Login SISDMK dengan Mudah dan Cepat

Secara global, terjadi peningkatan perhatian terhadap manajemen sumber daya manusia (SDM) kesehatan. SDM Kesehatan dipercaya merupakan faktor penggerak yang paling penting dalam penguatan sistem kesehatan.

Oleh karena itu, memiliki data tenaga kesehatan yang dapat dipercaya, terstandarisasi, lengkap, terbaharui, dan berkualitas menjadi kunci pokok dalam perencanaan dan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, Sistem Informasi SDM (Human Resource Information System - SI-SDMK) yang terpusat menjadi penting untuk memastikan standar data, pembagian data, kepemimpinan dan penggunaan data antar institusi di antara sistem-sistem lainnya, termasuk juga Sistem Informasi SDM lintas sektor (HRH2030, 2019).

Tujuan pengembangan SI-SDMK ini adalah untuk memfasilitasi penempatan tenaga kesehatan yang tepat (kualifikasi dan keterampilan) di tempat yang tepat (lokasi penempatan) pada waktu yang tepat (ketersediaan).

Namun walaupun sudah banyak negara mulai menerapkan penguatan SI-SDMK, masih terdapat keterbatasan dalam mengakses informasi terhadap penerapan SI-SDMK secara global yang mengarah ke kurangnya kemampuan dalam mengidentifikasi kriteria standar untuk praktik penguatan SI-SDMK yang sebenarnya penting untuk pengambilan keputusan terhadap tenaga kerja kesehatan.

Sudah pernah daftar SISDMK? Ingin login di SISDMK, tetapi bingung bagaimana caranya? Berikut ini pembahasan cara login SISDMK yang bisa Anda lakukan.

Saat ini, keberadaan sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kerja kesehatan sangatlah penting. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Untuk itulah, para SDM kesehatan pun diharapkan sudah terdaftar di SISDMK.

Sebelum membahas cara login SISDMK, sebaiknya Anda pahami dulu apa itu SISDMK adalah register tenaga kesehatan. Pendaftaran tenaga kerja kesehatan ini adalah komponen pusat dan penting dari fungsi SI-SDMK, karena berisi atribut penting pekerja kesehatan yang selanjutnya dapat dikaitkan dengan komponen sistem informasi SDM yang relevan.

Dalam hal ini, register tenaga kesehatan berfungsi sebagai tautan dan tempat penyimpanan berisi informasi penting tentang tenaga kesehatan. Sedangkan proses registrasi tenaga kesehatan ada dalam beberapa bentuk di sebagian besar negara, seringkali tidak terstandarisasi, diperbarui, dapat diandalkan, terpusat atau dalam bentuk elektronik.

SISDMK ini diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK). Dengan adanya SISDMK ini diharapkan bisa memetakan SDM maupun tenaga kerja kesehatan.

Selain itu, adanya SISDMK ini juga diharapkan bisa membantu karier SDM kesehatan untuk bisa memperbarui informasi di profil, mendapatkan informasi penting, dan memberikan umpan balik ke Kemenkes RI.

Cara Login SISDMK

Anda merupakan SDM atau tenaga kerja kesehatan dan sudah terdaftar di SISDMK? Lalu, bagaimana cara login SISDMK? Simak beberapa cara di bawah ini.

1. Lewat Situs Kemenkes

Anda bisa langsung login lewat situs resmi SISDMK. Berikut cara login SISDMK lewat situs yang bisa Anda lakukan.

  • Buka Browser Google Crome Atau Mozilla FireFox
  • Ketik Alamat di Address bar
  • Ketik http://sisdmk.kemkes.go.id/login di browser Anda.
  • Anda pun akan diarahkan ke laman login.
Cara Login SISDMK dengan Mudah dan Cepat Apa artinya Sisdmk? Bagaimana cara masuk Sisdmk?

  • Isi alamat email dan password Anda yang sebelumnya sudah didaftarkan ke SISDMK.
  • Jangan lupa beri jawaban pada captcha penjumlahan dengan benar.
  • Lalu, pilih Login. Anda pun berhasil login ke SISDMK.

2. Lewat Aplikasi

Sudahkah Anda tahu SISDMK ada versi aplikasi? Nama aplikasinya adalah M-SISDMK. Aplikasi ini memiliki kelebihan, yaitu Anda bisa memperbarui informasi secara luring (offline) maupun daring (online) sehingga Anda bisa memperbaruinya di mana pun dan kapan pun.

Berikut cara login SISDMK lewat aplikasi yang bisa Anda lakukan.

  • Lakukan download aplikasi M-SISDMK di Google Play Store maupun App Store.
  • Setelah selesai download, buka aplikasi M-SISDMK.
  • Pada halaman awal, Anda akan diberi informasi mengenai SISDMK. Pilih Selanjutnya untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai SISDMK atau pilih Lewati untuk melewatkan informasi tersebut.
  • Anda pun diminta untuk melakukan login.
  • Isi alamat email dan password Anda yang sebelumnya sudah didaftarkan ke SISDMK.
  • Jangan lupa beri jawaban pada captcha penjumlahan dengan benar.
  • Lalu, pilih Login. Anda pun berhasil login ke SISDMK.
DOWNLOAD NOW !!!