Materi Fisika Kelas 11 KD 3.11 dan 4.11 Semester 2

Materi Fisika Kelas 11 Semester 2 KD 3.11 dan 4.11. Materi Fisika Kelas X Semester 2 ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran yaitu:

Materi Alat Optik Materi ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Mata, Kacamata dan Kamera
  • Lup, Mikroskop dan Periskop
  • Teropong dan Proyektor
Materi Fisika Kelas 11 KD 3.11 dan 4.11 Semester 2

Materi Fisika Kelas 11 KD 3.11 dan 4.11

Mata, Kacamata dan Kamera

Alat optik adalah alat-alat yang menggunakan lensa dan/atau cermin untuk memanfaatkan sifat-sifat cahaya yaitu dapat dipantulkan dan dapat dibiaskan, cahaya tersebut digunakan untuk melihat. Selain dari mata kita, alat-alat optik digunakan bersamaan dengan mata kita, bisa juga untuk membantu kita melihat ataupun membutuhkan mata kita untuk menggunakannya.

Macam-macam Alat Optik. Alat optik terdiri dari dua macam: alat optik alamiah dan alat optik buatan. Alat optik alamiah tentu saja adalah mata kita, sedangkan alat optik buatan adalah alat-alat optik yang dibuat oleh manusia seperti kaca mata, kamera, lup/kaca pembesar, mikroskop, periskop, teropong, proyektor dan masih banyak lagi.

Lup, Mikroskop dan Periskop

Lup atau kaca pembesar hanya terdiri dari satu lensa positif dan berfungsi untuk memperbesar ukuran bayangan yang terbentuk di retina. Lup sebenarnya merupakan lensa cembung yang diletakkan antara mata dengan benda yang akan diamti. Lup banyak digunakan oleh tukang arloji untuk melihat komponen-komponen arloji yang berukuran kecil. 

Ada 2 cara dalam menggunakan lup, yaitu dengan mata berakomodasi dan dengan mata tak berakomodasi.

Teropong dan Proyektor

Teropong atau teleskop merupakan alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh sehingga tampak lebih dekat dan lebih jelas. Teropong berfungsi mendekatkan benda ke mata kita.

Ada dua jenis teropong, yaitu:

  1. Teropong bias yang terdiri dari beberapa lensa untuk membiaskan sinar yang datang dari benda. Beberapa contoh teropong bias yaitu Teropong bintang, teropong bumi, teropong prisma, teropong panggung.
  2. Teropong pantul yang terdiri dari

Silahkan Bapak/Ibu Download file pdf Materi Fisika Kelas 11 KD 3.11 dan 4.11 Semester 2 dibawah ini

Gabung Grup Telegram

🔜 Demo🔜   🔄Download File 🔄