Trik Menyesaikan Soal Potensi Akademik (TPA)

Trik –Tips & Model Soal Tes Potensi Akademik TPA berguna untuk mengukur potensi akademik seseorang, yaitu potensi yang dianggap mendasari kemungkinan keberhasilan jika seseorang belajar pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tes ini biasanya diperlukan pada saat melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi dan saat ini menjadi syarat mutlak untuk jenjang S2 dan S3. Untuk S2 skor yang harus dicapai adalah 500.
Trik Menyesaikan Soal Potensi Akademik (TPA)

Dengan skor itu seseorang dapat dianggap mempunyai kemampuan rata‐rata. Sedangkan S3 harus ditempuh mencapai skor 550. Wah, cukup tinggi bukan, padahal untuk mencapai skor di atas rata‐rata seseorang harus bisa membaca soal dalam kurun waktu 40 detik/per soal. Membacanya kadang kita memerlukan waktu sekitar 20 detik untuk soal cerita, belum menghitung, belum membulatkan jawaban dengan pensil 2B, dan bagaimana kita punya persediaan waktu dalam menjawab soalnya? Jadi, kecepatan dan ketepatan menjadi kata kunci sukses menjalani tes potensi akademik.

Kini TPA juga digunakan dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Model soal pada prinsipnya sama dengan TPA pada umumnya, namun secara penghitungan skor agak berbeda. Dalam TPA biasa jika salah nilai tidak dikurangi, namun dalam TPA seleksi masuk perguruan tinggi negeri jika salah nilai dikurangi 1. Artinya, tidak dianjurkan menjawab asal‐asalan karena bisa‐bisa nilai kalian akan menjadi minus. Baca dengan cermat petunjuk umum TPA dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri berikut.

Petunjuk Umum Sebelum Menyelesaikan Soal TPA

  1. Sebelum mengerjakan soal, Anda diminta untuk meneliti kelengkapan nomor dan berkas soal ini. Tes Potensial Akademik ini terdiri atas 60 soal yang mengukur kemampuan berpikir logis, analitis, analogis, numerikal, dan abstrak.
  2. Bacalah dengan cermat aturan dan tata cara menjawab setiap tipe soal.
  3. Tulislah jawaban Anda pada lembar jawaban ujian yang tersedia sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
  4. Anda dapat menggunakan bagian yang kosong dalam berkas soal untuk keperluan corat-coret. Jangan menggunakan lembar jawaban ujian untuk keperluan corat-coret.
  5. Selama ujian berlangsung, Anda tidak diperkenankan menggunakan alat hitung dalam segala bentuk.
  6. Selama ujian berlangsung, Anda tidak diperkenankan menggunakan alat komunikasi dalam segala bentuk.
  7. Selama ujian berlangsung, Anda tidak diperkenankan untuk bertanya atau meminta penjelasan kepada siapa pun tentang soal-soal ujian, termasuk kepada pengawas ujian.
  8. Selama ujian berlangsung, Anda tidak diperkenankan keluar masuk ruang ujian.
  9. waktu ujian yang disediakan adalah 60 menit.
  10. Harap diperhatikan agar lembar jawaban ujian tidak kotor, terlipat, tidak basah, dan tidak robek.
  11. Setelah ujian selesai, Anda diminta tetap duduk sampai pengawas selesai mengumpulkan lembar jawaban ujian. Anda dipersilakan keluar ruang setelah mendapat isyarat dari pengawas untuk meninggalkan ruang.
  12. Jawaban yang benar diberi skor +4, jawaban kosong diberi skor 0, dan jawaban yang salah diberi skor -1.
  13. Penilaian didasarkan atas perolehan skor pada setiap bidang ilmu. Oleh sebab itu, Anda jangan hanya menekankan
Lihat 👀 Trik Menyesaikan Soal Potensi Akademik (TPA)

Lihat 👀 Paket Soal Latihan Logika Penalaran

Lihat 👀 Model Soal TPA Latihan Tes Penalaran

Lihat 👀 Model Soal TPA dan Metode Penyelesaiannya

Lihat 👀 Soal Latihan Penalaran Gambar TPA

Lengkap Soal Asli Tes Potensi Akademik Masuk Perguruan Tinggi

Lihat Juga: