Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Pedagogi Tes PPPK Tahun 2021 (Soal 46 sampai 67)

Soal pedagogik p3k dan kunci jawaban download soal p3k 2020 pdf, soal dan jawaban pedagogik pppk download kumpulan soal p3k dan jawabannya

Soal Pedagogi Tes PPPK Tahun 2021 (46-67)

46. Pak Budi memberikan soal untuk dikerjakan oleh peserta didik. Ketika Pak Budi meminta peserta didik untuk mengerjakannya di depan kelas, tidak ada seorang peserta didik pun yang berani maju ke depan kelas. Akhirnya, Pak Budi menunjuk seorang peserta didik, tetapi peserta didik tersebut tidak mau dengan alasan tidak bisa. Respon yang sebaiknya Pak Budi lakukan terhadap peserta didik tersebut adalah ….
A) “Silahkan kerjakan di depan. Coba baca  bersama soalnya dengan cermat. Pelajari  ersama contoh yang saya sudah diterangkan.”
B) “Ayo, jangan takut. Coba saja dulu kerjakan di depan, nanti Bapak bersama mengerjakannya”.
C) “Cepat kerjakan di depan. Baca  ersama soalnya dengan cermat. Pelajari  ersama contoh yang sudah diterangkan.”
D) “Kalian ini bagaimana. Masa tidak ada satu pun yang bisa. Makanya perhatikan  ersa guru sedang menerangkan!
E) “Baik,  ersa begitu, mari kita bahas  ersama-sama. Perhatikan penjelasan Bapak.
 
47. Informasi yang dapat diketahui guru setelah melaksanakan identifikasi bekal ajar awal peserta didik adalah…. 
A) prestasi belajar yang telah dicapai peserta didik sebelumnya
B) kelemahan dan kesulitan belajar peserta didik
C) minat dan bakat para peserta didik yang berbeda
D) kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran
E) tingkat kecerdasan atau intelegensi peserta didik
 
48. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki peran dan fungsi penting dalam proses pembelajaran misalnya dalam pengembangan media pembelajaran. Di antara kelebihan dari media pembelajaran berbasis TIK adalah….
A) mudah disimpan
B) mudah dikembangkan
C) sebagai multimedia
D) mudah didistribusikan
E) mudah dioperasikan
 
49. Menurut Gagne, pengalaman belajar yang diperoleh melalui analisis suatu objek dengan memperhatikan ciri-ciri spesifik adalah…. 
A) Konsep
B) Sinyal
C) Diskriminasi
D) Aplikatif
E) asosiasi verbal
 
50. Fungsi komunikasi dari pandangan kita mengenai siapa diri kita. Semua itu diperoleh lewat informasi yang diberikan oleh orang lain kepada kita. Orang yang tidak pernah berkomunikasi dengan sesamanya tidak akan memiliki kesadaran bahwa dirinya adalah manusia adalah…. (hal ; 91)
A) menyatakan eksistensi diri
B) mengekspresikan perasaan
C) melangsungkan kehidupan
D) memupuk hubungan
E) pembentukan konsep diri
 
51. Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini! 
Beragam permasalahan mendera Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, dari pembalakan kayu ilegal, penebangan mangrove, pabrik CPO di muara sungai sampai limbah pertambangan batu bara, menambah beban berat bagi lingkungan. Keragaman hayati kawasan inipun terancam.Berdasarkan kasus di atas, apa yang anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Jelaskan alasanmu! (hal : 61)
 
Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?
A) Disajikan permasalahan kontekstual tentang ekosistem, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep ekosistem.
B) Disajikan permasalahan tentang lingkungan hidup di tepi pantai, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis masalah yang terjadi.
C) Disajikan beberapa kasus dalam ekosistem, peserta didik dapat membandingkan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
D) Disajikan teks tentang ekosistem, peserta didik dapat menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
E) Disajikan teks tentang ekosistem, peserta didik dapat menyebutkan komponen-komponen dalam ekosistem.
 
52. Di tengah giatnya pemerintah membangun infrastruktur di mana-mana, ratusan pelajar di Kecamatan Tompobulu, Maros, Sulawesi Selatan, harus berjuang mati-matian menuntut ilmu. Bahkan ada yang rela mempertaruhkan nyawa dengan berenang di sungai karena tak ada akses jembatan. Di Desa Bonto Matinggi, puluhan siswa terpaksa berenang di sungai tiap ke sekolah. Belakangan, wilayah ini pun ramai dikunjungi komunitas relawan peduli pendidikan. Mereka tidak hanya datang mengajar, bahkan mereka menggalang donasi untuk membantu perlengkapan sekolah dan membangun ruang belajar yang layak. Setiap akhir pekan, mereka datang tanpa pamrih, meski harus berjalan kaki hingga puluhan kilometer. Ironisnya, pemerintah tak pernah hadir memberikan perhatian. 
Sumber: https://news.detik.com/berita/4001024/cerita-perjuangan-keras-anak-pedalaman-di-maros-meraih-cita-cita 

Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas? 
A) Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini?
B) Jika anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?
C) Apa yang terjadi jika anak-anak di Maros tidak bersekolah?
D) Apa yang dilakukan para relawan?
E) Mengapa peserta didik di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?
 
53. Soal yang tepat untuk indikator “Disajikan grafik tentang kegemaran, peserta didik dapat menentukan banyaknya peserta didik yang memiliki kegemaran” adalah ….
A) Berdasarkan data tersebut, tentukan jumlah peserta didik yang memiliki kegemaran sepak bola jika jumlah peserta didik 1200 orang.
B) Berdasarkan data tersebut, tentukan perbandingan jumlah peserta didik yang mempunyai kegemaran bulu tangkis, volley, sepak bola, basket dan silat, jika jumlah peserta didik di sekolah tersebut adalah 1200!
C) Berdasarkan data tersebut, tentukan perbandingan jumlah peserta didik yang mempunyai kegemaran bulu tangkis, volley, sepak bola, basket dan silat, jika jumlah peserta didik di sekolah tersebut adalah 1500!
D) Berdasarkan data tersebut, tentukan perbandingan jumlah peserta didik yang mempunyai kegemaran bulu tangkis, volley, sepak bola, basket dan silat, jika jumlah peserta didik di sekolah tersebut adalah 1500!
E) Berdasarkan data tersebut, tentukan perbandingan jumlah peserta didik yang mempunyai kegemaran bulu tangkis, volley, sepak bola, basket dan silat, jika jumlah peserta didik di sekolah tersebut adalah 1500!
 
54. Perhatikan soal di bawah ini. Berikan contoh kegiatan yang bisa dilakukan peserta didik dalam mewujudkan sikap bela negara! Contoh soal tersebut berada pada level kognitif…
A) Evaluasi
B) Penalaran
C) Aplikasi
D) Pengetahuan
E) Kreasi
 
55. Untuk menilai kemampuan peserta didik dalam mengembangkan idenya, guru meminta peserta didik pidato dengan tema “Peran Pemuda di Era Milenial”. Penilaian yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah ....
A) penilaian praktik
B) penilaian produk
C) tes tertulis
D) Observasi
E) tes lisan
 
56. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik memecahkan masalah lingkungan, Ibu Kartika menggunakan model pembelajaran project-based learning dengan menugaskan peserta didiknya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya peserta didik berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan?
A) Tes lisan.
B) Penilaian praktik.
C) Observasi.
D) Penilaian produk.
E) Portofolio.
 
57. Penilaian dalam dimensi belajar yang dikembangkan dalam membantu peserta didik mengembangkan perasaan yang diterima baik oleh guru maupun teman sebayanya, percaya diri dan sikap menerima orang lain di kelas adalah ….
A) menggunakan pengetahuan secara bermakna
B) memperoleh dan mengintegrasikan pengetahuan
C) sikap dan persepsi
D) memperluas dan menyaring pengetahuan
E) habits of minds (perilaku berpikir)
 
58. Anak usia sekolah dasar berada pada tahap perekembangan kognitif operasional konkret. Menurut teori Piaget, salah satu kemampuan anak yang penting pada tahap ini adalah mampu mengurutkan benda dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan kognitif ini termasuk kemampuan...
A) Klasifikasi
B) Konservasi
C) Akomodasi
D) Diferensiasi
E) Asimilasi
 
59. Untuk membantu peserta didik mencapai target pembelajaran, pada umumnya guru mengajarkan materi pelajaran dari yang sederhana ke materi yang kompleks, memberikan soal dari yang mudah ke soal yang sulit. Hal itu antara lain merupakan implikasi pendidikan dari prinsip atau hukum perkembangan yang ....
A) berawal pada diferensiasi dan berakhir pada integrasi
B) berlangsung secara bertahap
C) dapat dipercepat melalui proses belajar
D) berlangsung sesuai dengan iramanya
E) dilaksanakan sesuai dengan sarana belajar
 
60. Hasil identifikasi bekal ajar awal peserta didik memiliki fungsi penting sebagai berikut, kecuali….
A) memilih dan menentukan metode dan media pembelajaran sesuai karakteristik eserta didik
B) menetapkan peserta didik dalam kelompok unggul yang perlu diberi bea siswa atau penghargaan lainnya
C) menyeleksi tuntutan, kemampuan serta kecendrungan peserta didik memilih program pembelajaran selanjutnya
D) menentukan desain program pembelajaran sesuai kemampuan awal peserta didik
E) memperoleh informasi  lengkap dan akurat tentang  kemampuan awal  peserta didik sebelum mengikuti program pembelajaran
 
61. Bu Nora sedang melakukan identifikasi masalah kesulitan belajar beberapa peserta didik yang menjadi bimbingannya. Untuk mengidentifikasi karakteristik atau ruang lingkup materi yang mengalami kesulitan belajar, maka yang harus Ibu Nora lakukan yang paling tepat adalah ...
A) membandingkan prestasi belajar dengan rata-rata
B) membandingkan prestasi belajar dengan kriteria
C) mengikuti arahan ahli pendidikan dan pembelajaran
D) mengidentifikasi faktor penyebab kesulitan belajar
E) menganalisis lembar jawab ulangan peserta didik (kunci)
 
62. Gina termasuk anak yang cepat belajar. Prestasi belajarnya hampir pada semua bidang studi di atas KKM. Namun, Gina sering mendapat nilai di bawah KKM pada bidang studi menggambar, keterampilan, dan materi pelajaran menulis. Berdasarkan identifikasi faktor penyebab, kesulitan belajar Gina diduga disebabkan oleh....
A) tingkat kecerdasan intelektual berada di bawah rata-rata
B) kemampuan motorik halus yang belum berkembang dengan baik
C) tidak adanya fasilitas yang cocok bagi Gina untuk belajar
D) sikap negatif terhadap keterampilan dan menggambar
E) kurang menyukai mata pelajaran menggambar dan Bahasa
 
63. Pak Kasem akan mengembangkan kreativitas dengan meningkatkan kemampuan berpikir divergen. Beliau memberikan sebuah masalah “apa yang akan kamu lakukan kalau minyak bumi sudah tidak ada lagi di muka bumi.” Peserta didik diminta menuliskan beberapa alternatif jawaban. Yang harus menjadi fokus perhatian Pak Kasem adalah....
A) banyaknya jawaban berkualitas
B) siapa peserta didik yang menjawab
C) banyaknya jawaban tepat
D) banyaknya alternatif jawaban
E) jawaban ilmiah dari peserta didik tertentu
 
64. Bu Rabumah memiliki kepedulian terhadap pengembangan potensi peserta didiknya. Pada saat menemukan peserta didik yang prestasinya lebih rendah dari tingkat kecerdasannya (underachievers). Salah satu upaya terbaik yang perlu dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajarnya adalah…. 
A) memberikan tugas berupa latihan soal dan membuat rangkuman
B) meningkatkan minat dan motivasi belajar serta melatih keterampilan belajar
C) memberikan penjelasan manfaat materi yang dipelajari di awal pembelajaran
D) disarankan untuk berkonsultasi kepada konselor Pendidikan
E) meminta orang tua peserta didik agar memperhatikan anaknya
 
65. Individu belum melakukan internalisasi nilai-nilai moral. Penalaran moralnya dikendalikan oleh faktor eksternal berupa hukuman dan hadiah.. Menurut teori perkembangan moral dari Kohlberg penalaran moral individu tersebut berada pada tingkat....
A) Prakonvensional
B) Pascakonvensional
C) Konvensional
D) Pascaoperasional
E) Praoperasional
 
66. Alasan diperlukannya identifikasi potensi peserta didik adalah.…
A) minat dan bakat peserta didik selalu tidak sama dalam setiap kelas belajar
B) tingkat perekonomian keluarga peserta didik berbeda
C) peserta didik memiliki karakteristik dan kemampuan awal yang tidak sama
D) kualitas sekolah dimana peserta didik berasal tidak sama
E) peserta didik berasal dari keluarga dengan tingkat pendidikan orang tua yang berbeda
 
67. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan memberikan kasus problematik yang harus diselesaikan dengan tepat dan benar oleh peserta didik. Model pembelajaran yang dapat dilakukan adalah....
A) penerapan matematika untuk memecahkan masalah secara berkelompok
B) penemuan sendiri oleh kelompok siswa atas problem yang diberikan untuk diselesaikan
C) problem based learning dengan kasus khusus yang menggunakan operasi aritmatika
D) penerapanan operasi matematika secara benar dan tepat pada setiap kasus yang diberikan
E) uji coba pemecahan masalah menggunakan berbagai rumus matematika yang selalu digunakan

Bergabung ke dalam grup Belajar Telegram

Yuk segera bergabung ke dalam grup Telegram untuk mendapatkan Informasi TerUpdate. Untuk bergabung ke dalam grup Telegram bisa langsung klik tombol di bawah ini.