Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tujuan Kedisiplinan Belajar di Rumah

Masbabal.Com - Tujuan disiplin belajar secara umum adalah menolong anak belajar hidup sebagai makhluk sosial, dan untuk mencapai pertumbuhan serta perkembangan mereka yang optimal.
Tujuan Kedisiplinan Belajar di Rumah

Tujuan Kedisiplinan Belajar di Rumah
Tujuan disiplin belajar di rumah menurut Charles Schaefer (kartini kartono, 1992: 205) adalah dibagi menjadi dua, yaitu:
a) tujuan jangka pendek.
Tujuan jangka pendek disiplin adalah membuat anak-anak terlatih dan terkontrol dengan bentuk-bentuk tingkah laku yang tidak pantas atau yang masih asing bagi mereka
b) tujuan jangka panjang.
Tujuan jangka panjang disiplin di rumah adalah untuk perkembangan pengendalian diri (self control and self direction) yaitu anak-anak dapat mengarahkan diri sndiri tanpa pengaruh pengendalian dari luar.

Pengendalian diri berarti menguasai tingkah laku diri sendiri dengan berpedoman pada norma-norma yang jelas standar-standar dan aturan-aturan yang menjadi milik sendiri.

Penanaman disiplin merupakan suatu lanjutan perhatian kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya yang diungkapkan secara murni dengan memenuhi segala kebutuhan anak, pada waktu anak sepenuhnya bergantung pada orang tua. Hal itu semua merupakan suatu cara untuk meningkatkan perkembangan jiwa anak dalam menghargai dirinya, dan mengajarkannya cara-cara bertindak dalam kebiasaan yang diterima oleh masyarakat.

Adapun pendapat yang dikemuakakan oleh Rose Mini (2011: 7) bahwa tujuan awal disiplin belajar pada anak ada dua, yaitu:
1) membuat anak terlatih dan terkontrol,
2) disiplin juga mampu menumbuhkan rasa tanggung jawab dalm diri anak.

Ketika sudah berdisplin, anak dapat mengarahkan dirinya sendiri tanpa pengaruh atau pun disuruh oleh orang lain. Dalam pengaturan diri ini berarti anak sudah mampu menguasai tingkah lakunya sendiri dengan berpedoman pada norma-norma yang jelas.

Pendapat mengenai tujuan disiplin berdasarkan dari pendapat para ahli diatas, yaitu tujuan disiplin belajar di rumah adalah agar siswa terkontrol dan terlatih dengan bentuk-bentuk tingkah laku yng baik sehingga mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Siswa yang memiliki sikap disiplin belajar di rumah, dapat mengarahkan diri sendiri tanpa pengaruh pengendalian dari luar, siswa juga memiliki sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugasnya.

Berlangganan via Email