E-Modul Penyusunan Soal Hots Pendidikan Agama Islam PAI - Kurikulum 2013 Merdeka Belajar

MASBABAL.COM - Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Higher Order Thinking Skills Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

E-Modul Penyusunan Soal HOTS mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Pada Bab III berisi uraian secara rinci dan teknis serta dilengkapi dengan contohcontoh, langkah menyusun soal HOTS seperti yang telah diuraikan dalam Modul ini.

Mengingat soal HOTS yang akan dibuat untuk mengukur ketercapaian KD, maka alur penyusunannya dimulai dari pemahaman guru tentang karakteristik mata pelajaran, analisis KD, contoh spesifikasi stimulus yang sesuai dengan materi pada KD, menyusun kisi-kisi, menulis butir soal sampai dengan membuat pedoman penskoran/kunci jawabannya.

Pendidikan sebagai ujung tombak kemajuan suatu bangsa hendaknya memberikan pelayanan yang selaras dengan tuntutan zaman. Seseorang yang hidup di abad ke-21 dituntut berbagai keterampilan relevan yang harus dikuasai agar dapat beradaptasi dan berkontribusi sehingga menjadi pribadi yang sukses.

Tuntutan kemampuan abad 21 yang semakin kompetitif menuntut empat kompetensi, yaitu Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, dan Collaboration. Pendidikan sebagai pengemban peran reformatif dan transformatif harus mampu mempersiapkan siswa untuk menguasai berbagai keterampilan tersebut.

Kebutuhan terhadap lulusan yang kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif inilah yang menjadi kompetensi lulusan utama pada Kurikulum 2013. Pengembangan kurikulum ini didasarkan prinsip pokok, yaitu kompetensi lulusan yang didasarkan atas kebutuhan, isi kurikulum dan mata pelajaran yang diturunkan secara langsung dari kebutuhan kompetensi, mata pelajaran yang kontributif pada pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penerapan prinsip-prinsip yang esensial ini diharapkan agar implementasi kurikulum 2013 menghasilkan lulusan yang siap menghadapi abad 21.

Sebagai bagian yang utuh dan selaras dengan komponen kurikulum 2013, penilaian berperan untuk menstimulus capaian pembelajaran yang salah satunya membangun sikap kritis.

Untuk membangun kemampuan Critical Thinking and Problem Solving, instrumen penilaian diarahkan pada soal berstandar internasional, yaitu Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Buku ini merupakan E-modul penyusunan soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam sebuah penilaian yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan kemampuan berpikir kritis bagi siswa.

Modul ini menjelaskan strategi penyusunan soal Keterampilan Berpikir Tungkat Tinggi yang secara garis besar memuat tentang latar belakang, konsep dasar penyusunan soal HOTS, penyusunan soal HOTS mata pelajaran dan dan contoh soal HOTS, strategi implementasi penyusunan soal HOTS. Modul ini diharapkan menjadi referensi agar kegiatan bimbingan teknis penyusunan soal HOTS berjalan dengan lancar sehingga pada akhirnya mampu mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu lulusan yang krisis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif

E-Modul Penyusunan Soal Hots Pendidikan Agama Islam PAI - Kurikulum 2013 Merdeka Belajar
Download File Dibawah ini
E-Modul Penyusunan Soal Hots Pendidikan Agama Islam
๐Ÿ“Klik Download File๐Ÿ“