Materi Fisika Kelas 12 KD 3.10 dan 4.10 Semester 2

Materi Fisika Kelas 12 Semester 2 KD 3.10 dan 4.10. Materi Fisika Kelas XII Semester 2 ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran yaitu:

Materi Inti Atom dan Radioaktivitas

Materi ini terbagi menjadi 3 (tiga) kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Inti Atom mencakup lambang dan nama nuklida, nukleon, energi ikat inti, isotopp, dan kestabilan inti
  • Radioaktivitas mencakup partikel radiasi, daya tembus, daya ionisasi waktu paruh, dan pelemahan, serta manfaat dan bahaya radiasi
  • Reaksi inti mencakup reaksi peluruhan, reaksi fisi, reaksi fusi, deret radioaktivitas, dan energi reaksi
Materi Fisika Kelas 12 Semester 2 KD 3.10 dan 4.10. Materi Fisika Kelas XII Semester 2 ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran

Materi Fisika Kelas 12 KD 3.10 dan 4.10

Inti atom adalah bagian dalam dari atom yang menjadi pusat orbit dari elektron. Seperti yang kita fahami, bahwa atom itu terdiri dari inti atom di bagian pusat dan dikelilingi oleh elektron yang bergerak mengorbil inti. Uraian berikut ini akan menjelaskan tentang lambang dan nama nulkida, komposisi nuklida, energi ikat inti, isotop, dan kestabilan inti dan peluruhan.

Isotop tidak stabil selalu aktif melakukan perubahan menuju isotop stabil dengan melepas sebagian nukleon yang disebut sebagai peristiwa peluruhan. Ada isotop yang cepat mencapai kestabilan, ada pula yang relatif lambat. Isotop yang cepat disebut memiliki aktivitas lebih tinggi dibandingkan dengan isotop yang lambat. Dalam kegiatan ini, kalian akan mempelajari partikel apa saja yang dilepas (dipancarkan)? Apa saja faktor yang mempengaruhi aktivitasi radiasi? Dan apa dampak dan manfaat radioisotop?

Silahkan Bapak/Ibu Download file pdf Materi Fisika Kelas 11 KD 3.7 dan 4.7 Semester 2 dibawah ini

Gabung Grup Telegram

🔜 Demo🔜   🔄Download File 🔄