Materi Fisika Kelas 10 KD 3.8 dan 4.8 Semester 2

Materi Fisika Kelas 10 Semester 2 KD 3.8 dan 4.8. Materi Fisika Kelas X Semester 2 ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran yaitu Materi Gaya Gravitasi dan Medan Gravitasi, Materi Gerak Satelit dan Hukum Kepler, dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

Materi Gaya Gravitasi dan Medan Gravitasi, Materi Gerak Satelit dan Hukum Kepler, dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi

Materi Fisika Kelas 10 KD 3.8 dan 4.8

Hukum Newton Tentang Gravitasi & Hukum Kepler

Materi ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

Gaya Gravitasi dan Medan Gravitasi

Sebelum mengungkapkan konsep gravitasi nya, Newton sebelumnya menyelidiki gerak-gerak benda angkasa, yaitu planet dan bulan. Dalam peyelidikan itu, Newton menyadari bahwa harus ada gaya pada bulan sehingga bulan tetep berada pada orbit nya mengitari bumi. 

Jika gaya ini tidak ada pada bulan maka bulan akan bergerak pada lintasan lurus. Pada suatu cerita, suatu ketika Newton sedang duduk bersantai di taman rumahnya dan memperhatikan sebuah apel yang jatuh dari pohon nya. Hal inilah yang menginspirasi Newton membahas ide gravitasi yang selalu di pikirkan selama ini.

Medan gravitasi adalah ruang yang masih dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Besaran yang menyatakan medan gravitasi disebut kuat medan gravitasi (g), yaitu gaya gravitasi tiap satuan massa.

Gerak Satelit dan Hukum Kepler

Satelit adalah benda-benda langit yang mengitari planet dengan ukuran yang lebih kecil dari planet tersebut. Satelit dibagi menjadi dua, yaitu satelit alamiah dan satelit buatan. Pagar satelit bergerak pada orbitnya, maka berlaku hubungan gaya sentripetal (Fs) dan gaya gravitasi (Fg).

Gaya sentripetal (Fs) merupakan gaya yang bekerja pada benda yang bergerak melingkar dan arahnya selalu menuju ke pusat rotasi.

Kecepatan linier pada gerak satelit yang mengorbit pada lintasan orbit tertentu dipengaruhi oleh jarak satelit ke pusat massa planet yang dijadikan pusat orbit (R) dan kuat medan gravitasi yang dirasakan satelit pada titik orbit satelit (g)

Silahkan Bapak/Ibu Download file pdf Materi Fisika Kelas 10 KD 3.8 dan 4.8 Semester 2 dibawah ini

Gabung Grup Telegram

🔜 Demo🔜   🔄Download File 🔄

Posting Komentar untuk "Materi Fisika Kelas 10 KD 3.8 dan 4.8 Semester 2"