Dampak Sosial Informatika Materi Informatika Kelas 7

Materi Informatika Kelas 7 tentang Dampak Sosial Informatika akan membahas sebagai berikut:
A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat
2. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi

B. Kolaborasi di Dunia Maya

C. Media Sosial

D. Informasi Pribadi dan Hukum Privasi
1. Hukum Privasi
2. Persetujuan yang Diinformasikan 

Tujuan Pembelajaran, Pertanyaan Pemantik, Apersepsi dan Kata Kunci Materi Dampak Sosial Informatika

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, kalian mampu memahami dampak positif dan negatif teknologi informasi, keamanan data pribadi, dan berkolaborasi di dunia maya.

Pertanyaan Pemantik
Teknologi terbaru apa yang menarik perhatian kalian? Mobil tanpa sopir? Teknologi Internet of Things? Virtual Reality? Teknologi tersebut selain bermanfaat bagi kehidupan manusia juga memiliki dampak negatif. Apa dampak negatifnya?

Apersepsi
Apakah kalian pernah mendengar mobil otonom? Kalau mobil bisa berjalan secara otomatis, bagaimana dengan pekerjaan sopir? Apakah kita perlu belajar menyetir mobil? Apakah tidak akan ada lagi kursus mengemudi? Di masa depan, banyak pekerjaan yang akan hilang karena digantikan oleh teknologi informasi dan komunikasi.

Kata Kunci
Informasi personal dan privat, IoT (Internet of Things), Teknologi Informasi dan Komunikasi, telemedicine, telepon pintar (smartphone), mmdedia sosial, mobil otonom.
Tujuan Pembelajaran, Pertanyaan Pemantik, Apersepsi dan Kata Kunci Materi Dampak Sosial Informatika Materi Informatika Kelas 7

Ringkasan Materi Dampak Sosial Informatik

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi (TI) adalah teknologi yang menggunakan komputer untuk menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan (mengirimkan) data atau informasi. TI secara umum adalah sistem informasi dan sistem komunikasi atau sistem komputer yang terdiri atas perangkat keras, perangkat lunak, dan peralatan peripheral yang digunakan oleh pengguna tertentu. Agar dapat berinteraksi dengan perangkat lain, TI dapat ditambah dengan peralatan komunikasi, seperti jaringan komputer, telekomunikasi, dan internet. Dengan tambahan peralatan komunikasi tersebut, penggunanya dapat berkomunikasi dan mentransmisikan informasi tanpa dibatasi ruang dan waktu. TI yang ditambah peralatan komunikasi ini disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kolaborasi di Dunia Maya

TIK memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dan bekerja bersama dalam menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan eisien. Kolaborasi untuk melaksanakan pekerjaan menjadi lebih mudah dilakukan dengan TIK.

Sebagai contoh, pekerjaan membuat rancangan bangunan/software dapat dilakukan oleh beberapa arsitek/programmer bersama-sama, para siswa dapat membuat ide poster sebagai tugas mata pelajaran secara bersama dalam kelompok. Contoh tersebut merupakan bentuk aktivitas gotong-royong. Di dunia, pendidikan dikenal istilah pembelajaran kolaboratif. Dalam pembelajaran ini, dibutuhkan kolaborasi agar tumbuh kesadaran interaksi sosial dan mewujudkan pembelajaran bermakna.

Kolaborasi maya yang sering disebut juga kolaborasi virtual/daring adalah melakukan kerja bersama dengan orang yang berbeda tempat dan waktu untuk menyelesaikan tugas menggunakan perkakas tertentu. Pada masa pandemi, di mana aktivitas harus banyak dilakukan dari rumah, kolaborasi daring menjadi pilihan yang tepat karena pekerjaan dan belajar dapat berlangsung dengan efektif.

Posting Komentar untuk "Dampak Sosial Informatika Materi Informatika Kelas 7"