Algoritma dan Pemrograman Materi Informatika Kelas 7

Materi Informatika Kelas 7 Tentang Algoritma dan Pemrograman akan membahas tentang:
A.Pemrograman
1. Mengapa Perlu Belajar Programming?
2. Bagaimana Belajar Programming?
3. Scratch
4. Membuat Akun
5. Mengenal “Universe” Scratch

B. Eksplorasi Fungsi Dasar

C. Robot Manual

Tujuan Pembelajaran, Pertanyaan Pemantik, Apersepsi dan Kata Kunci Materi Algoritma dan Pemrograman

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, kalian akan mampu menjelaskan lingkungan pemrograman blok/visual dan membuat atau memodiikasi program blok untuk tujuan tertentu sesuai contoh.

Pertanyaan Pemantik
Makin banyak sistem/aplikasi/games/program yang digunakan oleh orang pada umumnya. Bagaimana membuat semuanya itu? Video inpirasi: https://Scratch.mit.edu/projects/editor/?tutorial=getStarted

Apersepsi
Dengan teknologi yang makin maju, makin banyak pula sistem/aplikasi/ program yang digunakan untuk membantu masyarakat. Setiap sistem tersebut dapat dibuat dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Walaupun bahasanya berbeda, cara berpikir atau algoritmanya akan tetap sama. Sebagai langkah awal, kalian akan memulai dengan mempelajari pemrograman visual. Salah satu contoh pemrograman visual yang dapat digunakan adalah “Scratch”.

Kata Kunci
Pemrograman Visual; Algoritma; Pemrograman; Scratch

Tujuan Pembelajaran, Pertanyaan Pemantik, Apersepsi dan Kata Kunci Materi Algoritma dan Pemrograman Materi Informatika Kelas 7

Ringkasan Materi Algoritma dan Pemrograman

Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk membeli tiket bioskop secara langsung. Langkahnya, yaitu: kalian perlu menuju bioskop, memilih ilm yang ingin ditonton dan jadwalnya, lalu antre di loket tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya, membayar total tiket, dan tiket diterima dari pegawai.

Algoritma dibuat untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer. Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi dengan cara yang baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah lainnya. Proses untuk membuat program yang eisien dan efektif memerlukan pemilihan informasi yang tepat untuk digunakan, bagaimana memproses dan menyimpannya, menyelesaikan permasalahan besar menjadi kasus yang lebih kecil, mengombinasikan solusi-solusi yang sudah ada sebelumnya, dan mencoba analisis solusi baru lainnya.

Mengapa Perlu Belajar Programming?

Belajar programming (di dalamnya mencakup coding) diperlukan bukan hanya untuk menjadi programmer (penulis program profesional). Programming diperlukan dalam bidang apa pun, seperti halnya siapa pun perlu menulis.

Bagaimana Belajar Programming?

Pertama-tama, kalian akan dikenalkan dengan lingkungan pemrograman yang akan dipakai. Pengenalan lingkungan pemrograman itu bisa langsung dari internet secara online, dengan komputer atau gawai yang sudah disiapkan, atau tanpa komputer. Memang, akan lebih asyik jika ada komputer karena kalian akan bermain blok dan membuatnya bisa berperilaku seperti yang kalian rancang dalam programnya (susunan bloknya). Jika tidak ada komputer, guru kalian akan mengatur menjadi permainan, di mana ada sebagian siswa yang akan menjalankan perintah seolah-olah dia adalah komputernya. Blok akan disusun dalam bentuk kartu yang secara keseluruhan akan membentuk sebuah program, yaitu “skenario” tindakan yang akan dieksekusi (dijalankan).

Posting Komentar untuk "Algoritma dan Pemrograman Materi Informatika Kelas 7"