Makalah Guru Penggerak Merdeka Belajar Lengkap PDF

Makalah Guru Penggerak Merdeka Belajar Lengkap PDF

Judul Makalah Guru Penggerak Merdeka Belajar yaitu Tentang Merdeka Belajar dan Implikasinya. Tujuan dari Penulisan Makalah ini adalah Untuk mengetahui pengertian merdeka belajar, tujuan utama merdeka belajar, tujuan utama merdeka belajar dan merdeka belajar menjadi pembelajaran yang inovatif.

Rumusan Masalah adalah
1. Apa pengertian merdeka belajar ?
2. Apa tujuan utama merdeka belajar ?
3. Apa landasan merdeka belajar dalam memajukan pendidikan?
4. Bagaimana merdeka belajar menjadi pembelajaran yang inovatif ?

Makalah Guru Penggerak Merdeka Belajar Lengkap PDF

Latar Belakang
Seiring berkembangnya perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi yang sangat pesat, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan para pelajar atau peserta didik untuk menyongsong perubahan, kemajuan dan perkembangan zaman, untuk dituntut mampu melaksanakan, dan merancang proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif, supaya dapat meraih capaian dan tujuan pembelajaran yang mencakup aspek sikap pengetahuan dan keterampilan secara optimal dan tentunya juga relevan .

Di era revolusi industri 4.0 terdapat tantangan tersendiri sekaligus menjadi peluang bagi lembaga pendidikan untuk menjadi titik prasyarat untuk bisa lebih maju dan berkembang. Lembaga pendidikan harus mempunyai daya inovasi dan juga dapat memberlakukan sebuah kolaborasi, jika sebuah lembaga pendidikan tidak mampu untuk berkolaborasi dan berinovasi maka akan tertinggal jauh di telan waktu, dan pula sebaliknya jika lembaga mampu menciptakan sumber daya yang mampu mengembangkan, memajukan dan mewujudkan cita-cita bangsa yaitu membelajarkan manusia.

Menjadi seorang pembelajar bukanlah suatu hal yang mudah layaknya membalikkan telapak tangan. Lembaga pendidikan harus mampu menyelaraskan dan menyeimbangkan sistem pendidikan dengan perkembangan zaman dan sistem pendidikan diharapkan mampu mewujudkan peserta didik memiliki daya keterampilan yang yang mampu berpikir secara kritis memecahkan masalah serta memiliki keterampilan dalam berkomunikasi dan berkolaborasi yang kreatif dan inovatif.

A. Pengertian Merdeka Belajar

Di dalam kamus besar bahasa Indonesia kata merdeka dapat diartikan sebagai bebas dari penghambaan, penjajahan atau dapat dimaknai dengan berdiri sendiri. dalam bahasa arab kata merdeka lazim dengan penyebutan hurriyah yang artinya bebas dari segala bentuk pengikatan diri terhadap apapun atau istiqla. dalam kontek ini merdeka sama saja dengan keleluasaan untuk berfikir secara bebas dan menentukan nasibnya sendiri. sedangkan belajar merupakan perubahan perilaku yang relatif permanen didalam berperilaku, berkehidupan yamh diidapatkan sebagai hasil dari pengamatan atau latihan.

Menurut Moh. Surya belajar merupakan sebuah usaha yang di upayakan untuk perubahan setiap individu untuk memperoleh perubahan secara keseluruhan yang didapatkan dari proses pengalaman serta respon dari interaksi terhadap lingkungan kepada setiap individu.

Sedangkan pandangan dari (sanjaya:2010) kata belajar memiliki makna harfiah yang mengedepankan perubahan proses mental yang di akibatkan dari rangsangan interaksi lingkungan.

Secara umum telah di kemukakan bahwa belajar sebagai perubahan pada individu yang terjadi melalui pengalaman dan bukan karena pertumbuhan atau perkembangan tubuhnya atau karakteristik seseorang sejak lahir. maka dari itu merdeka belajar merupakan kebebasan didalam menentukan cara berperilaku, berprose, berfikir, berlaku kreatif guna pengembangan diri setiap individu dengan menentukan nasib dirinya sendiri.

B. Konsep merdeka belajar

Membicarakan konsep merdeka belajar tentu ada beberapa relevansi terhadap teori belajar kontruktivisme. Didalam pendangannya anak mengintruksikan pengetahuan yang didapat sebagai hasil interaksi yang didapatkan dari hasil pengamatan, pengalaman dari objek yang anak hadapi.

Dalam proses kontruktivisme pembelajaran anak lebih cenderung memiliki titik focus terhadap keaktifan setiap individu dalam membentuk pengetahuan. Anak didik di harapkan memiliki motivasi belajar sesuai apa yang ia inginkan tanpa adanya tekanan dari pihak manapun.

Merdeka belajar memiliki ciri khas dalam proses pembelajarana yang kritis, kreatif, inovatif, transformatif, relevan efektif dan efisien. Dalam hal ini kementrian pendidikan dan kebudayaan menyuguhkan konsep tersebut dalam dunia pendidikan di Indonesia. Menitik beratkan pada merdeka belajar dan guru penggerak. Yang artinya anak didik memiliki kebebasan untuk memperoleh pendidikan dan guru menjadi penggerak (motor) guna tercapainya proses merdeka belajar.

Proses belajar yang dijalani dengan cara menyenangkan memungkinkan siswa mampu mengingat materi lebih banyak dan lebih lama, dengan kata lain tingkat retensinya lebih kuat. Dalam pandangan Ki Hajar Dewantara di atas, merdeka belajar pada gilirannya menghasilkan kreativitas yang merupakan elemen penting bagi sebuah kemajuan.

Hal ini guru menjadi fasilitator didalam proses pembelajaran. Kemendikbud menekankan bahwa gebrakan merdeka belajar ini di cirikan dengan dimulainya dikembalikannya USBN kepihak sekolah, dihapuskannya UN kemudian digantikan dengan proses asesmen kompotensi minimum dan survei karakter.

Selengkapnya Download Makalah Guru Penggerak Merdeka Belajar Lengkap PDF dibawah ini