Capaian Pembelajaran Program Keterampilan Konten Kreator

Kreator konten adalah seni dan keterampilan merancang, memproduksi serta mempublikasikan konten digital, secara etis, estetis dan komunikatif. Konten yang dipublikasikan dapat berdasarkan fakta, peristiwa, atau imajinasi, untuk tujuan komunikasi, informasi dan hiburan.

Setiap tahapan pembuatan konten, baik tahap pra produksi, produksi, maupun pasca produksi membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus yang harus dikuasai dan dipelajari dengan benar.

Program Keterampilan Kreator Konten dalam Kurikulum Merdeka Pendidikan Kesetaraan dikembangkan berbasis profil pelajar Pancasila.

Program Keterampilan ini mengembangkan proses berpikir kreatif, imajinatif, kritis dan inovatif, menanamkan cara kerja multitasking, meningkatkan keterampilan mengamati, mengidentifikasi dan menganalisis berbagai sumber konten yang ada, untuk keperluan membuat konten yang diinginkan secara inovatif.

Pembelajaran pada Program Keterampilan Kreator Konten dilakukan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan dapat mengintegrasikan Program Pemberdayaan.

Pembelajaran Program Keterampilan Kreator Konten bertujuan untuk membekali peserta didik dengan Keterampilan Konten Kreator dan menginternalisasikan dimensi profil pelajar Pancasila.

Pendekatan pembelajaran dalam Program Keterampilan Kreator Konten dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran sesuai dengan karakteristik keterampilan dan kebutuhan peserta didik.

Alur pelaksanaan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di satuan pendidikan merujuk pada Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Program Keterampilan Kreator konten digunakan untuk menguatkan enam elemen profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, kebhinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri.

Sejalan dengan itu, program keterampilan ini juga mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memanfaatkan kearifan lokal, Bhinneka Tunggal Ika, semangat membangun jiwa dan raga, demokrasi, rekayasa teknologi untuk membangun NKRI, dan mengembangkan jiwa wirausaha.

Tujuan Program Keterampilan Kreator Konten

Program Keterampilan Kreator Konten bertujuan mengantarkan peserta didik menjadi seorang “kreator konten” yang menguasai konsep dan praktik konten digital sebagai berikut.
  1. Berpikir imajinatif dan kreatif dalam mendesain dan mengembangkan ide-ide konten yang menarik, etis, dan laku jual.
  2. Memahami ilmu pengetahuan yang mendasari prinsip-prinsip pra produksi, produksi, dan pasca produksi konten digital.
  3. Menghasilkan atau memproduksi konten digital baik dalam bentuk tulisan, audio, audiovisual, maupun rekayasa gambar.
  4. Menggunakan pengetahuan dan keterampilan (desain, produksi, publikasi dan evaluasi) konten digital untuk mencapai kesuksesan dan pengembangan yang berkelanjutan.
  5. Memproduksi dan mengembangkan konten digital baik secara mandiri maupun berkolaborasi dengan pihak internal dan eksternal (klien).
  6. Mengembangkan karakter kreator konten yaitu konsisten, berdaya saing, dan berpikir terbuka.
  7. Menunjukkan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila yaitu memiliki tanggung jawab moral, taat pada regulasi dan memegang teguh etika bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Berikut Capaian Pembelajaran Program Keterampilan Konten Kreator lengkap dibawah ini.