Capaian Pembelajaran Program Keterampilan Komputer Perkantoran

Komputer Aplikasi Perkantoran adalah keterampilan dalam pendidikan kesetaraan untuk menjawab tuntutan dunia usaha, industri dan dunia kerja terhadap kebutuhan sumber daya manusia yang mampu menjadi pijakan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

Keterampilan ini juga mempersiapkan peserta didik agar mampu meraih sertifikasi yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi yang diakui sebagai bentuk pengakuan akan kompetensi yang dimiliki.

Program Keterampilan Komputer Aplikasi Perkantoran di dalam Kurikulum Merdeka dirancang untuk membekali peserta didik agar memiliki penguasaan pengetahuan operasional yang lengkap dan kemampuan kerja, dalam mengerjakan tugas yang berhubungan dengan hal-hal yang terkait administrasi perkantoran yang dapat digunakan sebagai pendukung dalam bekerja atau berwirausaha.

Keterampilan komputer aplikasi perkantoran terdiri atas sistem komputer, pengolah kata, pengolah angka, pengolah presentasi, dan pengolah internet.

Pembelajaran pada Program Keterampilan Komputer Aplikasi Perkantoran dilakukan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan dapat mengintegrasikan Program Pemberdayaan. Pembelajaran Program Keterampilan Komputer Aplikasi Perkantoran bertujuan untuk membekali peserta didik dengan keterampilan Komputer Aplikasi Perkantoran dan menginternalisasikan dimensi profil pelajar Pancasila.

Pendekatan pembelajaran dalam Program Keterampilan Komputer Aplikasi Perkantoran dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran sesuai dengan karakteristik keterampilan dan kebutuhan peserta didik. Alur pelaksanaan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di satuan pendidikan merujuk pada Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Tujuan Program Keterampilan Komputer Aplikasi Perkantoran

Program Keterampilan Komputer Aplikasi Perkantoran bertujuan untuk mengantarkan peserta didik menguasai konsep dan praktik komputer aplikasi perkantoran, yaitu:
  1. berpikir komputasional, dalam menciptakan solusi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan secara sistematis, kritis, analitis, dan kreatif;
  2. memahami ilmu pengetahuan yang mendasari komputer aplikasi perkantoran, yaitu sistem komputer, aplikasi pengolah kata, aplikasi pengolah angka, aplikasi pengolah presentasi dan aplikasi pengolah internet;
  3. terampil berkarya dalam mengoperasionalkan komputer aplikasi perkantoran, yaitu sistem komputer, aplikasi pengolah kata, aplikasi pengolah angka, aplikasi pengolah presentasi dan aplikasi pengolah internet; dan
  4. menunjukkan karakter baik sebagai anggota masyarakat digital, sehingga mampu berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi dan menggunakan komputer aplikasi perkantoran dalam kehidupan bermasyarakat untuk kebutuhan kerja maupun berwirausaha.
Berikut Capaian Pembelajaran Program Keterampilan Konten Kreator lengkap dibawah ini.

Capaian Pembelajaran Program Keterampilan Komputer Perkantoran