Moda Plugged dan Unplugged

Sering kali, orang berpikir bahwa mengajar Informatika harus menggunakan komputer. Ini tidak benar! Sama halnya dengan disiplin ilmu lainnya, konsep dari suatu disiplin ilmu harus dapat diajarkan tanpa alat apa pun menggunakan komputer. Konsep Informatika juga dapat dipelajari melalui aktivitas tanpa komputer.

CS Unplugged diawali dengan proyek yang dikembangkan oleh kelompok peneliti “CS Education Research Group” pada Universitas Canterbury, New Zealand, yang menamakan dirinya “Department of Fun Stuff ”. CS unplugged menyediakan sekumpulan aktivitas yang disediakan untuk anak mulai usia dini untuk belajar Informatika dengan cara menyenangkan. Semua materinya tersedia untuk dapat dipakai secara sah, dengan lisensi Creative Commons BY-NC-SA 4.0 licence.

Dengan moda “Unplugged”, sasaran kompetensi disampaikan melalui proses pembelajaran tanpa menggunakan teknologi, komputer atau gawai. Sebagai ganti perkakas berteknologi tersebut, proses pembelajaran dilakukan secara menarik dengan menggunakan permainan peran, simulasi, teka teki, atau menggunakan bahan-bahan yang mudah dibuat guru atau bahkan dibuat oleh guru bersama siswa sebagai bagian proses belajar dari bahan-bahan serta peralatan sehari-hari yang mudah dijumpai di manapun.

Misalnya berbahan kayu, batu, kertas, tali, crayon, kardus atau bahan lainnya yang tersedia di sekitar, dan dibuat hanya dengan gunting, dan ATK sederhana. Pembelajaran pemrograman pun dapat dilakukan secara unplugged.

Dari segi pedagogi, pembelajaran unplugged membawa siswa dari dunia digital ke dunia nyata. Adalah penting bahwa setelah kegiatan unplugged, guru menjelaskan dan membawa siswa ke subjek belajar yang sesungguhnya (perangkat keras, sistem komputasi, program aplikasi, konsep atau lainnya).

Moda Plugged dan Unplugged

Dibandingkan dengan metode unplugged, pada moda “plugged”, aktivitas pembelajaran dilakukan dengan “mencolokkan/plug” komputer, gadget ke internet, dengan penjelasan yang akurat mengenai persyaratan perangkat keras dan perangkat lunak yang dipakai, agar sekolah dapat memilih sesuai ketersediaan dan kemampuannya.

Dari segi pedagogik, pada pembelajaran secara “I” guru membawa siswa dari dunia nyata ke dunia digital. Bahayanya adalah bahwa guru atau siswa lebih tertarik kepada perkakas (komputernya) dan pengoperasiannya daripada memahami konsepnya dan relasinya dengan dunia nyata.

Dengan moda plugged, guru perlu membimbing siswa bahwa fokus utama bukan mengoperasikan, tetapi mempelajari konsep atau mempraktikkan pengembangan produk menggunakan perkakas tersebut.

Untuk siswa Indonesia, pembelajaran unplugged dan plugged perlu diberikan secara seimbang walaupun sarana sekolah lengkap, karena pendekatan unplugged sangat baik untuk membantu siswa membangun abstraksi dan pemodelan. Jika sarana komputer dan teknologi terbatas, guru perlu mempertimbangkan untuk lebih banyak melakukan proses belajar-mengajar secara unplugged. Aktivitas yang disediakan pada buku siswa sengaja diberikan unplugged dan plugged. Guru perlu memilih dan tidak perlu menjalankan keduanya secara penuh karena kalau dijalankan semua, waktunya tidak akan mencukupi.