Notification

×

Kategori Berita

Cari Artikel

Iklan 1

Iklan 2

Struktur Kurikulum dan Capaian Pembelajaran

Monday, December 20, 2021 | 12/20/2021 WIB
Struktur Kurikulum dan Capaian Pembelajaran

Struktur kurikulum berisi kegiatan bermain-belajar yang mengacu pada ketercapaian Capaian Pembelajaran (CP), projek penguatan profil pelajar Pancasila, program-program lain yang dilakukan satuan pendidikan, dan jam kegiatan bermain-belajar.

Pada satuan PAUD, tidak ada perbedaan pembagian jam bermain-belajar tersendiri antara kegiatan harian dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Keduanya melebur dalam intrakurikuler.

Guru dapat menyesuaikan berbagai metode dan pendekatan termasuk projek dalam menguatkan profil pelajar Pancasila

Ada 3 (Tiga) elemen dalam Capaian Pembelajaran berikut ini diajarkan secara terpadu dalam kegiatan bermain belajar

3 (Tiga) elemen dalam Capaian Pembelajaran

Nilai Agama dan Budi Pekerti

Anak mengenali dan mempraktikkan nilai dan kewajiban ajaran agamanya. Anak mengamalkan nilai-nilai dan ajaran agamanya dalam interaksi dengan sesama dan alam (tumbuhan, hewan, lingkungan hidup).

Anak mengenal keberagaman dan menunjukkan sikap menghargai agama dan kepercayaan orang lain.

Jati Diri:

Anak memiliki sikap positif dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan, kesehatan (nutrisi dan olahraga), dan keselamatan diri.

Anak dapat mengenali, mengelola, mengekspresikan emosi diri serta membangun hubungan sosial secara sehat.

Anak menunjukkan perasaan bangga terhadap identitas keluarganya, latar belakang budayanya, dan jati dirinya sebagai anak Indonesia yang berlandaskan Pancasila.

Dasar-dasar Literasi dan Sains, Teknologi, Rekayasa, Seni dan Matematika:

Anak menunjukkan kemampuan mengenali dan memahami berbagai informasi seperti gambar, tanda, simbol, dan cerita.

Anak mampu mengomunikasikan pikiran dan perasaan secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan. Anak menunjukkan minat dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca. Anak menunjukkan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi, dan eksperimen.

Anak mengenal, mengembangkan sikap peduli dan tanggung jawab dalam pemeliharaan alam, lingkungan fisik, dan sosial. Anak menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merancang teknologi secara aman dan bertanggung jawab.

Anak menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Anak dapat mengenali dan melihat hubungan antar pola, simbol dan data serta dapat menggunakannya untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari.

Anak mengeksplorasi berbagai proses seni, mengekspresikannya serta mengapresiasi karya seni.