Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru

Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Paradigma Baru, ada 7 Prinsip yang harus diketahui.

Diantara 7 (tujuh) Prinsip ATP tersebut adalah Sederhana dan Informatif, Esensial dan Kontekstual, Berkesinambungan, Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka Belajar, Operasional dan Aplikatif, dan Adaptif dan Fleksibel

7 (tujuh) Prinsip Alur Tujuan Pembelajaran tersebut adalah Sederhana dan Informatif, Esensial dan Kontekstual, Berkesinambungan, Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka Belajar, Operasional dan Aplikatif, dan Adaptif dan Fleksibel

7 Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran

1. Sederhana dan Informatif

Perumusan Alur Tujuan Pembelajaran dipahami oleh penulis sendiri maupun pengguna/pembaca. Hal ini dapat  dilakukan dengan menggunakan istilah atau terminologi yang umum dan tidak bermakna ambigu atau tafsir ganda. Untuk penggunaan istilah khusus, penulis dapat menyertakan penjelasan secukupnya dalam bentuk glosarium.

2. Esensial dan Kontekstual

Memuat aspek pembelajaran yang sangat mendasar atau penting yakni kompetensi,  konten, dan hasil pembelajaran. Selain itu, juga mempertimbangkan penyediaan  pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan atau dunia nyata berupa aktivitas  yang menantang, menyenangkan dan bermakna.

3. Berkesinambungan

Antarfase dan antartujuan pembelajaran saling terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis, dan berjenjang untuk memeroleh Capaian Pembelajaran yang telah ditetapkan dalam  setiap mata pelajaran. Penyusunan dilakukan secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

4. Pengoptimalan tiga aspek kompetensi

Pengoptimalan tiga aspek kompetensi yaitu: pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang berjenjang selaras dengan tahapan kognitif (mengingat, memahami, mengaplikasi,  menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta) serta dimensi pengetahuan (faktual-konseptual-prosedural-metakognitif).

Pengoptimalan juga dilakukan pada  penumbuhan kecakapan hidup (kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif) serta P3 (Beriman, berkebinekaan global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri)

5. Merdeka Belajar

Prinsip utama penyusunan ATP adalah pemahaman istilah merdeka belajar antara lain:

  1. Memerdekakan siswa dalam berpikir dan bertindak pada ranah akademis dan bertanggung jawab secara moral.
  2. Memfasilitasi dan menginspirasi kreativitas siswa dengan  mempertimbangkan keunikan individualnya (kecepatan belajar, gaya dan minat).
  3. Mengoptimalkan peran dan kompetensi guru dalam merumuskan perencanaan dan  pelaksanaan pembelajaran.
6. Operasional dan Aplikatif
Rumusan Alur Tujuan Pembelajaran memvisualisasikan dan mendeskripsikan proses pembelajaran dan penilaian  secara utuh yang dapat menjadi acuan operasional yang aplikatif untuk merancang modul  ajar.

7. Adaptif dan Fleksibel

Sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, karakteristik siswa, dan karakteristik satuan  pendidikan serta mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antarmata pelajaran  serta ruang lingkup pembelajaran yakni intra kurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler.

Hal yang Perlu Diingat Dalam Penyusunan ATP

Perumusan dan penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran berfungsi mengarahkan  guru dalam merencanakan, mengimplementasi dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan sehingga capaian pembelajaran diperoleh secara sistematis,  konsisten, terarah dan terukur.

Penggunaan kata kerja operasional dalam rumusan tujuan pembelajaran memfasilitasi  guru dalam mengidentifikasi indikator atau kegiatan/aktivitas pembelajaran yang tentunya sangat terkait dengan pemilihan materi ajar dan jenis evaluasi pembelajaran  baik formatif maupun sumatif.