Notification

×

Kategori Berita

Cari Artikel

Iklan 1

Iklan 2

Prosedur Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran

Saturday, December 4, 2021 | 12/04/2021 WIB
Pada saat menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Bapak/Ibu guru haru mengikuti 7 Cara dalam penyusunan ATP Kurikulum Paradigma Baru.

7 Prosedur Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran

7 Langkah Menyusun ATP

1. Melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Ada 6 (enam) fase Capaian Pembelajaran, yaitu.

  1. Fase A untuk kelas I dan II
  2. Fase B untuk kelas III dan IV
  3. Fase C untuk kelas V dan VI
  4. Fase D untuk kelas VII, VIII, dan IX
  5. Fase E untuk kelas X
  6. Fase F untuk kelas XI dan XII
2. Identifikasi kompetensi-kompetensi di akhir fase  dan kompetensi-kompetensi sebelumnya yang  perlu dikuasai peserta didik sebelum mencapai  kompetensi di akhir fase.

3. Melakukan analisis setiap elemen dan atau sub elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan  mata pelajaran dan Capaian Pembelajaran pada  Fase tersebut.

Ada 6 (enam) dimensi, yaitu:
  1. beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa dan berakhlak mulia,
  2. mandiri,
  3. bergotong-royong,
  4. berkebinekaan global,
  5. bernalar kritis, dan
  6. kreatif
4. Berdasarkan identifikasi kompetensi-kompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman  bermakna yang akan dipahami dan variasi  keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai  siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

5. Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun  tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana  urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan  dari hari ke hari.

6. Tentukan lingkup materi dan materi utama  setiap tujuan pembelajaran (setiap tujuan  pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu  lingkup materi dan materi utama)

7. Berdasarkan perumusan Tujuan Pembelajaran tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan. Contoh: Tujuan Pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi  pengetahuan 120 menit, keterampilan 480 menit, dan sikap 120 menit.