Notification

×

Kategori Berita

Cari Artikel

Iklan 1

Iklan 2

Konsep Alur Tujuan Pembelajaran, Kurikulum Paradigma Baru

Saturday, December 4, 2021 | 12/04/2021 WIB
Dalam Konsep Alur Tujuan Pembelajaran, alur tujuan pembelajaran ada beberapa face yaitu Kompetensi, Konten, variasi dan Capaian pembelajaran.

Alur Tujuan Pembelajaran

Kompetensi: Kemampuan yang dapat didemontrasikan oleh siswa

Konten: Konsep Utama yang perlu dipahami di akhir satu unit pembelajaran

Variasi: Keterampilan berpikir yang perlu dikuasai siswa untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran

Capaian Pembelajaran: Kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir Fase A

Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru


Contoh Alur Tujuan Pembelajaran

Domain: BILANGAN
Capaian Pembelajaran: Di akhir fase E, peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat (eksponen) dan logaritma,  serta menggunakan barisan dan deret (aritmetika dan geometri).

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran

Konsep Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek  kompetensi yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh  siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran, disusun secara  kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang  menjadi prasyarat menuju CP.

Rumusan tujuan pembelajaran tidak hanya mencakup tahapan kognitif (mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi,  dan mencipta) dan dimensi pengetahuan (faktual, konseptual,  procedural, metakognitif) tetapi juga mengikutsertakan perilaku  capaian seperti kecakapan hidup (kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif) serta profil pelajar Pancasila (Beriman, berkebinekaan  global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri)

Secara operasional komponen Tujuan Pembelajaran dapat memuat 3 aspek berikut ini:

1. Kompetensi
Kompetensi adalah kemampuan yang dapat didemonstrasikan oleh siswa atau  diaktualisasikan dalam bentuk produk atau kinerja (abstrak dan konkret) yang  menunjukkan siswa telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.

Gunakan Kata Kerja Operasional dapat diamati, mengacu pada Taksonomi Bloom yang  direvisi. Contoh: Peserta didik dapat menyajikan solusi utk menangani perubahan kondisi alam di  permukaan bumi akibat faktor manusia

2. Konten
Konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang diperoleh siswa melalui  pemahaman selama proses pembelajaran di akhir satu unit pembelajaran.

Apa ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami di akhir satu unit  pembelajaran? Pertanyaan apa yang perlu dapat dijawab siswa setelah mempelajari unit  tersebut? Contoh: perubahan kondisi alam di permukaan bumi akibat faktor manusia.

3. Variasi
Variasi adalah sebuah keterampilan berpikir apa saja yang perlu dikuasai siswa untuk dapat  mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan tingkat tinggi, seperti mengevaluasi, menganalisis, memprediksi, menciptakan, dan lain  sebagainya

Keterampilan berpikir apa saja yg perlu dikuasai siswa untuk dapat mencapai tujuan  pembelajaran? Gunakan keterampilan berpikir yang bervariasi terutama HOTS.

Contoh: Menganalisa hubungan antara kegiatan manusia dengan perubahan alam di permukaan bumi dan menarik kesimpulan penyebab-penyebab utamanya. Dimana untuk bisa menganalisa hubungan dan menarik kesimpulan, peserta perlu  mengetahui, memahami, mengaplikasi materi tersebut.

Contoh Tujuan Pembelajaran dengan memuat 3 aspek yang telah dijelaskan diatas:

Contoh Tujuan Pembelajaran dengan memuat 3 aspek Kompetensi, Konten, Variasi

  1. Menjelaskan Hukum Newton dengan menggunakan kata-kata dan menceritakan fenomena
  2. Merancang solusi untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang konservasi energi dalam skala rumah tangga
Catatan:
Kompetensi (Kata kerja yang menunjukkan keterampilan/aksi)
Konten (Materi yang dipelajari)
Variasi (penggunaan keterampilan berpikir kreatif, kritis dna tingkat tinggi)