Capaian Pembelajaran Prakarya-Pengolahan SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB

CP Prakarya-Pengolahan SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB. Capaian Pembelajaran Prakarya-Pengolahan SMA pdf.

Capaian Pembelajaran (CP) Prakarya-Pengolahan Setiap Fase. Capaian Pembelajaran Prakarya-Pengolahan SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB

1. Fase A (Umumnya untuk kelas I dan II SD)

Pada akhir Fase A (Kelas I dan II SD) peserta didik mampu membuat produk olahan pangan sehat berdasarkan karakteristik bahan pangan untuk kebutuhan sehari-hari dan memberikan tanggapan.

2. Fase B (Umumnya untuk kelas III dan IV SD)

Pada akhir Fase B (Kelas III dan IV SD) peserta didik mampu membuat produk olahan pangan sehat untuk kebutuhan diri maupun keluarga berdasarkan pengamatan bahan, alat dan langkah-langkahnya, serta memberikan tanggapan.

3. Fase C (Umumnya Kelas V dan VI SD)

Pada akhir Fase C (Kelas V dan VI SD) peserta didik mampu membuat dan menyajikan produk olahan pangan sehat sesuai potensi lingkungan berdasarkan modifikasi bahan, alat atau teknik. Pada fase ini, peserta didik mampu merefleksikan kelebihan dan kekurangan produk yang dibuatnya.

4. Fase D (Umumnya Kelas VII, VIII, dan IX SMP)

Pada akhir Fase D (Kelas VII, VIII dan IX SMP) peserta didik mampu membuat, memodifikasi dan menyajikan produk olahan pangan higienis dan non pangan sesuai potensi lingkungan dan atau kearifan lokal untuk mengembangkan jiwa wirausaha. Pada fase ini, peserta didik mampu memberikan penilaian produk olahan pangan berdasarkan fungsi/nilai budaya/nilai ekonomis secara tertulis dan lisan.

5. Fase E (Umumnya untuk kelas X SMA)

Pada akhir Fase E (Kelas X SMA) peserta didik mampu mengembangkan produk olahan pangan higienis nusantara atau non pangan berdasarkan analisis kebutuhan dan kelayakan pasar melalui eksplorasi bahan, alat dan teknik, serta mempresentasikan secara lisan, visual dan grafis. Pada fase ini, peserta didik mampu mengevaluasi dan memberikan saran produk olahan pangan dan non pangan berdasarkan dampak lingkungan/budaya/ teknologi tepat guna.

6. Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA).

Pada akhir Fase F (Kelas XI dan XII SMA) peserta didik mampu mengembangkan dan/atau menciptakan produk olahan pangan higienis nusantara dan/atau mancanegara atau produk non pangan berdasarkan proposal rancangan usaha melalui analisis kebutuhan, kelayakan pasar, dan kajian ilmiah, serta mempresentasikan produk secara lisan dan tertulis pada media sosial virtual maupun visual. Pada fase ini, peserta didik mengevaluasi dan memberikan kritik serta solusi pengembangan produk olahan pangan dan non pangan sesuai dengan nilai kewirausahaan/dampak lingkungan/teknologi tepat guna.

SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB

KLIK UNTUK DOWNLOAD