Notification

×

Kategori Berita

Cari Artikel

Iklan 1

Iklan 2

Capaian Pembelajaran Prakarya-Rekayasa SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB

Saturday, December 18, 2021 | 12/18/2021 WIB
CP Prakarya-Rekayasa SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB. Capaian Pembelajaran Prakarya-Rekayasa SMA pdf.

Capaian Pembelajaran (CP) Prakarya-Rekayasa setiap Fase. Capaian Pembelajaran Prakarya-Rekayasa SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB Program Sekolah Penggerak

1. Fase A (Umumnya untuk kelas I dan II SD)

Pada akhir Fase A (Kelas I dan II SD) peserta didik mampu membuat produk rekayasa sederhana melalui pengamatan dan identifikasi bahan, teknik, alat dan produk ciptaannya serta memberikan tanggapan dibawah bimbingan.

2. Fase B (Umumnya untuk kelas III dan IV SD)

Pada akhir Fase B (Kelas III dan IV SD) peserta didik mampu menghasilkan produk rekayasa yang memanfaatkan energi melalui pengamatan dan identifikasi potensi lingkungan sekitar serta memberikan tanggapan dibawah bimbingan.

3. Fase C (Umumnya untuk kelas V dan VI SD)

Pada akhir Fase C (Kelas V dan VI SD) peserta didik mampu menghasilkan produk rekayasa yang memanfaatkan energi melalui identifikasi bahan, alat, teknik dan prosedur produk rekayasa energi yang ada. Pada fase ini peserta didik mampu merefleksikan kelebihan atau kekurangan produk ciptaan.

4. Fase D (Umumnya untuk kelas VII, VIII dan IX SMP)

Pada akhir Fase D (Kelas VII, VIII, dan IX SMP) peserta didik mampu menghasilkan rekayasa teknologi tepat guna melalui identifikasi dan rekonstruksi desain produk dan menjelaskan keterkaitan teori, perakitan dan teknik dalam proses produksi. Pada fase ini peserta didik mampu memberikan penilaian produk berdasarkan fungsi dan manfaat secara tertulis dan lisan.

5. Fase E (Umumnya untuk kelas X SMA)

Pada akhir Fase E (Kelas X SMA) peserta didik mampu menghasilkan prototype/dummy/model produk rekayasa teknologi terapan melalui analisis kebutuhan dan nilai guna secara mandiri dan atau kelompok serta dipresentasikan secara lisan dan tertulis. Pada fase ini peserta didik mampu mengevaluasi dan memberikan saran perbaikan berdasarkan analisis dampak lingkungan/teknologi terapan.

6. Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA)

Pada akhir Fase F (Kelas XI dan XII SMA) peserta didik mampu membuat produk rekayasa teknologi terapan berdasarkan proposal rancangan produk yang dihasilkan melalui kajian ilmiah, analisis kebutuhan dan kelayakan fungsi serta mempresentasikan produk secara lisan dan tertulis pada media visual dan virtual. Pada fase ini peserta didik mampu mengevaluasi dan memberikan saran perbaikan berdasarkan analisis dampak lingkungan/teknologi terapan.

SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB

KLIK UNTUK DOWNLOAD