Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal P3K Kompetensi Teknis Bahasa Indonesia Tahun 2021 #3

Soal P3K Guru Bahasa Indonesia SMP. Soal P3K Kompetensi Teknis Bahasa Indonesia Tahun 2021. Pembahasan Soal P3K Kompetensi Teknis. Jawaban Soal P3K

Soal P3K Guru Bahasa Indonesia SMP (21-30)

Soal 21
Bacalah dengan cermat teks argumentasi berikut ini!
Musim kemarau saat ini merupakan kemarau paling parah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Selama 6 bulan, hujan tidak turun yang menyebabkan tanah dan sumber air jadi kering. Menurut BMKG, diperkirakan tahun sekarang ini hujan baru akan turun pada bulan depan. Apabila hal itu terjadi, maka bisa dipastikan fenomena kemarau tahun ini bukanlah sekadar kemarau biasa karena terjadi selama 7 bulan. Padahal, sebelumnya ramalan BMKG menyatakan bahwa kemarau tahun ini terjadi hanya selama 5 bulan. Dengan ketidaktepatan ramalan itu, banyak petani merugi karena gagal panen.

Kesimpulan isi teks tersebut adalah sebagai berikut ...
A. Ramalan BMKG tidak tepat
B. Ramalan BMKG tidak selalu tepat
C. Ramalan BMKG selalu tidak tepat
D. Ramalan BMKG selalu tepat

Pembahasan
Jawaban B
Hal yang penting dilakukan dalam menyimpulkan isi teks adalah: menemukan informasi pokok tiap paragraf kemudian merangkai informasi pokok tiap paragraf tersebut. Simpulan adalah pernyataan akhir yang berisi intisari gagasan yang dipaparkan sebelumnya. Simpulan harus berisi pernyataan yang menggambarkan isi teks secara keseluruhan.

Soal 22
Bacalah dengan cermat teks pidato berikut ini!
Assalamu’alaikum Wr. Wb,
Marilah puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita dapat berkumpul pada acara hari ini. Ucapan terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada rekan rekan guru dan anak-anak ku tercinta siswa siswi di lingkungan sekolah tercinta kita ini.
Hadirin yang saya cintai, lingkungan di sekitar kita seharusnya bisa mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kebersihan, ketertiban, dan kenyamanan. Alangkah tidak bijaknya jika sekolah di mana kita tinggal dan menuntut ilmu ini terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak lagi nyaman. Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, terasa sejuk, dan menentramkan sehingga kita bisa belajar dengan nyaman. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan agar kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai terus dijaga. Setiap kelas seharus mengatur kedisiplinan dalam menjaga kebersihan, ketertiban, dan kenyamanan kelas. Setiap siswa yang mendapat jadwal piket, sudah selayaknya datang lebih awal untuk membersih kelas sehingga pembelajaran berjalan nyaman.
Akhir kata, saya sampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini. Jika ada salah kata saya mohon bisa dimaa􀅅 an
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Rangkuman isi teks pidato di atas adalah ...
A. Kita harus senantiasa memanjatkan puji syukur kepada Allah pada awal berpidato.
B. Kita harus senantiasa menjaga kebersihan, ketertiban, dan kenyamanan.
C. Kita harus senantiasa berterima kasih jika mendapat kesempatan untuk berpidato.
D. Siswa harus disiplin dalam menjaga kebersihan, ketertiban, dan kenyamanan kelas.
E. Pada awal dan akhir pidato kita harus selalu menyampaikan salam.

Pembahasan
Jawaban B
Hal yang penting dilakukan dalam menyimpulkan/merangkum isi teks adalah: menemukan informasi pokok tiap paragraf kemudian merangkai informasi pokok tiap paragraf tersebut. Ringkasan berisi intisari teks atau paparan yang disajikan. Paragraf tersebut berisi tentang kiat mengatur waktu secara efektif. Oleh karena itu, ringkasan yang tepat adalah opsi B.

Soal 23
Bacalah dengan cermat teks laporan hasil observasi berikut ini!
Komodo
Komodo adalah jenis hewan melata terbesar dan terberat (kurang lebih 100 kg) yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Komodo hidup di semak-semak belukar dan di sejumlah hutan yang ada di Indonesia.
Komodo yang paling besar di Indonesia dan pernah diukur tinggi serta beratnya yaitu beratnya mencapai 166 kg dan panjangnya mencapai tiga meter, tetapi umumnya panjang dan berat binatang komodo ini hanya sekitar 2,5 meter dengan berat sekitar 91 kilogram. Namun, untuk beberapa jenis komodo memang ada yang mencapai panjang dan berat yang melebihi rata-rata.
Komodo memiliki jenis kulit yang bersisik, berwarna abu-abu, bentuk moncongnya lancip, bagian tungkai lengannya kuat, dan memiliki ekor yang berotot. Untuk mendeteksi keberadaan mangsanya, yaitu bangkai binatang, komodo menggunakan indera penciumannya yang cukup kuat. Walaupun jaraknya beberapa meter di depan, namun ia sudah dapat menciumnya. Selain itu, komodo juga bisa memangsa binatang melata lainnya sepertijenis-jenis binatang mamalia yang berukuran besar. Hampir di semua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi sehingga bagian giginya tidak terlihat. Uniknya, saat ia sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah karena hal itu menjadi media yang ideal untuk berkembangnya bakteri berbahaya. Bakteri yang hidup di dalam mulut komodo tersebut, akan menyebabkan darah korban yang ia gigit keracunan. Komodo akan menggigit mangsanya lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak berdaya. Namun sayangnya, binatang melata ini terancam punah. Hal ini disebabkan oleh para pemburu binatang yang tidak bertanggung jawab sehingga habitatnya menjadi rusak.

Rangkuman paling lengkap untuk teks tersebut di atas adalah ...
A. Komodo adalah binatang melata berkulit abu-abu, bersisik, bermoncong lancip, serta berlengan dan berekor kuat. Binatang pemakan bangkai dan binatang mamalia lain yang memiliki daya penciuman yang tajam dan gusi beracun ini sekarang hampir punah.
B. Komodo adalah binatang yang hidup di semak-semak belukar hutan Indonesia. Komodo adalah binatang pemakan bangkai dan binatang mamalia lainnya. Komodo saat ini hampir punah.
C. Komodo adalah hewan melata terbesar dan terberat di Indonesia. Komodo termasuk binatang pemakan daging yang saat ini hampir punah.
D. Komodo memiliki gusi beracun yang gigitannya membuat mangsa keracunan, lemas, dan tidak berdaya. Komodo saat ini hampir punah karena habitatnya dirusak oleh pemburu binatang yang tidak bertanggung jawab.
E. Komodo termasuk binatang yang dilindungi karena termasuk binatang melata terbesar dan terberat. Binatang ini memiliki kaki dan ekor yang kuat. Kulitnya bersisik, berwarna abu-abu

Pembahasan
Jawaban A
Cara merangkum teks Laporan Hasil Observasi adalah dengan menyusun kerangka laporan dengan mencari informasi pokok yang ada dalan teks tersebut. Informasi pokok dalam teks berjudul “Komodo” adalah definisi fisik dan habitat komodo, maka rangkuman yang sesuai dengan informasi tersebut adalah jawaban A.

Soal 24
Bacalah dengan cermat teks eksposisi berikut ini!
(1) Pendidikan merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan manusia karena melalui pendidikan seseorang dapat membentuk jatidiri dan karakternya. (2) Oleh karena itu, dengan kurikulum 2013, pemerintah ikut berperan dalam membentuk karakter anak bangsa melalui pen didikan. (3) Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang lebih mengutamakan kemampuan sis wa secara personal atau memberi kesempatan kepada siswa untuk menggali potensi diri. (4) Para siswa tentu saja memiliki bakat, potensi, dan kecerdasan dalam bidang yang tidak sama dan harus diberi kesempatan atau difasilitasi untuk mengembangkannya. (5) Siswa yang tidak berprestasi bagus dalam pelajaran tentu bukan berartiia bodoh, ia pastimemiliki potensi di bidang yang lain. (6) Melalui kurikulum pendidikan terbaru, yaitu kurikulum 2013, pemerintah berupaya mewujudkan pendidikan karakter itu. (7) Melalui kurikulum ini pemerintah berusaha menggali potensi dan menanamkan karakter kepada siswa. (8) Diharapkan siswa memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemandirian, serta rasa toleransi yang tinggi. (9) Berdasarkan uraian di atas, pendidikan karakter merupakan cara bagi siswa untuk membentuk diri sebagai manusia yang cerdas dan berkarakter.

Tesis teks eksposisi di atas terletak pada kalimat ...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 4 dan 5
D. 6 dan 7
E. 8 dan 9

Pembahasan
Jawaban A
Teks Eksposisi dikembangkan berdasarkan gagasan pokok yang dinyatakan dalam tesis atau pernyataan pendapat. Untuk menguatkan pendapat tersebut digunakanlah argumen-argumen yang mewujud dalam gagasan penjelas. Pernyataan pendapat dalam teks eksposisi pada soal ada di kalimat (1) dan (2) tentang pentingnya pendidikan dan pendidikan karakter, sedangkan kalimat lain merupakan argumen yang memperjelas tesis.

Soal 25
Bacalah dengan cermat teks argumentasi berikut ini!
(1) Jumlah kecelakaan di jalan raya tahun ini melonjak tajam dan paling parah dari lima tahun terakhir. (2) Menurut data yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian, tahun lalu jumlah kasus kecelakaan di jalan mencapai 4.500 kasus, bandingkan dengan tahun ini yang sudah mencapai 5.300 kasus pada H + 2 lebaran, sehingga dipastikan akan semakin bertambah jumlahnya. (3) Dari 5. 300 kasus tersebut, persentase yang paling banyak adalah kendaraan bermotor. (4) Melonjaknya angka kecelakaan ini disebabkan oleh bertambahnya jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor. (5) Demikian juga, semakin meningkatnya daya beli masyarakat untuk memiliki kendaraan berotor.(6) Di samping itu, masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk tertib dan cermat berlalu lintas.

Argumen yang tidak mendukung tesis terdapat pada kalimat ...
A. ke-2
B. ke-3
C. ke-4
D. ke-5
E. ke-6

Pembahasan
Jawaban D
Teks Eksposisi dikembangkan berdasarkan gagasan pokok yang dinyatakan dalam tesis atau pernyataan pendapat. Untuk menguatkan pendapat tersebut digunakanlah argumen-argumen yang mewujud dalam gagasan penjelas.
Gagasan pokok pada teks di soal adalah peningkatan jumlah angka kecelakaan di jalan raya selama kurun waktu lima tahun terakhir. Kalimat utama ada di kalimat (1), sedangkan kalimat lain adalah gagasan penjelas. Hanya kalimat (5) yang tidak mendukung karena berisi informasi tentang daya beli masyarakat akan kendaraan bermotor, yang tidak berkaitan dekat dengan kenaikan angka kecelakaan di jalan raya.

Soal 26
Bacalah dengan cermat teks eksplanasi berikut ini!
(1) Banjir adalah fenomena (bencana alam) yang terjadi disebabkan aliran sungai yang tidak mampu menahan debit air yang masuk. Akibatnya, air tersebut meluap hingga pemukiman warga. (2) Penyebab banjir dapat dibagi menjadi dua yakni karena faktor alam dan faktor sosial. (3) Faktor alam yang menyebabkan terjadinya banjir ialah tingginya intensitas dan curah hujan yang terjadi ditambah dengan buruknya saluran air dan tidak adanya daerah resapan air yang dengan kata lain akan menambah buruk dampat banjir. (4) Faktor sosial yang menjadi penyebab terjadinya banjir ialah faktor pertumbuhan penduduk yang pada akhirnya manusia mengubah lahan hijau dan daerah resapan air menjadi pemukiman warga.

Pernyataan umum teks eksplanasi di atas terdapat pada kalimat ...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 2 dan 4
E. 1 dan 3

Pembahasan
Jawaban A
Salah satu bagian struktur teks eksplanasi adalah identifi kasi fenomena yang dituliskan dalam pernyataan umum atau identifi kasi tentang sebuah fenomena. Untuk itu, pernyataan umum yang tepat untuk mengawali identifi kasi fenomena adalah kalimat (1) dan (2), sedangkan untuk kalimat (3) dan (4) sudah merupakan bagian penggambaran rangkaian kejadian

Soal 27
Bacalah dengan saksama teks eksplanasi berikut!
Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.610 pulau yang tersebar, tetapi baru hanya 35 pulau yang ditempatioleh penduduk. Perlu diketahui bahwa 75% spesies ikan di dunia ini berada di perairan Raja Ampat. Lautan di Raja Ampat adalah ekosistem alam yang masih terjaga kelesetariannya hingga kini.
Kepulauan Raja Ampat ini sekarang menjadi tujuan para pecinta diving yang tertarik akan pesona pemandangan bawah lautnya. Kegiatan diving (penyelaman bawah laut) dan snorkeling di Raja Ampat menunjukkan pesona alam bawah laut yang begitu sempurna dan indah, dengan berbagai jenis spesies ikan serta terumbu-terumbu karang yang hidup natural. Untuk diving, Anda akan ditemani oleh ahlinya dan menggunakan peralatan menyelam yang lengkap. Jika Anda pernah melakukan diving di pantai-pantai lain, maka Anda akan begitu takjub terhadap keindahan bawah laut Raja Ampat Papua.

Kesalahan kalimat kausalitas yang bercetak tebal pada teks tersebut yaitu ...
A. Kalimat sebab tidak sesuai ide pokok
B. Kalimat sebab mendukung ide pokok
C. Kalimat akibat tidak menegaskan sebab
D. Kalimat akibat dapat dibantah kebenarannya
E. Kalimat bercetak tebal bukan kalimat kausalitas

Pembahasan
Jawaban C
Pada teks tersebut yang merupakan kalimat kausalitas ditunjukkan oleh: Perlu diketahui bahwa 75% spesies ikan di dunia ini berada di perairan Raja Ampat. Lautan di Raja Ampat adalah ekosistem alam yang masih terjaga kelesetariannya hingga kini. (sebab) Kepulauan Raja Ampat ini sekarang menjadi tujuan para pecinta diving yang tertarik akan pesona pemandangan bawah lautnya. (akibat) Akan tetapi, kalimat akibat seolah tidak menegaskan kalimat sebab. Kalimat akibat perlu diperbaiki, misalnya Oleh sebab itu, Kepulauan Raja Ampat ini sekarang menjadi tujuan para pecinta diving yang tertarik akan pesona pemandangan bawah lautnya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah opsi C.

Soal 28
Bacalah dengan cermat teks laporan hasil observasi berikut ini!

Mengenal Kelinci Pedaging Di Jawa
(1) Kelinci pedaging di Jawa merupakan binatang yang termasuk dalam kategori mamalia, yakni binatang yang beranak dan menyusui anaknya. (2) Sebelum diternak, binatang ini merupakan hewan liar yang terdapat di daerah Afrika dan Eropa. (3) Bersamaan dengan kolonialisasi bangsa eropa khususnya di daerah Asia, kelinci mulai dibawa ke negri-negri jajahan untuk dikembangbiakkan. (4) Pulau Jawa termasuk salah satu pulau yang mendapatkan kelinci dari negri Belanda. (5) Hewan yang rata-rata bisa hidup sampai 5 hingga 10 tahun ini masa produktifnya ketika berumur 1-3 tahun. (6) Pada usia ini kelinci mampu menghasilkan banyak anak, yakni 6-8 ekor dengan masa bunting 30-35 hari. (7) Sebagai binatang pengerat, kelinci sangat menyukai umbi-umbian sepertiwortel, ubi, atau singkong. (8) Harga kelinci pedaging sangat bervariasi. (9) Setidaknya kelinci pedaging bisa laku antara 50 sampai dengan 80 ribu rupiah per ekor. (10) Harga sepasang kelinci indukan berkisar antara 200-250 ribu rupiah. (11) Kelinci merupakan salah satu hewan ternak yang menguntungkan. (12) Binatang ini sangat gampang dipelihara dan jarang terserang penyakit. (13) Secara ekonomis, beternak kelinci masih menjadi peluang usaha yang menguntungkan mengingat biaya perawatan dan produksinya tidaklah mahal

Kalimat yang termasuk pada bagian pendahuluan adalah kalimat ...
A. 1 s.d. 2
B. 1 s.d. 3
C. 1 s.d. 4
D. 1 s.d. 5
E. 1 s.d. 6

Pembahasan
Jawaban C
Kalimat (4) – (10) berisi perincian bagian- bagian hal yang dilaporkan. Kalau binatang mencakup ciri fisik, habitat, makanan, perilaku. Kalau tumbuhanberupa perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian yang lain. Perincian manfaat dan nutrisi juga dipaparkan padabagian ini. Kalau yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifi kasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek. Oleh karenanya bagian ini disebut deskripsi bagian. Kalimat (1) – (3) merupakan bagian pernyataan atau defi nisi umum yang berisi defi nisi, kelas atau kelompok, keterangan umum atau informasi tentang subjek yang dilaporkan (dalam hal ini adalah kelinci). Kalimat (11)- (13) merupakan bagian simpulan yang berisi ringkasan umum tentang hal yang dilaporkan.

Soal 29
Bacalah dengan cermat teks diskusi berikut ini!
(1) Bahaya pemakaian narakoba sudah banyak diketahui masyarakat, tetapi sampai kini masih ditemukan penyalahgunaannya. (2) Narkoba adalah narkotika dan obat-obatan berbahaya yang merupakan zat adiktif atau psikotropika yang dapat memberi efek ketagihan pada penggunanya serta menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh bila digunakan terus-menerus dalam dosis yang berlebihan. (3) Narkoba dianggap berbahaya karena sudah banyak contoh dampak negatifnya: gangguan kinerja jantung, pembuluh darah, peningkatan tekanan darah, kerusakan otak, gangguan paru, gangguan fungsi reproduksi, penurunan nafsu makan dan berat badan, mual, muntah, dan AIDS. (4) Namun, di sisi lain, ada anggapan bahwa pemakaian narkoba itu tidak sepenuhnya buruk jika digunakan dengan benar; terutama pemakaiannya dalam dunia kedokteran. (5) Misalnya, untuk pembiusan dan campuran obat tertentu dengan dosis yang tepat. (6) Artinya, pemakaian narkoba secara ilegal, berlebihan, dan tidak dalam pengawasan dokter harus dihindari.

Bagian teks diskusi yang merupakan bagian isi terdapat pada kalimay ...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 5 dan 6

Pembahasan
Jawaban A
Struktur teks diskusi terdiri atas pendahuluan, isi, dan simpulan. Bagian pendahuluan berisi pernyaan untuk membatasai topik, latar belakang topik, dan sudut pandang berbeda yang akan dibahas, kalimat (1) dan (2). Bagian isi teks diskusi berisi dua atau tiga paragraf atau kalimat dengan argumen setuju (pro) dan alasannya serta contoh yang mendukung gagasan. Dua atau tiga paragraf dengan argumen atau kalimat tidak setuju (kontra) dan alasannya serta contoh yang mendukung gagasan. Kalimat (3) merupakan argumen yang bersifat kontra, sedangkan kalimat (4) bersifat pro, kalimat (5) dan (6) merupakan argumen pendukung bagian isi.

Soal 30
Bacalah dengan cermat paragraf rumpang berikut ini!
......
Membeli kendaraan ibarat dua sisi mata uang. Di satu sisi, membeli kendaraan mungkin dibutuhkan
oleh mereka yang kesulitan mengakses transportasi publik. [....] Berbeda dengan rumah, nilai
kendaraan, baik itu mobil maupun motor, akan mengalami depresiasi.
....
[liputan6.com, 13 Juni 2017, 07:42 WIB, dengan perubahan]

Pernyataan berikut yang sesuai untuk mengisi bagian rumpang [...] pada teks di atas adalah ...
A. Di sisi lain, jika untuk membelinya harus mengutang, mereka bisa terjebak dalam kubangan utang yang buruk.
B. Di lain pihak, dalam membelinya mereka harus mengutang, sehingga terjebak dalam kubangan utang yang buruk.
C. Lain halnya, jika untuk membelinya harus mengutang, mereka bisa terjebak dalam kubangan utang yang buruk.
D. Di lain sisi, dalam membelinya mereka harus mengutang, sehingga terjebak dalam kubangan utang yang buruk.
E. Dalam hal itu, untuk membelinya mereka harus mengutang, sehingga terjebak dalam kubangan utang yang buruk.

Pembahasan
Jawaban A
Teks eksplanasi terdiri atas identifi kasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan ulasan. Identifi kasi fenomena terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena lain. Penggambaran rangkaian ke jadian berisi perincian atas kejadian yang relevan dengan identifi kasi fenomena. Bagian ini disusun dengan pola kausalitas ataupun kronologis. Sementara ulasan berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya. Untuk melengkapi kalimat pada teks eksplanasi tergantung pada kalimat sebelum dan sesudahnya dengan mengedepankan kepaduan ide

Download Kumpulan Soal Kompetensi Teknis P3K

Bergabung ke dalam grup Belajar Telegram

Yuk segera bergabung ke dalam grup Telegram untuk mendapatkan Informasi TerUpdate. Untuk bergabung ke dalam grup Telegram bisa langsung klik tombol di bawah ini.