Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal P3K Kompetensi Teknis Bahasa Indonesia Tahun 2021 #2

100 Soal Bahasa Indonesia Bidang kompetensi Teknis P3K. Soal dan Jawaban P3k Kompetensi Teknis. Pembahasan Soal Kompetensi Teknis P3K. P3K kompetensi

Soal P3K Guru Bahasa Indonesia SMP (11-20)

Soal 11
Bacalah dengan cermat paragraf berikut ini!
Tempe adalah makanan tradisional yang sangat bergizi. Tempe bisa dibuat dari kedelai. Kedelai yang dipakai untuk membuat tempe bisa kedelai hitam atau putih. Untuk membuat tempe, kedelai direbus, dikupas kulit arinya, ditiriskan, diberi ragi, dan dibungkus. Melalui analisis, dapat disimpulkan bahwa paragraf tersebut ...
A. Koheren
B. Kohesif
C. Koheren tetapi tidak kohesif
D. Kohesif dan koheren
E. Kohesif tetapi tidak koheren

Pembahasan
Jawaban E
Syarat paragraf yang baik adalah memiliki kesatuan dan kepaduan makna.
Kohesif itu bermakna berpadu, melekat satu dengan yang lain.
Koheren itu bermakna berhubungan, bersangkut paut, runtut.
Paragraf tersebut sudah memenuhi kaidah kepaduan atau kohesif karena informasi yang disampaikan berkaitan dengan tempe. Akan tetapi, paragraf tetsebut belum memenuhi kaidah keoherensi karena keruntutan informasinya belum tercapai. Hal tersebut tampak dari informasi yang terkandung dalam kalimat demi kalimat.

Soal 12
Bacalah dengan cermat penggalan paragraf berikut ini!
...
Legislator mengusulkan kepada Dinas Pariwisata Kota Surabaya agar semua bangunan cagar budaya di Kota Pahlawan diberi prasastiatau piagam yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama. [...], Dinas Pariwisata Pemkot Surabaya diminta melakukan inventarisasi jumlah bangunan yang masuk kategori cagar budaya.
...
[Kompas.com, 14-6-2017, 19:22 WIB, dengan perubahan]

Agar penggalan paragraf di atas kohesif, pada posisi [...] di atas, paling tepat diisi dengan konjungsi antar kalimat berikut ini ....
A. Walaupun begitu
B. Malahan
C. Oleh karena itu
D. Jikalau demikian
E. Dengan demikian

Pembahasan
Jawaban C
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian paragraf yang rumpang adalah konjungsi yang menyatakan akibat. Oleh karena itu, konjungsi yang tepat untuk digunakan adalah ‘oleh karena itu’.

Soal 13
Bacalah dengan cermat teks deskripsi berikut ini!
Rumah Dani terletak di depan rumahku. Di halaman rumahnya terdapat pohon mangga besar yang membuat suasana terasa teduh dan segar. Bunga-bunga indah menghiasi bagian depan rumahnya dan terasa harmonis dengan dinding rumah berwarna putih dengan pintu dan jendela berwarna hijau. Lantai keramik berwarna putih bersih di teras rumahnya membuat keharmonisan itu menjadi sempurna.
Jika ditinjau berdasarkan isinya, teks tersebut termasuk teks deskriptif ...
A. Objektif
B. Spasial
C. Temporal
D. Subjektif
E. Identifi kasional

Pembahasan
Jawaban E
A. Teks deskriptif objektif adalah teks yang penggambaran objeknya apa adanya menurut keadaan objek yang sebenarnya tanpa penambahan opini dari penulis.
B. Teks deskriptif spasial adalah teks deskriptif yang penggambaran objeknya hanya berupa tempat, benda, ruang, dan lainnya.
C. Teks deskripsi temporal adalah teks deskripsi yang menggambarkan keadaan objek dalam waktu tertentu
D. Teks subjektif objektif adalah teks deskriptif yang penggambaran objeknya menurut kesan yang dimiliki oleh penulis teks.
E. Teks deskripsi identifi kasional adalah teks deskripsi yang menggambarkan objek secara identifi katif, yaitu menggambarkan keberadaan objek tersebut dalam hubungannya/posisinya dengan objek lain

Soal 14
Bacalah dengan cermat teks eksplanasi berikut ini!
(1) Sampah merupakan benda yang tercipta dari sisa sisa produksi, konsumsi dan bekas pemakaian manusia. (2) Sampah merupakan sebuah fenomena umum yang dapat kita temukan di sekitar kita dan di sepanjang zaman. (3) Sampah sering kali menjadi permasalahan besar bagi kehidupan di sekitarnya. (4) Jika tidak diatasi dengan benar, permasalahan sampah ini bisa menimbulkan berbagai per masalahan baru, misalnya timbulkan berbagai penyakit, bencana, dan berbagai dampak negatif ter hadap lingkungan. (5) Pembuang sampah ke sungai yang dilakukan secara terus menerus, akhirnya akan menjadi tumpukan yang dapat menyumbat aliran air dan menyebabkan pendangkalan sungai. (6) Pada gilirannya, berkurangnya fungsi sungai ini akan menyebabkan banjir ketika debit air bertambah besar. (7) Pada dasarnya untuk menyelesaikan permasalahan sampah dan dampak negatifnya itu diperlukan partisipasi dari semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah. (8) Dengan langkah kecil, misalnya membuang sampah pada tempatnya, secara tidak langsung kita dapat mengurangi potensi terjadiya permasalahan di atas.

Bagian teks eksplanasi tersebut di atas yang merupakan interpretasi terdapat pada kalimat ...
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 5 dan 6
D. 6 dan 7
E. 7 dan 8

Pembahasan
Jawaban E
Interpretasi merupakan bagian penutup dari teks eksplanasi. Bagian teks ini bersifat opsional, artinya bersifat pilihan dan bukan keharusan.
Teks penutup ini merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Opsionalnya dapat berupa tanggapan maupun mengambil simpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

Soal 15
Bacalah dengan cermat teks berikut ini!
Menurut bijinya, tumbuhan diklasifi kasikan menjadi dua macam, yakni tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil. Tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan yang mempunyai biji berkeping satu. Tumbuhan jenis ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: (1) Akar serabut dan menyebar ke semua arah, (2) Batangnya tidak berkaya, (3) Bercabang dan mempunyai ruas-ruas, (4) Daunnya memanjang dan tulang daun yang memanjang, dan (5) tumbuhan yang masuk dalam kelas ini adalah seperτ€†Ÿ pohon pisang, tebu, rumput, dan lain sebagianya.

Teks deskripsi klasifi kasi di atas memiliki kesalahan yang terdapat pada kalimat ...
A. ke-1
B. ke-2
C. ke-3
D. ke-4
E. ke-5

Pembahasan
Jawaban D
Kalimat klasifi kasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut. Adanya kata-kata tertentu di dalamnya, misalnya kata-kata ‘antara lain’, ‘digolongkan’, ‘terdiri atas’, dll.
Bersifat informatif, artinya kalimat berisi informasi-informasi yang bersumber dari fakta yang dapat dipercaya, dapat dipertanggungjawabkan. 
Berisi penggolongan suatu hal, artinya kalimat tersebut merupakan suatu kalimat yang berisi penggolongan suatu hal menjadi kategori-kategori tertentu. Penggolongan bisa berdasarkan karakteristik, ciri, atau indikator lain yang terkandung dalam objek atau kata yang hendak diklasifi kasikan oleh kalimat tersebut.
Kalimat ke-5 bukan merupakan ciri dari tumbuhan monokotil, namun merupakan contoh tumbuhan monokotil.

Soal 16
Bacalah dengan cermat penggalan teks ulasan berikut ini!
Buku kumpulan cerpen “Hujan Kepagian” ini cukup menarik karena buku ini menceritakan kesaksian tentang revolusi kemerdekaan. Di samping itu, hanya sedikit karya sastra yang menampilkan kisahkisah di sekitar revolusi yang dialami oleh si pengarang. Selain itu, buku ini juga memilliki amanat yang mengajak kita generasi muda untuk tetap berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa ini dan selalu berbuat baik.
Sebagai ulasan, teks tersebut belum menyampaikan ...
A. Kelebihannya
B. Kekurangannya
C. Kekuatannya
D. Penjelasannya
E. Perbandingannya

Pembahasan
Jawaban B
Ulasan harus memuat kelebihan dan kelemahan/kekurangan buku.

Soal 17
Bacalah dengan cermat teks berita berikut ini!
Sejumlah titik longsor bermunculan di Kabupaten Garut Jawa Barat usai hujan melanda di daerah itu selama hampir sepekan. Di Kampung Cigedogan Desa Mekarjaya Garut misalnya, tebing setinggi 10 meter dilaporkan ambruk dan menutup akses transportasi dari Kecamatan Bungbulang menuju Kecamatan Caringin. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun material berupa tanah dan batuan setebal tiga meter menutupi akses jalan sepanjang 10 meter. “Kami bersama warga sedang mengupayakan agar kendaraan roda dua bisa lewat jalur tersebut, sambil menunggu alat berat dari Provinsi Jabar,” ujar Camat Bungbulang Heri Hermawan, Senin, 29 Mei 2017. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Imat menambahkan bencana longsor juga menimpa akses transportasi di jalur Kecamatan Cikajang. (7) Di mana ada tiga kecamatan, yakni Banjarwangi, Singajaya dan Peundeuy yang kini terputus. “Masyarakat masih berupaya membersihkan material tanah yang menutupi badan jalan,” ujarnya. 

Pada teks di atas, akses jalan yang terputus akibat bencana tanah longsor sebanyak ...
A. Satu akses
B. Dua akses
C. Tiga akses
D. Empat akses
E. Lima akses

Pembahasan
Jawaban B
Cara menemukan makna dalam teks berita adalah menemukan atau menangkap informasi pokok dalam teks atau paragraf. Informasi pokok dalam teks berita tersebut adalah bahwa akses jalan yang terputus akibat bencana tanah longsor sebanyak dua akses.

Soal 18
Bacalah dengan cermat teks prosedur berikut ini!
Untuk menggantiaki lama dengan aki baru langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melepas aki dengan benar. Agar terhindari dari korsleting, lepaskan kabel, baut dan klem pada kutub negatifnya terlebih dahulu, baru kemudian dilanjutkan pada kutub positifnya. Setelah semua kabel dan klem terlepas, angkat aki tersebut secara tegak lurus agar cairan dalam aki tidak tumpah.

Yang menjadi tujuan teks prosedur di atas adalah ...
A. Agar cairan dalam aki tidak tumpah
B. Agar terhindar dari korsleting
C. Menggantiaki lama dengan aki baru
D. Melepas aki dari dudukan dengan benar
E. Melepas semua kabel dan klem pada aki

Pembahasan
Jawaban C
Bagian tujuan dari teks prosedur berisi tujuan dibuatnya teks prosedur atatu hasil akhir yang akan
diperoleh. Biasanya informasi tersebut juga tergambar dalam judul

Soal 19
Bacalah dengan cermat teks persuasi berikut ini!
Menggunakan pupuk berbahan dasar kimia memang bisa mempercepat pertumbuhan tanaman dan dapat meningkatkan hasil panen. Namun, pupuk kimia memiliki dampak negatif bagi lingkungan sekitarnya karena pupuk ini bisa mencemari lingkungan. Bahkan, pupuk ini juga bisa membuat buah-buahan yang dihasilkan terkontaminasi oleh zat-zat kimia yang berbahaya buat tubuh manusia.
Oleh karena itu, tinggalkanlah pupuk kimia dan beralihlah ke pupuk kompos karena selain harganya murah, pupuk kompos juga aman dan tidak menimbulkan efek negatif bagi buah yang dihasilkan.

Tujuan teks persuasi di atas adalah ...
A. Meninggalkan pupuk kimia karena memiliki dampak negatif
B. Menggunakan pupuk kimia karena dapat mempercepat pertumbuhan tanaman
C. Menghindari pupuk kimia karena bisa menimbulkan kontaminasi pada buah
D. Mengajak menggunakan pupuk kompos karena murah, aman, dan tidak menimbulkan efek negatif pada buah
E. Mengajak meninggalkan pupuk kimia karena berbahaya bagi tubuh manusia

Pembahasan
Jawaban D
Tujuan teks persuasi, secara umum, adalah untuk meyakinkan pembaca.
Tujuan tersebut memang masih sangat luas atau umum, maka tujuan dari teks persuasi perlu dikerucutkan lagi menjadi informasi apa yang ingin diyakinkan kepada pembaca, sesuai dengan topik yang diangkat dalam teks persuasi tersebut.
Dengan demikian, tujuan teks prosedur akan spesifik sesuai dengan informasi dalam teks tersebut.

Soal 20
Bacalah dengan cermat teks narasi berikut ini!

GEMPA BUMI
Saya akan menceritakan pengalaman saya yang terjadi minggu kemarin yang berhubungan dengan gempa bumi. Ketika gempa bumi terjadi, saya sedang mengendarai mobil. Waktu itu saya berada dalam perjalanan pulang dari Kota Mataram.
Tiba-tiba saya merasakan adanya hentakan keras pada mobil saya. Saya pikir waktu itu ban mobil saya meletus. Saya tidak sadar jika saat itu sedang terjadi gempa bumi. Saya baru sadar ketika saya melihat tiang listrik dan telepon yang ada di kanan kiri saya ambruk, berjatuhan sepertibatang korek api yang ringan. Saya juga melihat batu-batu besar berserakan di sepanjang jalan. Mobil saya terperangkap di tengah batu-batu yang berserakan tersebut. Saya tidak bisa menggeser mobil saya ke depan atau ke belakang karena batu-batu tersebut merintangi jalan saya.
Sepertinya tidak ada satupun yang dapat saya lakukan untuk meneruskan perjalanan. Karena putus asa, saya tinggalkan mobil saya dan memilih berjalan kaki menuju rumah.
Sesampainya di kampung halaman saya, saya terkejut karena tidak ada satu rumah pun yang tersisa. Semuanya rata dengan tanah. Gempa bumi tersebut ternyata membuat kerusakan yang demikian besar pada kampung saya. Meskipun demikian, saya bersyukur karena tidak ada satu pun keluarga atau warga kampung saya yang terluka serius.

Isi teks narasi tiga paragraf tersebut di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut ...
A. Seseorang mengalami peristiwa gempa bumi dalam perjalanan dari Kota Mataram ke rumah. Walaupun gempa bumi itu menyebabkan kerusakan besar terhadap rumah rumah penduduk, keluarga dan warga kampungnya tidak satu pun yang terluka serius.
B. Seseorang mengalami peristiwa gempa bumi dalam perjalanan dari Kota Mataram ke rumah. Mobilnya terperangkap di tengah bebatuan. Ia berjalan kaki menuju rumah dan bersyukur karena keluarganya tidak ada yang terluka serius.
C. Peristiwa gempa bumi terjadi di Kota Mataram. Mobil seseorang terperangkap di tengah bebatuan. Karena putus asa, ia berjalan kaki menuju rumahnya. Ia bersyukur karena tidak sat pun keluarganya yang terluka serius.
D. Peristiwa gempa bumi terjadi di Kota Mataram ketika orang itu dalam perjalanan menuju rumahnya. Peristiwa itu menyebabkan kerusakan besar. Walaupun demikian, tidak menimbulkan korban luka serius.
E. Teks narasi tersebut di atas berkenaan dengan peristiwa gempa bumi yang terjadi di Kota Mataram, kerusakan bangunan yang ditimbulkannya, dan tidak adanya korban luka serius.

Pembahasan
Jawaban A
Hal yang penting dilakukan dalam menyimpulkan isi teks adalah: menemukan informasi pokok tiap paragraf kemudian merangkai informasi pokok tiap paragraf tersebut.

Download Kumpulan Soal Kompetensi Teknis P3K

Bergabung ke dalam grup Belajar Telegram

Yuk segera bergabung ke dalam grup Telegram untuk mendapatkan Informasi TerUpdate. Untuk bergabung ke dalam grup Telegram bisa langsung klik tombol di bawah ini.