TPACK Framework dan Konteks Pembelajaran TPACK

Dalam Konteks pembelajaran, TPACK adalah salah satu framework yang mengintegrasikan antaran pengetahuan Teknologi (Technological Knowledge), pengetahuan Pedagogi (Pedagogy Knowledge), dan pengatahuan Konten (Content Knowledge).

Kerangka kerja TPACK
Kerangka kerja TPACK

TPACK awalnya di kembangkan oleh Shulman’s (1987, 1986) yang mendeskripsikan tentang PCK (Pedagogical and Content Knowledge), selanjutnya untuk menggambarkan bagaimana pemahaman guru terhadap teknologi pembelajaran dan dihubungkan dengan PCK dan dengan yang lainnya untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif menggunakan teknologi. TPACK terus berkembang dari waktu ke waktu melalui serangkain publikasi (Mishra dan Koehler (2006), Koehler dan Mishra (2009)).

Pada TPACK titik beratnya adalah bagaimana pengetahuan Teknologi (Technological Knowledge), pengetahuan Pedagogi (Pedagogy Knowledge), dan pengatahuan Konten (Content Knowledge) dapat di satukan dalam sebuah pembelajaran yang nantinya menjadikan pembelajaran yang efektif dan berhasil dalam sebuah konteks pembelajaran.

Technological Knowledge

Pengetahuan Teknologi (Technological Knowledge) adalah bagaimana menggunakan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran, sebagai contoh internet yang menjadi sumber belajar dan sarana belajar bagi pembelajar. Teknologi internet sudah sangat pesat dan mendukung pembelajaran, teknologi ini juga menyediakan softwareyang dapat digunakan sebagai pembelajaran dan tidak berbayar seperti salah satunya adalah Moodle.

Pedagogy Knowledge

Pengetahuan Pedagogi (Pedagogy Knowledge) merupakan bagaimana cara guru mengajarkan materi pembelajaran, penggunaan model dan metode yang tepat dan kreatif dapat menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Pendekatan pembelajaran orang dewasa seperti konstruktivisme, sosial kolaborasi, dan sosial konstruktivisme untuk membentuk komunitas pembelajaran menjadi salah satu contoh model pembelajaran yang dapat digunakan.

Content Knowledge, pengatahuan Konten (Content Knowledge) adalah apa yang akan dipelajari atau substansi materi apa saja yang akan dipelajari.

Berdasarkan pada Shulman’s (1986) tentang kerangka kerja pedagogical content knowledge (PCK), salah satu frameworkyang banyak mendapatkan perhatian akhir-akhir ini adalah Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) (Angeli & Valanides, 2005; Mishra & Koehler, 2009). TPACK dianggap sebagai kerangka kerja berpotensi yang dapat memberikan arah baru bagi guru dalam memecahkan masalah terkait dengan mengintegrasikan TIK ke dalam kegiatan belajar mengajar di ruang kelas (Hewitt, 2008).

Ada beberapa variabel yang mempengaruhi TPACK (Cox & Graham, 2009; Mishra & Koehler, 2006; Shulman, 1986), yaitu:

  • Technological Knowledge (TK) adalah pengetahuan tentang bagaimana mengoperasikan komputer dan perangkat lunak yang relevan;
  • Pedagogical Knowledge (PK) adalah kemampuan dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik;
  • Content Knowledge (CK) adalah materi subjek pengetahuan seperti pengetahuan tentang bahasa, Matematika, Ilmu Alam dll;
  • Technological Content Knowledge (TCK) adalah pengetahuan tentang bagaimana konten dapat diteliti atau diwakili oleh teknologi seperti menggunakan simulasi komputer untuk mewakili dan mempelajari pergerakan kerak bumi;
  • Pedagogical Content Knowledge (PCK) adalah pengetahuan tentang bagaimana cara untuk mewakili dan merumuskan subjek yang membuatnya dipahami oleh orang lain (Shulman, 1986, hal. 9);
  • Technological Pedagogical Knowledge (TPK) adalah pengetahuan tentang bagaimana teknologi dapat memfasilitasi pendekatan pedagogik seperti menggunakan diskusi asynchronousseperti forum untuk mendukung konstruksi sosial pengetahuan

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) adalah pengetahuan tentang bagaimana memfasilitasi pembelajaran peserta pelatihan dari konten tertentu melalui pendekatan pedagogik dan teknologi. Sehingga diketahui hubungan antara variabel-variabel tersebut diatas, maka dapat mengetahui faktor apa yang paling signifikan mempengaruhi guru dalam proses belajar mengajar guna proses perencanaan kedepan dalam rangka meningkatkan kualitas guru yang profesional dan berbasis TIK.

Sumber:
Koehler, Matthew. 2011, Approaches to Developing TPACK,
http://mkoehler.educ.msu.edu/tpack/developing-tpack/. Accessed date 26/01/2017. Koehler, Matthew J. Mishra, Punya, 2009, What Is Technological Pedagogical Content Knowledge? Michigan State University.