Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerangka TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge)

Dalam menyiapkan pembelajaran Informatika, guru perlu mengacu ke kerangka Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), yang secara lengkap dapat dibaca pada referensi TPACK yang diberikan. Secara ringkas kerangka TPACK dikaitkan dengan informatika ialah sebagai berikut:

Kerangka Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Kerangka Technological Pedagogical Content Knowledge

Content Knowledge (CK) atau Pengetahuan Konten

Content Knowledge adalah materi informatika yang perlu dikuasai oleh guru, sesuai yang ditentukan dalam BoK (Body of Knowledge) keilmuan Informatika. CK disesuaikan dengan umur dan jenjang pendidikan siswa.

Pedagogical Knowledge (PK) atau Pengetahuan Pedagogi

pengetahuan guru tentang praktik, proses, dan metode terkait pembelajaran. PK mencakup tujuan pembelajaran, nilai-nilai yang dicakup dalam pelajaran, pemahaman terhadap karakteristik siswa, keterampilan manajemen kelas, perencanaan pelajaran, dan penilaian.

Technological Knowledge (TK) atau Pengetahuan Teknologi

Technological Knowledge ialah pengetahuan dan kemampuan guru untuk menggunakan berbagai perkakas TIK serta sumberdaya untuk menunjang proses pembelajaran. TIK dipakai untuk menyampaikan materi ajar, dan sekaligus materi ajar. Guru perlu mengenali kapan teknologi dan perkakas tertentu akan membantu atau bahkan menghalangi pembelajaran. Guru perlu terus belajar dan beradaptasi dengan teknologi baru yang terus berkembang.

Pedagogical Content Knowledge (PCK)

Pedagogical Content Knowledge merupakan pengetahuan guru tentang strategi menyampaikan konten/materi ajar sehingga capaian pembelajaran tercapai dengan baik. Guru perlu memahami kurikulum Informatika, penilaian siswa, dan pelaporan hasil serta penyampaian hasil dan feedback ke siswa.

Technological Content Knowledge (TCK)

Technological Content Knowledge merupakan Pemahaman guru tentang bagaimana teknologi dan konten dapat saling memengaruhi dan mendukung satu sama lain. Dalam hal informatika, teknologi, yaitu TIK, bukan hanya sebagai perkakas pendukung, melainkan sekaligus menjadi objek belajar.

Technological Pedagogical Knowledge (TPK)

Technological Pedagogical Knowledge adalah Pemahaman guru tentang bagaimana suatu teknologi tertentu mengubah proses belajar-mengajar, dengan diperkenalkannya pedagogi baru akibat teknologi. Dalam konteks Informatika, TPK menyangkut pemahaman bagaimana perkakas TIK dapat digunakan bersama pedagogi dengan cara yang sesuai dengan disiplin ilmu yang diajarkan, dan pengembangan pelajaran yang ada.