Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

TPACK adalah kerangka dasar untuk merancang pembelajaran yang efektif dengan melibatkan teknologi, teknik pedagogis yang menggunakan teknologi dengan cara konstruktif untuk mengajarkan konten, pengetahuan tentang apa yang membuat suatu konsep menjadi sulit atau mudah dipelajari dan bagaimana teknologi dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi siswa, pengetahuan tentang pengetahuan siswa sebelumnya dan teori epistemologi dan pengetahuan tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk membangun pengetahuan yang ada dan untuk mengembangkan epistemologi baru atau memperkuat epistemologi lama (Koehler et al., 2013).

Pengertian TRACK (Technological Pedagogical Content Knowledge)

Pengertian TRACK (Technological Pedagogical Content Knowledge)

TPACK adalah cara berpikir strategis dalam merencanakan dan mengorganisasikan konten materi tertentu, sesuai dengan kebutuhan siswa dan situasi kelas tertentu dengan melibatkan banyak teknologi abad kedua puluh satu untuk mendukung pembelajaran siswa (Niess, 2008).

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa framework TPACK meninitikberatkan pada integrasi teknologi, pedagogi dan konten dalam sebuah pembelajaran.

TPACK memberikan satu arah bagi seorang guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi kedalam pembelajaran. Didalam pendekatan ini guru dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi untuk menciptakan lingkungan belajar namun tetap memperhatikan unsur-unsur pedagogi yang melekat pada konten pembelajaran ketika konten tersebut diajarkan pada siswa.

TPACK adalah pusat pembelajaran yang terdiri dari tiga komponen yaitu: pengetahuan teknologi (TK), pengetahuan pedagogis (PK) dan pengetahuan konten (CK) (Koehler et al., 2013).

Interaksi dari ketiga bentuk pengetahuan tersebut akan mengembangkan bentuk pengetahuan sekunder yang mencakup pengetahuan konten pedagogis (PCK), pengetahuan pedagogis teknologi (TPK), pengetahuan konten teknologi (TCK) dan akhirnya sintesis dari ketiga bentuk pengetahuan sekunder tersebut maka akan terbentuk TPACK (Dong et al., 2015).

PCK adalah bentuk unik dari pengetahuan guru yang mensintesis PK dan CK guru untuk membantu siswa dalam menjembatani kesulitan penguasaan materi pelajaran (Shulman, 1986).

Sejalan dengan itu, TPK adalah bentuk PK unik yang dikaitkan dengan penggunaan jenis teknologi tertentu sedangkan TCK mengacu pada pengetahuan konten yang diwakili secara teknologi yang tidak dibuat untuk tujuan pengajaran.

Akhirnya, TPACK merujuk pada bentuk terintegrasi pengetahuan yang dapat diciptakan melalui kombinasi yang berbeda dari enam bentuk pengetahuan yang dibahas sebelumnya (Cox & Graham, 2009).

Bentuk pengetahuan ini dibuat melalui upaya desain guru atau ahli teknologi pendidikan ketika mereka menghasilkan praktik baru untuk mengintegrasikan ICT ke dalam pengajaran di kelas (Tsai et al., 2013).