Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pembahasan Soal Fisika SMA Menghadapi Ujian Nasional

KUMPULAN SOAL - Pembahasan Soal Fisika SMA yaitu Soal UN untuk menghadapi UN Tahun ini. Soal UN Mata pelajaran Fisika SMA/MA mengukur capaian kognitif pada level Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi/Penerapan, dan Penalaran, dalam lingkup materi: a) Pengukuran dan Kinematika, b) Dinamika, dan c) Usaha, Energi, dan Tumbukan, d) Kalor, e) Gelombang dan Cahaya, serta f) Listrik, Magnet, dan Fisika Modern.
Pembahasan Soal Fisika SMA Menghadapi Ujian Nasional

DAFTAR ISI
Soal UN Fisika dan pembahasan
Soal UN Fisika 2019
Soal UN Fisika sma 2019 pdf
Soal UN Fisika sma dan pembahasannya pdf
Kumpulan soal UN Fisika sma dan pembahasannya pdf
Soal UN Fisika sma 2020 pdf
Download soal UN Fisika sma 2019 pdf
Soal UN Fisika SMA 2020 dan pembahasannya

Soal-soal aplikasi (penerapan) yang dominan menerapkan rumus untuk menentukan besaran fisis tertentu, lebih mudah bagi siswa dibandingkan dengan soal-soal konseptual yang membutuhkan penalaran. Soal-soal dengan konteks yang sudah dikenal siswa (familiar) dan sering ditemukan dalam ujian-ujian sebelumnya atau dalam latihan di sekolah menjadi soal rutin, pada umumnya dapat dijawab benar oleh siswa. Namun, permasalahan sederhana dalam soal dengan konteks yang sudah dikenal ketika disajikan dalam format soal yang tidak biasa, dan penyelesaiannya memerlukan prosedur yang tidak rutin (tidak biasa) ternyata menjadi sulit bagi siswa.

Contoh Soal Mudah Yang Termasuk Rutin
SOAL
Sebuah mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur ketebalan uang logam dan hasil pengukurannya seperti pada gambar.
Sebuah mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur ketebalan uang logam dan hasil pengukurannya

Hasil pengukurannya adalah ....
A. 2,07 mm
B. 2,17 mm
C. 2,50 mm
D. 2,57 mm
E. 2,70 mm

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Pengukuran merupakan konsep dasar dalam pembelajaran fisika, dan kemampuan membaca skala alat ukur merupakan hal yang sangat penting dalam proses pengukuran. Siswa SMA/MA bahkan harus mampu melakukan pengukuran dan menuliskan hasilnya dengan memperhatikan angka penting. Menyadari hal tersebut, maka semua sekolah umumnya melatihkan keterampilan membaca hasil pengukuran dengan segala aturannya, termasuk sekolah-sekolah yang tidak memiliki alat ukur, misalnya jangka sorong dan mikrometer skrup. Siswa dilatih menggunakan bagan, gambar, model, atau media animasi, oleh karena itu keterampilan membaca hasil pengukuran menjadi hal yang biasa (rutin) dilakukan. Hal ini mungkin meruypakan penjelasan sebagaian besar siswa (85%) dapat menjawab benar soal ini.

Pengukuran merupakan konsep dasar dalam pembelajaran fisika, dan kemampuan membaca skala alat ukur merupakan hal yang sangat penting dalam proses pengukuran. Siswa SMA/MA bahkan harus mampu melakukan pengukuran dan menuliskan hasilnya dengan memperhatikan angka penting

Berlangganan via Email