Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal Fisika Lengkap Pembahasan | Soal Ujian Mata Pelajaran Fisika

KUMPULAN SOAL - Pembahasan Soal Fisika yaitu Soal UN untuk menghadapi UN Tahun ini. Soal UN mata pelajaran Fisika SMA/MA mengukur capaian kognitif pada level Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi/Penerapan, dan Penalaran, dalam lingkup materi: a) Pengukuran dan Kinematika, b) Dinamika, dan c) Usaha, Energi, dan Tumbukan, d) Kalor, e) Gelombang dan Cahaya, serta f) Listrik, Magnet, dan Fisika Modern. Soal Ujian Mata Pelajaran Fisika

DAFTAR ISI
Soal UN Fisika dan pembahasan
Soal UN Fisika 2019
Soal UN Fisika sma 2019 pdf
Soal UN Fisika sma dan pembahasannya pdf
Kumpulan soal UN Fisika sma dan pembahasannya pdf
Soal UN Fisika sma 2018 pdf
Download soal UN Fisika sma 2019 pdf
Soal UN Fisika sma 2019 dan pembahasannya
Soal Fisika Lengkap Pembahasan | Soal Ujian Mata Pelajaran Fisika

Soal-soal aplikasi (penerapan) yang dominan menerapkan rumus untuk menentukan besaran fisis tertentu, lebih mudah bagi siswa dibandingkan dengan soal-soal konseptual yang membutuhkan penalaran. Soal-soal dengan konteks yang sudah dikenal siswa (familiar) dan sering ditemukan dalam ujian-ujan sebelumnya atau dalam latihan di sekolah menjadi soal rutin, pada umumnya dapat dijawab benar oleh siswa. Namun, permasalahan sederhana dalam soal dengan konteks yang sudah dikenal ketika disajikan dalam format soal yang tidak biasa, dan penyelesaiannya memerlukan prosedur yang tidak rutin (tidak biasa) ternyata menjadi sulit bagi siswa.

Contoh Soal Sedang Yang Termasuk Rutin
SOAL
Batang AB yang massanya diabaikan diletakkan mendatar dan dikerjakan tiga buah gaya seperti gambar. Resultan momen gaya yang bekerja pada batang jika diputar pada poros di D adalah …. (Sin 53° = 0,8)
Batang AB yang massanya diabaikan diletakkan mendatar dan dikerjakan tiga buah gaya seperti gambar

A. 2,4 N.m
B. 2,6 N.m
C. 3,0 N.m
D. 3,2 N.m
E. 3,4 N.m

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Soal ini termasuk level aplikasi/penerapan dan dapat dijawab oleh 53% siswa. Sebagian siswa yang belum menjawab benar, disebabkan belum tuntas dalam pemahaman terkait uraian gaya dan penentuan momennya,sehingga ketika disajikan beberapa gaya dan tidak semua gaya tegak lurus dengan batang, siswa tersebut mengalami kesulitan. Kesulitan juga bisa bersumber dari kekurangpahaman siswa dalam melakukan analisis sudut.
Contoh Soal Sedang Yang Termasuk Rutin

Berlangganan via Email