Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun Alur Tujuan Pembelajaran adalah

Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah

Soal

Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah

Jawaban

Berikut hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran :

Menganalisis Capaian Pembelajaran, sebelum menyusun alur tujuan yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran yaitu dengan menganaisis capaian pembelajaran atau yang sering disebut dengan CP.

Perencanaan dan Pelaksanaan Asesmen Diagnostik, Asesmen diagnostik merupakan asesmen yang bertujuan mengidentifikasi kompetensi, kekuatan dan kelemahan yang ada pada murid atau peserta didik. Hasil dari tahapan ini yaitu dapat digunakan pendidik untuk merencanakan pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.

Mengembangkan Modul Ajar, pengembangan modul ajar mempunyai tujuan untuk mengembangkat perangkat yang dapat membantu pendidik menjalani pembelajaran.

Penyesuaian Pembelajaran, Dalam Penyesuaian pembelajaran harus dilakukan dengan tahap capaian dan karakteristik peserta didik. Biasanya, pembelajaran paradigma baru harus berpusat pada peserta didik.

Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengolahan Asesmen Formatif dan Sumatif.

Pelaporan Kemajuan Belajar, dalam pelaporan hasil belajar biasanya terdapat bentuk yang efektif yaitu pelaporan yang melibatkan semua pihak seperti peserta didik dan orang tuanya.

Evaluasi Pembelajaran dan Asesmen, mengevaluasi adalah salah satu yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran. Selanjutnya, pendidik dapat melakukan identifikasi hal apa saja yang berhasil maupun belum berhasil.

Pembahasan

Setelah merumuskan tujuan pembelajaran, langkah yang harus ditempuh dalam perencanaan pembelajaran yaitu dengan menyusun alur tujuan pembelajaran. Alur tujuan pembelajaran sebenarnya mempunyai fungsi yang serupa dengan apa yang dikenal selama ini sebagai silabus untuk perencanaan dan pengaturan pembelajaran dan asesmen secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun. Oleh karena itu, pendidik dapat menggunakan alur tujuan pembelajaran saja.