Soal dan Kunci Jawaban P3K Kebidanan PDF PPPK Kesehatan Tahun 2022

Latihan Soal P3K Kebidanan SKB semua bidang Tenaga Medis Bidan pdf Beserta Kunci Jawaban. Seleksi P3K ini dilaksanakan untuk memenuhi formasi jabatan yang dibutuhkan oleh pemerintah di bidang tenaga kesehatan. 

Link Download Soal P3K Nakes Kebidanan Beserta Kunci Jawaban PPPK Kesehatan PDF

Beberapa Latihan Soal Tes PPPK Bidang Kebidanan di bawah ini bisa dijadikan acuan dan persiapan menghadapi Tes Ujian PPPK Kesehatan Tahun 2022.

Ujian/Tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) berisi tes Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosio Kultural PPPK Kesehatan tahun 2022
Soal dan Kunci Jawaban P3K Kebidanan PDF PPPK Kesehatan Tahun 2022

Soal P3K Nakes Kesehatan Beserta Kunci Jawaban #5

1. Seorang bayi lahir spontan di Bidan, proses kelahiran agak lama. Bayi langsung menangis. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan fisik kepala di dapatkan benjolan pada kepala, ditemukan di daerah presentasi kepala, perabaan teraba lunak, berbatas tidak tegas. Diagnose bayi adalah....
A. Trauma kepala
B. Caput Succedaneum
C. Cephal Haematoma
D. Perdarahan Intra Kranial

2. Tindakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah…
A. Bayi diobservasi selama 2 minggu
B. Tidak dibutuhkan pengobatan
C. Dirawat secara ketat
D. Diletakkan di incubator

3. Seorang bayi lahir spontan langsung menangis, di BPM Ny’”.W”. Bayi dirawat di ruang bayi. Proses kelahiran bayi agak lama. Pada pemeriksaan fisik daerah kepala ditemukan benjolan pada kepala, tidak melewati sutura, benjolan teraba fluktuatif.Diagnose bayi tersebut adalah….
A. Trauma kepala
B. Caput Succedaneum
C. Cephal Haematoma
D. Perdarahan Intra Kranial

4. Seorang bayi lahir spontan langsung menangis, di BPM Ny’”.W”. Bayi dirawat di ruang bayi. Proses kelahiran bayi agak lama. Pada pemeriksaan fisik daerah kepala ditemukan benjolan pada kepala, tidak melewati sutura, benjolan teraba fluktuatif.Tindakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah….
A. Bayi diobservasi selama 6 bulan
B. Dijelaskan akan diserap 2-12 minggu
C. Dirawat secara ketat
D. Diletakkan di incubator

5. Seorang Bayi lahir di bidan, bayi mengalami trauma lahir, oleh dokter dijelaskan bayi mengalami kelumpuhan. Setelah diperiksa bayi mengalami kelumpuhan pada bagian tubuh yang disarafi C5 dan C6. Ditemukan lengan pada sisi yang sakit lemah, pronasi lengan ke depan, fleksi pergelangan tangan.Diagnose kasus di atas adalah…..
A. Paralisis Erb-Duchene
B. Paralisis Klumpke
C. Paralisis saraf frenikus
D. Paralisis saraf fasialis.

6. Seorang bayi usia 1,5 bulan mengalami peradangan kulit yang terjadi pada area popok. Ibu adalah ibu muda, yang tidak telaten mengganti popok anaknya.Penyebab lain kasus ini adalah....
A. Infeksi jamur Candida albicans yang berasal dari kotoran.
B. Infeksi parasit albicans yang berasal dari kotoran
C. Popok bahan plastik
D. Bayi tinggal di daerah tropis

7. Seorang bayi usia 1 bulan, lahir cukup bulan, BB 4000 gram, PB 51 cm, ibunya mengatakan pada mulut tampak selaput lendir berwarna merah dengan gambaran granula yang kasar. Pada hari berikutnya tampak bercak putih sebesar jarum pentul, dan dalam 2-3 hari akan bergabung menjadi bercak besar seperti membran. Bayi didiagnosa Oral Trush.Penyebab kasus diatas adalah ….
A. Bakteri
B. Candida albicans
C. Virus
D. Parasit

8. Seorang bayi lahir spontan dengan BBL= 3400 gram, PBL = 50 cm, ibu mengatakan anaknya, pada kulit terdapat papula yang keras yang keras berwarna putih mengkilat seperti mutiara. Vesikel kecil superfisialis yang berkelompok berdiameter 1-3 mm.Keringat yang berlebihan. Selanjutnya keluarga membawa anaknya ke BPM.Pada kasus diatas kemungkinan bayi mengalami ….
A. Diaper Rush
B. Moniliasis
C. Miliariasis
D. Infeksi Kulit

9. Bayi lahir spontan belakang kepala, langsung menangis, BB=3000 gram, PBL = 49 cm. Bayi mengalami mual muntah sejak pagi tadi, orang tua mengalami kebingungan sehingga bayi dibawa ke BPM. Penyebab kasus diatas adalah ….
A. Obstruksi Oesofagus
B. Cairan lambung meningkat
C. Asam lambung meningkat
D. Infeksi lambung

10. Bayi lahir spontan belakang kepala, langsung menangis, BB=3500 gram, PBL = 50 cm. Bayi mengalami mual gumoh sejak tadi malam, orang tua mengalami kebingungan sehingga bayi dibawa ke BPM. Berdasarkan kasus diatas penatalaksanaannya adalah ….
A. Bayi ditepuk-tepuk punggungnya
B. Setelah minum disendawakan
C. Teknik menyusui dengan dengan duduk
D. Saat menyusu bayi dibopong

11. Seorang bayi usia 6 hari, sejak lahir bayi mengalami atresia ani, bayi tidak bisa buang air besar. Penyebab kasus tersebut diatas adalah….
A. Gangguan organogenesis
B. Gangguan bakteri
C. Gangguan usus
D. Gangguan parasit

12. Seorang bayi usia 6 hari, sejak lahir bayi mengalami atresia ani, bayi tidak bisa buang air besar.Tanda lain kasus tersebut adalah ….
A. Perut kembung
B. Ileus paralitik
C. Kurang nafsu makan
D. Dehidrasi

13. Seorang bayi usia 1 bulan, sejak lahir bayi mengalami hernia diafragmatika, mengeluh sesak napas.Penyebab kasus tersebut diatas adalah….
A. Gagalnya penutupan suatu lubang tertentu selama perkembangan janin atau karena peningkatan tekanan intra abdominal
B. Gagalnya penutupan suatu lubang tertentu selama perkembangan janin atau karena peningkatan tekanan dalam usus
C. Gagalnya penutupan suatu lubang tertentu selama perkembangan janin atau karena peningkatan tekanan intra thorax
D. Gagalnya penutupan suatu lubang tertentu selama perkembangan janin atau karena peningkatan tekanan intra lambung

14. Seorang bayi usia 1 bulan, sejak lahir bayi mengalami hernia diafragmatika, mengeluh sesak napas.Tanda lain kasus tersebut adalah….
A. Suara nafas terdengar pada paru-paru
B. Suara nafas terdengar pada perut
C. Terdengar bising usus pada daerah dada
D. Terdengar bising usus pada daerah abdomen

15. Seorang bayi usia 1 bulan, jenis kelamin laki-laki, sejak lahir bayi mengalami konstipasi sejak lahir, defekasi dibantu dengan pencahar, colon makin membesar – perut buncit danmuntah terus menerus. Anak didiagnosa mengalami Hirschprung. Tipe kasus tersebut diatas adalah ….
A. Hirschprung segmen pendek
B. Hirschprung segmen panjang
C. Hirschprung segmen kombinasi
D. Hirschprung segmen total

Kunci Jawaban:
1. B
2. B
3. C
4. B
5. A
6. A
7. B
8. C
9. A
10. B
11. A
12. A
13. A
14. C
15. A