Modul Proyek Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase E

Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase E Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan. Modul ini dibuat sebagai panduan untuk Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila fase F dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Adapun topik dalam modul ini adalah "SABUN - SI MAWAR BERDURI?"

Modul ini terdiri Informasi Umum, Kegiatan Inti, serta Lampiran. Informasi umum meliputi: Relevansi Tema dan Topik Proyek, Tujuan Proyek, Alur Kegiatan, Profil Pelajar Pancasila terkait, serta target peserta didik (kompetensi yang diharapkan). Kegiatan Inti berisi detail kegiatan sesuai alur kegiatan.

Detail kegiatan terdiri dari Judul Kegiatan, Tujuan Kegiatan, Alokasi Waktu, Alat & Media, Rincian kegiatan Persiapan, Rincian Langkah-Langkah Kegiatan, Tugas Mandiri, Keyword (untuk memudahkan dalam proses pencarian sumber-sumber di internet) maupun link web yang dapat diakses, serta informasi asesmen yang akan dilaksanakan.

Penyesuaian-penyesuaian dalam pelaksanaan kegiatan dapat dilakukan seperlunya seturut dengan situasi dan kondisi. Misal: jaringan internet tidak ada atau tidak memadahi, Guru bisa memodifikasinya dengan sumber-sumber lain. Peralatan pun dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi, namun tujuan tetap dapat dicapai.

Relevansi Tema dan Topik Proyek

TPB/SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu: (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Untuk mewujudkan hal itu diperlukan kesadaran setiap individu maupun masyarakat, bahwa apapun yang kita jalankan/lakukan untuk kehidupan kita saat ini mesti melek terhadap kelangsungan hidup generasi selanjutnya. Maka, gaya hidup kita harus berwawasan ke depan, sadar lintas generasi. Di sinilah pentingnya gaya hidup berkelanjutan Sustainable Lifestyle.

Dalam aktivitasnya sehari-hari, manusia dengan pengetahuan dan teknologinya membuat berbagai macam produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan kadang kala lupa akan dampak yang mungkin ditimbulkan dari aktivitas dan produknya itu.

Sabun dengan berbagai macam jenisnya dan kegunaannya adalah produk hasil karya manusia yang selama ini digunakan sehari-hari bahkan menjadi kebutuhan wajib. Kampanyekampanye tentang penggunaan sabun, iklan-iklan produk sabun menjadi hal lumrah saat ini. Ya, sabun selama ini dimengerti sebagai produk yang sangat berguna untuk kehidupan seharihari.

Namun, selain kemasyuran kegunaannya apakah mengandung potensi bahaya atau dampak yang merugikan keberlangsungan alam ciptaan Tuhan ini?

Tujuan Proyek

Proyek ini bertujuan untuk membangun kesadaran akan kegunaan dan dampak dari produk yang dipakai (sabun). Para peserta didik mampu secara kreatif menemukan solusi atas dampak yang mungkin ditimbulkan oleh penggunaan produk yang dipakai (sabun).

Alur Kegiatan Modul Proyek Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase E

Contoh Modul Proyek Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase E. Download

Posting Komentar untuk "Modul Proyek Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase E"