Download Bacaan Surat Yasin Tahlil Lengkap pdf

Download Bacaan Surat Yasin Tahlil Lengkap PDF

Tahlilan adalah aktivitas seseorang atau kelompok (jama’ah) yang melantunkan atau mebaca kalimat thayyibah/kalimat tahlil. Upacara tahlilan lazimnya dilakukan setiap ada kematian. Tahlilan diselenggarakan selama tujuh hari/malam berturut-turut setelah kematian seseorang muslim. 

Dengan tujuan utama mendoakan seseorang yang telah meninggal dunia. Tahlilan diselenggarakan atas prakarsa keluarga/ahli waris seseorang yang telah meninggal. Imam atau pemimpin upacara tahlilan adalah seseorang yang, karena keilmuan dan kesalehannya, diminta atau ditunjuk oleh keluarga ahli waris. Download Bacaan Surat Yasin Tahlil Lengkap

1. BACAAN TAHLILAN
Tahlilan adalah upacara yang dilaksanakan dalam rangkaian aktivitas pengokohan dan penguatan serta pemurnian iman dan tawhidullah. Setiap kalimat dan ayat al-Quran yang dibaca seluruhnya kalimat dan ayat yang berisikan penguat keimanan. Ayat ayat al-Quran yang lazim dibaca adalah: surat al-Ikhlash, al-Falaq, al-Nas, lima ayat pertama dan terakhir dari surat al-Baqoroh, dan ayat al-Kursi. Adapaun bacaan selain ayat al-Quran adalah kalimat tasbih, tahmid, takbir dan tahlil serta sholawat Nabi. Tahlilan diakhiri dengan doa untuk kebahagiaan roh seseorang yang kita doakan.

2. MENGAPA TUJUH MALAM/TUJUH HARI
Setiap individu manusia pasti dapat menghitung dengan mudah bahwa jumlah hari itu adalah tujuh (Sabtu, Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jum’at). Bagi yang memahami al-Quran akan tahu bahwa langit (salah satu planet dunia/macro cosmos) itu ada tujuh lapis, bumi itu ada tujuh lapis, serta laut samudra yang terluas, sungai-sungai terpanjang dan gunung-gunung tertinggi di dunia itu berjumlah tujuh. Komunitas tarekat (thoriqoh) berkeyakinan bahwa, lathifah (soft ware) yang terdapat dalam setiap individu manusia itu tujuh (lathifah atau lathaif al-Sab’ah) yaitu:
(1) lathifah al-‘Nafs
(2) lathifah al-Qalb,
(3) lathfah al-Ruh,
(4) lathifah al-Sirr
(5) lathifah al-Qolab,
(6) lathifah al-Khafiy
(7) lathifah al-Akhfa’.

Atau jumlah sorga dan neraka itu masing-masing tujuh. Seluk yang menjadi dambaan setiap pengamal tarekat memiliki tujuh pintu yaitu: Ilmu, wara’, zuhud, tawakkal, riyadhah, kholwat, dan ‘uzlah

3. 40 HARI/100 HARI/SETAHUN
Usia 40 hari pertama di dalam kandungan adalah awal terbentuknya calon/bakal janin. Sedangkan usia 40 hari ketiga adalah awal ditiupkannya kehidupan (ruh) kedalam janin manusia. Masa ‘iddah (penantian) bagi sesorang istri yang ditinggalkan suaminya karena kematian adalah masa 100 hari.

Ketika sudah melewati masa penantian 100 hari maka sah lah bagi istri (janda karena ditinggal mati) melakukan pernikahan yang baru. Seseorang individu yang masih hidup yang setiap tahun diperingati hari kelahirannnya kepedanya diberikan istilah mawlid atau milad sedangkan satu tahun kematian seseorang kepadanya dberikan istilah hawl (Cerbon: kola tau mendak).

Posting Komentar untuk "Download Bacaan Surat Yasin Tahlil Lengkap pdf"