Teknologi Informasi dan Komunikasi, Materi Informatika Kelas 7

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, kalian mampu memanfaatkan tools (perkakas) yang banyak digunakan untuk urusan perkantoran, yaitu untuk membuat surel, laporan, surat, presentasi, mengelola folder/ile, dan mencari informasi.

Pertanyaan Pemantik
Tools TIK adalah perkakas yang berguna untuk membantu suatu pekerjaan tertentu. Perkakas apa yang paling menarik buat kalian? Mengapa? Apa yang terjadi andai kata tools itu tidak ada?

Apersepsi
Apabila dalam elemen pengetahuan Teknik Komputer, kalian lebih banyak mempelajari berbagai perangkat keras, pada unit TIK kalian akan lebih banyak belajar tentang cara memanfaatkan berbagai perangkat lunak.

Kata Kunci
Graphical User Interface (GUI), peramban, search engine, Folder, File, Surel, Aplikasi perkantoran, Word processing (Pengolah kata), Aplikasi presentasi

Pengenalan Antarmuka Pengguna

Saat ini TIK telah merambah di banyak aspek kehidupan manusia. Teknologi ini menghasilkan banyak sekali perkakas yang membantu pekerjaan kita sehari-hari. Bab ini akan berisi materi tentang perkakas pada TIK seperti: Aplikasi Perkantoran, Peramban, Surel, Search Engine dan penggunaan File explorer untuk mengelola folder dan ile.

Teknologi berkembang dengan cepat, melahirkan banyak perangkat keras dan perangkat lunak yang baru. Alat elektronik dan peranti TIK menjadi makin murah, dan ini mendorong pengguna untuk berganti-ganti karena selain lebih murah, performansi peranti juga menjadi makin baik.

Manusia melakukan interaksi dengan perangkat melalui berbagai cara. Kita menggunakan tombol untuk menghidupkan atau mematikan perangkat televisi, mesin cuci, atau pendingin ruangan, yang bisa diwakili dengan alat pengendali jarak jauh (remote control). Teknologi saat ini mampu menangani interaksi perangkat dengan pengguna melalui tombol nyata, papan kunci (keyboard), sentuhan ke antarmuka grais yang biasa disebut Graphical User Interface (GUI), maupun suara atau Voice User Interface (VUI). Untuk perangkat komputer, ponsel/smartphone, perangkat game, pemutar MP3, dan sebagainya, interaksi yang digunakan umumnya adalah GUI.

Folder dan File

Folder/directory adalah tempat penyimpanan elektronis yang menyimpan ile elektronis atau folder lain. Dalam dunia nyata, folder bisa dianalogikan sebagai map yang digunakan untuk menyimpan dokumen (surat, invoice, nota, dan lainnya), atau berisi map yang lebih kecil. Folder/directory dikelola oleh program komputer yang disebut sebagai File Manager yang merupakan bagian dari sistem operasi.

File elektronis sendiri berarti ile yang diciptakan oleh komputer/ponsel untuk menyimpan Data secara deskret pada alat penyimpan elektronis. File adalah unit penyimpanan di komputer, yang akan dibaca atau ditulis. File diciptakan oleh program/aplikasi tertentu, dan ile dapat dibaca oleh program tertentu pula. Kalau sebuah kata dapat ditulis di atas kertas, demikian juga sebuah data dapat disimpan dalam media penyimpan elektronis di komputer dalam bentuk ile. Media penyimpan elektronis tersebut di antaranya adalah hard disk, kartu memori, lash drive, dan lainnya. File selanjutnya bisa dimanipulasi, diedit, dan dipindahkan dari satu media ke media lain termasuk dipindahkan melalui Internet.

Posting Komentar untuk "Teknologi Informasi dan Komunikasi, Materi Informatika Kelas 7"