Pendalaman Materi Pembelajaran Program PPG Prajabatan

Pembelajaran Program PPG Prajabatan dilaksanakan melalui tahapan pelaksanaan pembelajaran yang merupakan penjabaran dari 3 mata kuliah sebagaimana disampaikan pada struktur kurikulum. Tahapan pelaksanaan pembelajaran program PPG Prajabatan disajikan pada Gambar dibawah ini

Tahapan pelaksanaan pembelajaran Program PPG Prajabatan
Tahapan pelaksanaan pembelajaran Program PPG Prajabatan

Pendalaman Materi

1. Pendahuluan

Kegiatan Pendalaman Materi melalui Belajar Mandiri adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri dan daring untuk mempelajari/mendalami materi PPG (pedagogik dan bidang studi), berdiskusi, dan berlatih menjawab soal secara daring di bawah bimbingan dosen PPG.

Pendalaman materi pedagogik dan bidang studi dilakukan dengan memanfaatkan modul melalui platform LMS. Mahasiswa wajib mempelajari 10 modul yang terdiri atas 6 modul Bidang studi/Profesional, dan 4 modul Pedagogik dengan tuntas.

Masing-masing modul terdiri atas 4 kegiatan belajar (KB). Pendalaman materi bidang studi ini juga diarahkan untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Materi pada perkuliahan ini juga memuat informasi mengenai penggunaan ICT dalam pembelajaran. Materi ini juga memuat cara mengembangkan dan memanfaatkan sumber belajar berbasis ICT termasuk Learning Management System (LMS)

Mata kuliah ini memiliki beban belajar 2 sks dengan kategori tutorial/kuliah, setara dengan 16 kali pertemuan x 2 sks x 50 menit. Kegiatan ini dapat dilakukan secara sinkronus melalui LMS. Di samping itu, mahasiswa melakukan aktivitas penyelesaian tugas terstruktur dan belajar mandiri setara dengan 16 kali pertemuan x 2 x 120 menit.

Aktivitas penyelesaian tugas terstruktur dan belajar mandiri ini dapat dilakukan secara asnikronus. Kegiatan pendalaman materi berlangsung selama 5 minggu. Penetapan beban belajar pendalaman materi sebesar 2 sks didasarkan pada pertimbangan: tingkat penguasaan materi, variasi aktivitas dosen dan mahasiswa, dan intensitas waktu yang dibutuhkan dalam melakukan pendalaman materi.

Masing-masing LPTK diberikan keleluasaan dalam mengatur jadwal perkuliahan dengan tetap memperhatikan bobot dari beban belajar sesuai dijelaskan di atas.

Beberapa alternatif yang dapat dipilih antara lain:

Penguasaan materi mata kuliah ini sangat diperlukan dalam mengikuti kegiatan lokakarya pengembangan perangkat pembelajaran dan PPL. Pembelajaran dilaksanakan secara daring di dibawah bimbingan dosen/instruktur selama 1 (satu) bulan sebelum mahasiswa mengikuti lokakarya di kampus. Selanjutnya mahasiswa dapat melakukan pendalaman materi secara daring dan mandiri selama mengikuti Program PPG.

2. Tujuan

Tujuan kegiatan pendalaman materi melalui belajar mandiri ini adalah:

  • Menguatkan penguasaan materi bidang keahlian/bidang studi termasuk advance materials dan peta konsep keilmuan sesuai bidang studi.
  • Menguatkan penguasaan materi landasan kependidikan (pedagogik).
  • Meningkatkan pemahaman konsep TPACK untuk merancang pembelajaran.
  • Meningkatkan pemahaman mengembangkan bahan ajar dan evaluasi hasil belajar dengan level HOTS
  • Memanfaatkan sumber belajar berbasis ICT

3. Aktivitas Pendalaman Materi

Berikut ini adalah alternatif aktivitas untuk pendalaman materi dengan siklus per 3 harian dengan durasi web meeting 50 menit per hari dan asynchronous/pendampingan kepada mahasiswa bukan tatap muka 120 menit/hari.

  • Dosen menyampaikan pengantar tentang mekanisme pendalaman materi
  • Mahasiswa membaca modul dan mengkaji berbagai penerapan konsep dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai aktivitas belajar
  • Mahasiswa mengaitkan konsep antar mata pelajaran/bidang studi
  • Mahasiswa mengerjakan tes formatif (TF) seluruh kegiatan belajar (KB), tugas akhir dan tes sumatif (TS) akhir setiap modul

Aktivitas tersebut dilakukan bersiklus setiap tiga hari untuk menyelesaikan satu modul. Jumlah keseluruhan modul dalam pendalamam materi adalah 10 yang terdiri dari 4 modul pedagogi dan 6 modul bidang studi (modul dasar dan modul AM). Sehingga pendalaman materi dapat diselesaikan selama 30 hari.

Aktivitas tersebut adalah salah satu alternatif yang dapat diterapkan, namun demikian LPTK dapat mengembangkan atau melakukan improvisasi aktivitas dalam pembelajaran pendalaman materi. Seluruh aktivitas yang dirancang bertujuan untuk membuat mahasiswa memahami materi dari modul dasar dan modul advance material bidang studi dan modul pedagogi.

4. Produk Pendalaman Materi

  • Jawaban tes formatif
  • Jawaban tes sumatif
  • Penyelesaian tugas-tugas