CARI SESUAI KEBUTUHAN

Soal IPA SMP Essay Lengkap Pembahasan

Soal IPA SMP Essay Lengkap Pembahasan

Soal IPA SMP Essay Lengkap Pembahasan

1. Mengapa inti diposisikan secara terpusat di sebagian besar sel eukariotik?

Jawab:
Nukleus adalah organel utama yang terlibat dalam reproduksi seluler. Selama kehidupan sel, nukleus juga mengurangi aktivitas metabolisme sel dan membantu membentuk sel menjadi bentuk akhirnya. Instruksi untuk sintesis protein utama secara terus menerus berpindah dari nukleus ke sitoplasma, khususnya melalui saluran retikulum endoplasma. Bahkan bahan dasar ribosom yang mensintesis protein disintesis dalam nucleolus pada nukleus, disimpan, dan kemudian diteruskan ke ribosom. Fungsi-fungsi utama dari nukleus ini menyarankan bahwa ia harus menerima tingkat perlindungan maksimum. Posisi yang jauh di dalam bagian dalam sel memberikan perlindungan seperti itu. Sel-sel yang mengembangkan pengaturan dengan cara ini mungkin lebih baik beradaptasi dan cenderung lebih bertahan.

2. Untuk organisme bersel tunggal yang bereproduksi secara aseksual, siklus sel dan siklus hidup adalah sesuatu yang sama. Coba Jelaskan Pernyataan tersebut.

Jawab:
Dengan reproduksi aseksual, organisme bersel tunggal tidak mengalami pembuahan; akibatnya, mereka tidak memerlukan proses homeostatik di luar mitosis untuk mempertahankan jumlah kromosom yang konstan. Organisme yang bereproduksi secara seksual akan menggandakan komplemen kromosom mereka pada setiap pembuahan jika mereka tidak dapat membagi dua jumlah itu melalui meiosis. Pergantian generasi ini antara tahap diploid dan tahap gamet haploid, yang merupakan tambahan dari siklus sel, tidak diperlukan dalam organisme aseksual. Dengan demikian, siklus hidup hanya mencakup peristiwa siklus sel saja.

3. Meskipun semua vertebrata memiliki sistem sirkulasi tertutup, sirkulasi darah pada vertebrata sebelumnya tidak seefisien sirkulasi darah pada manusia. Jelaskan

Jawab:
Vertebrata tertua adalah ikan, dan ikan memiliki sistem sirkulasi primitif yang sesuai. Seperti vertebrata yang lebih tinggi, ikan memiliki mekanisme pemompaan untuk membawa darah terdeoksigenasi ke sumber oksigenasi (insang dalam alat pernfasan ikan), tetapi tidak seperti vertebrata yang lebih tinggi, ikan tidak memiliki mekanisme untuk memompa darah yang baru diberi oksigen ke seluruh tubuh; artinya, tidak ada jantung yang jauh dari insang. Meskipun, pada amfibi, darah yang dipompa ke paru-paru dikembalikan ke jantung untuk dipompa ke seluruh tubuh, amfibi hanya memiliki satu ventrikel, sehingga darah teroksigenasi dan terdeoksigenasi sedikit banyak tercampur. Masalah ini diselesaikan pada manusia dan mamalia lain dengan adanya ventrikel yang terpisah untuk kedua jenis darah.

4. Salah satu penyebab terjadinya mekanisme evousi adalah adanya seleksi alam. Uraikan apa akibat dari terjadinya seleksi alam.

Jawab:
Akibat terjadinya seleksi alam, organisme yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru akan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan organisme yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru akan mati atau pindah ke daerah lain yang tidak mengalami perubahan lingkungan.

Download Soal dan Pembahasan