CARI SESUAI KEBUTUHAN

Modul 3 Metode, Media dan Sumber Belajar Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD

Modul 3 PGSD Tentang Metode, Media dan Sumber Belajar Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD.

Modul ini merupakan bahan ajar untuk kegiatan bimbingan teknis bagi para pendidik dan pengelola satuan PAUD dalam Penerapan Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD yang dipersiapkan Pemerintah dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dasar peserta didik PAUD sebagai bagian dari upaya mewujudkan profil pelajar pancasilais yang berkualitas.

Implementasinya dilakukan dengan cara terintegrasi dengan kurikulum dan pembelajaran yang dilaksanakan di setiap satuan PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia. Modul ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Modul ini akan senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

Dalam rangka meningkatkan mutu modul, masyarakat sebagai pengguna modul diharapkan dapat memberikan masukan kepada alamat penulis dan/atau penerbit dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui post-el buku@kemdikbud.go.id.

Ruang Lingkup Modul 3

Pengurangan Risiko Bencana (PRB) merupakan suatu kegiatan jangka panjang, sebagai bagian dari pembangunan berkelanjutan, dengan cara menggunakan pengetahuan, inovasi, dan pengetahuan untuk membangun budaya selamat dan tangguh pada semua satuan pendidikan termasuk PAUD.

Pendidikan PRB sebuah proses pembelajaran bersama yang bersifat interaktif ditengah masyarakat dan lembaga-lembaga yang ada.Pada pendidikan PRB disatuan PAUD didisain dalam struktur kurikulum lembaga (KTSP) dan diimplementasikan melalui kegiatan bermain anak. PRB secara umum memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Menumbuhkankembangkan nilai dan sikap kemanusiaan
  2. Menumbuhkembangkan sikap dan kepedulian terhadap risiko bencana
  3. Mengembangkan pemahaman tentang risiko bencana, pemahaman tentang kerentanan sosial, pemahaman tentang kerentanan fisik, serta kerentanan prilaku dan motivasi.
  4. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk pencegahan dan pengurangan risiko bencana, pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang bertanggungjawab, dan adaptasi terhadap risiko bencana
  5. Mengembangkan upaya untuk pengurangan risiko bencana diatas, baik secara individu maupun kolektif
  6. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siaga bencana
  7. Mengembangkan kesiapan untuk mendukung pembangunan kembali komunitas saat bencana terjadi dan mengurangi dampak yang disebabkan karena terjadinya bencana
  8. Meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan besar dan mendadak

Dalam menghadapi ancaman bencana, kesiapsiagaan menjadi kunci keselamatan dalam melakukan PRB. Oleh karena itu, diperlukan modul yang membahas upaya penanggulangan, metode, media, dan sumber belajar yang dapat dilakukan di satuan PAUD.

Pada modul ini, juga akan memaparkan tentang apa yang dapat dilakukan satuan PAUD untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengurangi risiko bencana, baik sebelum, saat maupun sesudah bencana terjadi.

DOWNLOAD MODUL 3 GOOGLE DRIVE
KLIK UNTUK DOWNLOAD

Modul 3 Metode, Media dan Sumber Belajar Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD