CARI SESUAI KEBUTUHAN

MODUL 1 PGSD Konsep Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD

Modul 1 PGSD Tentang Konsep Pendidikan Kemaritiman Serta Peran PTK, Orang Tua, Mitra dan Komunitas Dalam Penerapan Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD.

Modul ini merupakan bahan ajar untuk kegiatan bimbingan teknis bagi Bapak/Ibu dalam Penerapan Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD yang dipersiapkan Pemerintah dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dasar peserta didik PAUD sebagai bagian dari upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasilais yang berkualitas.

Dalam implementasinya dilakukan dengan cara terintegrasi dengan kurikulum dan pembelajaran yang dilaksanakan di setiap satuan PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia. Modul ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Modul ini akan senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

Dalam rangka meningkatkan mutu modul, masyarakat sebagai pengguna modul diharapkan dapat memberikan masukan kepada alamat penulis dan/atau penerbit dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui pos-el buku@kemdikbud.go.id.

Rung Lingkup Modul 1 PGSD Konsep Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD

Modul I merupakan modul pertama dalam bahan ajar ini. Isi dan paparannya merupakan payung bagi modul berikutnya. Jadi, modul ini merupakan pembuka ‘mindset’ bagi pendidik dan tenaga kependidikan sebelum menerapkan pendidikan kemaritiman di setiap satuan atau lembaga PAUD.

Materi yang akan dibahas secara utuh dalam modul ini terdiri atas dua topik utama, yaitu: Konsep Pendidikan Kemaritiman serta Peran PTK, Orang Tua/Keluarga, Mitra, dan Komunitas dalam Penerapan Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD. 

Untuk memudahkan Bapak/Ibu, pembahasan dalam modul ini dibagi menjadi tiga bagian atau topik utama. Ketiga uraian materi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Konsep (Batasan, Tujuan, Ruang Lingkup, Pendekatan/Strategi) Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD;

2. Peran PTK, Orang Tua/Keluarga, Mitra, dan Komunitas dalam Penerapan Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD; dan

3. Contoh Pemberdayaan Peran PTK, Orang Tua/Keluarga, Mitra, dan Komunitas dalam Penerapan Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD.

Ketiga materi tersebut diharapkan dapat memandu Bapak/Ibu dalam mengembangkan dan mengintegrasikan Pendidikan Kemaritiman ke dalam kurikulum dan pembelajaran di satuan atau lembaga PAUD secara menyeluruh dan utuh.

Secara operasional, ketiga materi tersebut diharapkan dapat menjadi acuan dalam penerapan konseptual pendidikan kemaritiman dan memandu pemberdayaan peran pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua, keluarga, mitra, serta komunitas dalam penerapan pendidikan kemaritiman yang dikembangkan dan diimplementasikan di setiap satuan atau lembaga PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia.

DOWNLOAD MODUL 1 GOOGLE DRIVE
KLIK UNTUK DOWNLOAD

Modul 1 PGSD Tentang Konsep Pendidikan Kemaritiman Serta Peran PTK, Orang Tua, Mitra dan Komunitas Dalam Penerapan Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD