Modul 2 PGSD Pengintegrasian Pendidikan Kebencanaan Dalam KTSP Dan Pengembangan RPP di Satuan Paud

Modul 2 Pengintegrasian Pendidikan Kebencanaan Dalam KTSP Dan Pengembangan RPP di Satuan Paud.

Modul ini merupakan bahan ajar untuk kegiatan bimbingan teknis bagi para pendidik dan pengelola satuan PAUD dalam Penerapan Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD yang dipersiapkan Pemerintah dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dasar peserta didik PAUD sebagai bagian dari upaya mewujudkan profil pelajar pancasilais yang berkualitas.

Implementasinya dilakukan dengan cara terintegrasi dengan kurikulum dan pembelajaran yang dilaksanakan di setiap satuan PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia. Modul ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Modul ini akan senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

Dalam rangka meningkatkan mutu modul, masyarakat sebagai pengguna modul diharapkan dapat memberikan masukan kepada alamat penulis dan/atau penerbit dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui post-el buku@kemdikbud.go.id.


Ruang Lingkup Modul 2 Pengintegrasian Pendidikan Kebencanaan Dalam KTSP Dan Pengembangan RPP di Satuan Paud

Pada modul ini, Bapak/Ibu akan mempelajari tentang pengintegrasian pendidikan kebencanaan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan cara mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Satuan PAUD.

Sebagai upaya untuk mempermudah Bapak/Ibu memahami keseluruhan isi materi, maka pembahasan pada modul ini dijabarkan ke dalam tiga materi pokok yaitu

1. Pengintegrasian Pendidikan Kebencanaan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Satuan PAUD

  • Pengertian Pengintegrasian Pendidikan Kebencanaan dalam KTSP di Satuan PAUD
  • Langkah-langkah Pengintegrasian Pendidikan Kebencanaan dalam KTSP di Satuan PAUD
2. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Satuan PAUD

  • Apakah RPP Pendidikan Kebencanaan?
  • Bagaimana Ketentuan Penyusunan RPP Pendidikan Kebencanaan?
  • Apakah Jenis-Jenis RPP Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD?
3. Contoh KTSP dan RPP Bermuatan Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD

Bapak/Ibu perlu membaca resume yang disajikan pada bagian akhir untuk mendapatkan intisari dari materi yang telah diberikan. Sebagai bentuk evaluasi terhadap pemahaman Bapak/Ibu, silakan mengerjakan tugas yang telah diberikan.

Jika Bapak/Ibu menemui kata-kata yang sulit untuk dipahami, silakan mencari definisi dan penjelasannya di glosarium. Bapak/Ibu diperkenankan untuk membuat kata kunci dalam buku catatan masing-masing dengan menggunakan bahasa sendiri untuk mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh terhadap materi yang disampaikan. Bapak/Ibu perlu mempelajari keseluruhan isi dan paparan pada bagian ini dengan sebaik-baiknya agar mampu menguasai dengan baik ketiga kemampuan sesuai tujuan tersebut. Akhirnya, selamat belajar, semoga kesuksesan senantiasa menyertai Bapak/Ibu!

DOWNLOAD MODUL 2 GOOGLE DRIVE
KLIK UNTUK DOWNLOAD

Modul 2 PGSD Pengintegrasian Pendidikan Kebencanaan Dalam KTSP Dan Pengembangan RPP di Satuan Paud