Modul 1 PGSD Konsep Pendidikan Kebencanaan

Modul 1 Konsep Pendidikan Kebencanaan Serta Peran PTK, Orang Tua, Mitra Dan Komunitas Dalam Penerapan Pendidikan Kebencanaan Di Satuan PAUD. 

Buku ini merupakan bahan ajar untuk kegiatan bimbingan teknis bagi para pendidik dan pengelola satuan atau lembaga PAUD dalam Penerapan Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD yang dipersiapkan Pemerintah dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dasar peserta didik PAUD sebagai bagian dari upaya mewujudkan profil pelajar Pancasilais yang berkualitas.

Dalam implementasinya dilakukan dengan cara terintegrasi dengan kurikulum dan pembelajaran yang dilaksanakan di setiap satuan PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku ini akan senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Dalam rangka meningkatkan mutu buku, masyarakat sebagai pengguna buku diharapkan dapat memberikan masukan kepada alamat penulis dan/atau penerbit dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui pos-el buku@kemdikbud.go.id.

Download Modul 1 PGSD Konsep Pendidikan Kebencanaan

Modul ini akan senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Dalam rangka meningkatkan mutu modul, masyarakat sebagai pengguna modul diharapkan dapat memberikan masukan kepada alamat penulis dan/atau penerbit serta melalui laman http://buku.kemdikbud.go.id atau pos-el buku@kemdikbud.go.id

Ruang Lingkup Modul 1 PGSD Konsep Pendidikan Kebencanaan

Modul I, merupakan modul pertama dalam bahan ajar ini. Isi dan paparannya merupakan payung bagi modul berikutnya. Jadi modul ini merupakan pembuka ‘mindset’ bagi pendidik dan tenaga kependidikan sebelum menerapkan pendidikan kebencanaan di setiap satuan atau lembaga PAUD. Materi yang akan dibahas secara utuh dalam modul ini terdiri dari dua topik utama, yaitu: Konsep Pendidikan Kebencanaan Serta Peran PTK, Orangtua/Keluarga, Mitra, Dan Komunitas Dalam Penerapan Pendidikan Kebencanaan Di Satuan PAUD.

Untuk memudahkan Bapak/Ibu, pembahasan dalam modul ini dibagi menjadi 3 (tiga) bagian atau topik utama. Ketiga uraian materi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Konsep (Batasan, Tujuan, Ruang Lingkup, Pendekatan/ Strategi) Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD
  2. Peran PTK, Orangtua/Keluarga, Mitra Dan Komunitas dalam Penerapan Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD
  3. Contoh Pemberdayaan Peran PTK, Orangtua/Keluarga, Mitra Dan Komunitas dalam Penerapan Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD
Ketiga materi tersebut diharapkan dapat memandu para pendidik dan pengelola dalam mengembangkan dan mengintegrasikan Pendidikan Kebencanaan ke dalam kurikulum dan pembelajaran di satuan atau lembaga PAUD secara menyeluruh dan utuh.

Secara operasional, ketiga materi tersebut diharapkan dapat menjadi acuan dalam penerapan konseptual pendidikan kebencanaan dan memandu pemberdayaan peran pendidik dan tenaga kependidikan, orangtua, keluarga, mitra serta komunitas dalam penerapan pendidikan kebencanaan yang dikembangkan dan diimplementasikan di setiap satuan atau lembaga PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia.

DOWNLOAD MODUL 1 GOOGLE DRIVE
KLIK UNTUK DOWNLOAD

Modul 1 Konsep Pendidikan Kebencanaan Serta Peran PTK, Orang Tua, Mitra Dan Komunitas Dalam Penerapan Pendidikan Kebencanaan Di Satuan PAUD