Modul 2 PGSD Pengintegrasian Pendidikan Kemaritiman Satuan PAUD

Modul 2 PGSD Tentang Pengintegrasian Pendidikan Kemaritiman Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Pengembangan RPP di Satuan PAUD.

Buku ini merupakan bahan ajar untuk kegiatan bimbingan teknis bagi para pendidik dan pengelola satuan atau lembaga PAUD dalam Penerapan Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD yang dipersiapkan Pemerintah dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dasar peserta didik PAUD sebagai bagian dari upaya mewujudkan profil pelajar Pancasilais yang berkualitas.

Dalam implementasinya dilakukan dengan cara terintegrasi dengan kurikulum dan pembelajaran yang dilaksanakan di setiap satuan PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku ini akan senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Dalam rangka meningkatkan mutu buku, masyarakat sebagai pengguna buku diharapkan dapat memberikan masukan kepada alamat penulis dan/atau penerbit dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui pos-el buku@kemdikbud.go.id.

Ruang Lingkup Modul 2 Pengintegrasian Pendidikan Kemaritiman Satuan PAUD

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bermuatan kemaritiman pada satuan PAUD dapat didefinisikan sebagai kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh tiap-tiap satuan PAUD sesuai dengan kondisi, potensi, serta daya dukung yang tersedia di lingkungannya dan dapat diupayakan oleh satuan PAUD masing-masing, yang mengembangkan karakter budaya maritim.

Pendidik dapat mengadaptasi KTSP dan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan mengacu pada STPPA dan indikator perkembangan anak (Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD dan Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD) dan mengembangkannya sesuai dengan kurikulum bermuatan kemaritiman.

Materi yang dibahas pada bagian ini adalah sebagai berikut:

  1. cara mengintegrasikan Pendidikan Kemaritiman ke dalam KTSP di satuan PAUD;
  2. cara pengembangan RPP Pendidikan Kemaritiman di satuan PAUD; dan
  3. contoh-contoh KTSP dan pengembangan RPP di satuan PAUD.
Tujuan
Setelah mempelajari materi ini diharapkan peserta dapat:

  1. menjelaskan cara menyusun KTSP dengan pengintegrasian muatan kemaritiman di satuan PAUD;
  2. menyusun pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Pendidikan Kemaritiman di satuan PAUD;
  3. menyusun program semester di satuan PAUD;
  4. menyusun rencana pelaksanan pembelajaran mingguan (RPPM) di satuan PAUD; dan
  5. menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) di satuan PAUD.
DOWNLOAD MODUL 2 GOOGLE DRIVE
KLIK UNTUK DOWNLOAD

Modul 2 PGSD Tentang Pengintegrasian Pendidikan Kemaritiman Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Pengembangan RPP di Satuan PAUD