CARI SESUAI KEBUTUHAN

Modul 3 PGSD Penerapan Metode/Kegiatan, Media dan Sumber Belajar Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD

Modul 3 PGSD Tentang Penerapan Metode/Kegiatan, Media dan Sumber Belajar Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD.

Buku ini merupakan bahan ajar untuk kegiatan bimbingan teknis bagi para pendidik dan pengelola satuan atau lembaga PAUD dalam Penerapan Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD yang dipersiapkan Pemerintah dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dasar peserta didik PAUD sebagai bagian dari upaya mewujudkan profil pelajar Pancasilais yang berkualitas.

Dalam implementasinya dilakukan dengan cara terintegrasi dengan kurikulum dan pembelajaran yang dilaksanakan di setiap satuan PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku ini akan senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Dalam rangka meningkatkan mutu buku, masyarakat sebagai pengguna buku diharapkan dapat memberikan masukan kepada alamat penulis dan/atau penerbit dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui pos-el buku@kemdikbud.go.id.

Ruang Lingkup Modul 3

Pada saat berada di tepi pantai, kita sering melihat anak-anak bermain. Mereka mengumpulkan bermacam-macam kulit kerang, membuat istana, membuat terowongan, bermain laying-layang, bermain bola, menggambar di pasir, dan sebagainya. Anak-anak menggunakan benda apa pun menjadi alat main mereka. Sandal jepit pun berubah menjadi perahu. Mereka terlihat asyik dan larut dalam permainannya.

Bapak/Ibu, kita bisa memfasilitasi dan mendukung perkembangan anak dengan menggunakan beragam bahan yang ada di lingkungan sekitar. Beragam kulit kerang, bintang laut, pasir, batu koral, cangkang, biji tanaman bakau yang sering kita jumpai di tepi pantai dapat menjadi alat yang akan membantu kita dalam menstimulasi perkembangan anak. Kita dapat memanfaatkan sumber daya alam di lingkungan sekitar kita sebagai media belajar tentang pendidikan kemaritiman.

Pasti banyak pertanyaan dari Bapak/Ibu tentang media belajar dalam pendidikan kemaritiman. Bagaimana memilih dan menyiapkan media belajar, seperti apa bahan yang dapat kita gunakan sebagai media belajar, bagaimana mendesain media belajar, dan bagaimana menggunakannya dalam proses pembelajaran anak usia dini merupakan materi yang akan kita diskusikan dalam bahan ajar ini.

Secara umum, bahan ajar Metode/Kegiatan, Media, dan Sumber Belajar Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD ini akan mendiskusikan tentang berikut ini.

BAB I Penerapan metode/kegiatan bermain dalam pendidikan kemaritiman
A. Bagaimana Konsep Bermain Bagi Anak Usia Dini dalam Pendidikan Kemaritiman?
B. Penerapan Tiga Jenis Main Dalam Pendidikan Kemaritiman
C. Cara Belajar Anak Usia Dini
D. Pendekatan Saintifik Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Kemaritiman
E. Penerapan Kegiatan Main dalam Pendidikan Kemaritiman

BAB II Pengembangan dan Pemanfaatan Sumber Belajar/Media Dalam Pendidikan Kemaritiman
A. Pengertian Sumber Belajar Dalam Pendidikan Kemaritiman
B. Pengembangan dan Pemanfaatan Media/Sumber Belajar Dalam Pendidikan Kemaritiman

BAB III Contoh penerapan metode / kegiatan serta pemanfaatan media dan sumber belajar kemaritiman di satuan PAUD
A. Contoh Kegiatan Pembelajaran Di Dalam Kelas
B. Contoh kegiatan Outing Class

DOWNLOAD MODUL 3 GOOGLE DRIVE
KLIK UNTUK DOWNLOAD

Modul 3 PGSD Tentang Penerapan Metode/Kegiatan, Media dan Sumber Belajar Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD