Notification

×

Kategori Berita

Cari Artikel

Iklan 1

Iklan 2

Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran

Wednesday, December 1, 2021 | 12/01/2021 WIB
Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran

Kasus 1:
Tonton dan amati video pada tautan berikut ini.

Pertanyaan: 
1. Bagaimana pendapat Bapak Ibu tentang video tersebut?
2. Seperti apa implementasi numerasi pada pembelajran di video tersebut?

Kasus 2: 

Situasi COVID-19 di Indonesia masih terus menunjukkan peningkatan. Di berbagai daerah di Indonesia, kasus baru COVID-19 masih terus bertambah. Pemerintah pun sudah mengambil berbagai langkah untuk mengurangi penyebaran dan penambahan kasus baru. Data tentang kasus COVID-19 pun sudah banyak tersebar dan dapat diakses oleh masyarakat luas, tidak hanya data di negara Indonesia tetapi juga seluruh dunia. Konteks tentang COVID-19 merupakan salah satu konteks yang sangat menarik untuk didiskusikan dengan peserta didik di kelas baik secara daring maupun luring.

Pertanyaan:
  1. Jika Bapak Ibu akan menggunakan konteks COVID-19 untuk pembelajaran di kelas Bapak Ibu untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik, pembelajaran atau aktivitas seperti apa yang akan Bapak Ibu implementasikan?
  2. Apakah permasalahan COVID-19 yang akan Bapak Ibu angkat sebagai konteks dan aktvitas pada pembelajaran tersebut?
  3. Bagaimana tahapan pembelajaran yang akan dilakukan untuk mengembangkan kemampuan numerasi peserta didik pada pembelajaran ini?
  4. Bagaimana Bapak Ibu mengukur peningkatan kemampuan numerasi peserta didik pada pembelajaran tersebut?
Kasus 3

Untuk mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik, beberapa guru mata pelajaran yang berbeda berkolaborasi untuk menyusun pembelajaran berbasis proyek. Guru bersama-sama menentukan project dan langkah pembelajaran yang akan dilakukan oleh peserta didik.

Pertanyaan:
  1. Bagaimana menurut Bapak Ibu mengenai rencana pembelajaran seperti tersebut di atas? Apakah pembelajaran tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik?
  2. Jika Bapak Ibu akan melakukan hal yang sama seperti disebut di atas, pembelajaran seperti apa yang akan Bapak Ibu kembangkan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik? Ayo share dengan guru-guru lainnya ide Bapak Ibu.

Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran

by SULISTIYANI, S.PD - Wednesday, 1 December 2021, 9:46 AM

Kasus 1:
Implementasi numerasi dalam pembelajaran di video tersebut secara kontekstual sehingga belajar lebih bermakna

Kasus 2:
Untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik dalam kasus ini adalah menugaskan siswa untuk mencatat perkembangan penyebaran covid 19 di setiap daerah di Indonesia melalui literasi digital dan data yang terpercaya

Kasus 3:
Guru Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia dapat berkolaborasi untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan literasi peserta didik melalui pembelajaran proyek dengan mengangkat tema yang terintegrasi

Studi Kasus Implementasi Numerasi dan Pembelajaran
by RESKY GUSNIEL - Wednesday, 1 December 2021, 9:42 AM

Kasus 1
  1. Video yang ditampilkan sangat menarik memanfaatkan benda-benda disekitar dalam memecahkan masalah matematika
  2. Implementasi numerasi dalam pembelajaran di video tersebut secara kontekstual dan lebih bermakna sehingga siswa mudah memahami dan menyelesaikan soal matematikanya.
Kasus 2

Untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik dalam kasus ini adalah menugaskan siswa untuk mencatat perkembangan penyebaran covid 19 di setiap daerah di Indonesia lewat media sosial selama beberapa hari secara berkelompok. Kemudian membuat dalam bentuk tabel, diagram batang, grafik, dan lingkaran. Selanjutnya mempresentasikan dan memberi kesimpulan hasil kerja kelompoknya.

Kasus 3
1. Menurut saya, kegiatan tersebut mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik jika dalam proyek tersebut mencakup semua kegiatan berupa membaca, menulis, menghitung, menyimak dan lain-lain yang berkaitan langsung dengan kegiatan siswa sehari-hari.

2. Menurut saya, kegiatan pembelajaran yang akan saya kembangkan adalah kegiatan pembelajaran berbasis eksplorasi, sehingga siswa bisa menemukan sendiri konsep-konsep literasi dan numerasi dari kegiatan tersebut
Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran