Notification

×

Kategori Berita

Cari Artikel

Iklan 1

Iklan 2

Capaian Pembelajaran Seni Tari SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB

Saturday, December 18, 2021 | 12/18/2021 WIB
CP Seni Tari SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB. Capaian Pembelajaran Seni Tari SMA pdf.

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Seni Tari setiap Fase. CP Seni Tari SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB Program Guru Penggerak

1. Fase A (Umumnya untuk kelas I dan II SD)

Pada akhir fase, peserta didik mampu mengemukakan pencapaian diri dalam mengamati bentuk tari sebagai pengetahuan dasar untuk membuat gerak berdasarkan unsur utama tari (gerak, ruang, waktu, dan tenaga), gerak di tempat dan gerak berpindah yang dipertunjukan sesuai norma/ perilaku dengan percaya diri, sehingga dapat menumbuhkan rasa keingintahuan dan antusiasme. Peserta didik mampu mengenal gerak sebagai unsur utama tari.

2. Fase B (Umumnya untuk kelas III dan IV SD)

Pada akhir fase, peserta didik mampu menilai hasil pencapaian diri melalui pengamatan bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta pengidentifikasian dalam menerapkan unsur utama tari, level, perubahan arah, sebagai bentuk ekspresi tari kelompok yang dapat menumbuhkan rasa cinta pada seni tari. Peserta didik mampu mengenal tari sebagai wujud ekspresi diri.

3. Fase C (Umumnya untuk kelas V dan VI SD)

Pada akhir fase, peserta didik mampu menghargai hasil pencapaian karya tari melalui pengamatan berbagai bentuk tari tradisi yang dapat dijadikan inspirasi untuk merespon fenomena di lingkungan sekitar dengan mempertimbangkan pendapat orang lain melalui pengembangan gerak tari dengan menggunakan unsur pendukung tari dan menerapkan desain kelompok pada pertunjukkan. Peserta didik mampu mengenal ragam tari tradisi.

4. Fase D (Umumnya untuk kelas VII, VIII dan IX SMP)

Pada akhir fase, peserta didik mampu mengukur hasil pencapaian karya tari dalam menggali latar belakang tari tradisi berdasarkan jenis, fungsi, dan nilai sebagai inspirasi dalam membuat gerak tari kreasi dengan mempertimbangkan unsur utama dan unsur pendukung tari sebagai wujud ekspresi untuk mengajak orang lain atau penonton bangga terhadap warisan budaya indonesia.

Peserta didik mampu mengembangkan tari kreasi untuk membuat karya tari yang berpijak dari tari tradisi.

5. Fase E (Umumnya untuk kelas X SMA)

Pada akhir fase, peserta didik mampu mengevaluasi hasil penciptaan karya tari dalam menggali tari tradisi berdasarkan makna dan simbol sebagai inspirasi saat membuat gerak tari kreasi secara individu ataupun kelompok sebagai wujud aktualisasi diri. Peserta didik mengekspresikan diri dengan menciptakan karya tari yang berpijak dari tradisi.

6. Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA)

Pada akhir fase, peserta didik mampu mengevaluasi hasil penciptaan karya tari dengan membandingkan berbagai macam pertunjukkan tari tradisi dan kreasi berdasarkan makna, simbol, nilai estetis dari perspektif berbagai aspek seni yang dapat dijadikan inspirasi untuk menciptakan karya tari secara individu ataupun kelompok sebagai bentuk aktualisasi diri dalam mempengaruhi orang lain. Peserta didik mampu mencipta karya seni dengan menggunakan prinsip-prinsip manajemen produksi.



SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB

KLIK UNTUK DOWNLOAD